Kita lebih mengenal bangsa ini dan mengikuti perkembangannya dari masa ke masa. Namun pernahkah kita berfikir bagaimana negara asing menilai negara Indonesia? Cara pandang dunia terhadap negara kita dianggap penting untuk diketahui agar kita sebagai bangsa Indonesia senantiasa siap dan sigap dalam menghadapi rintangan, serta menangkap semua peluang demi kemajuan bangsa.

Dan meski masih menjadi negara yang berkembang, Indonesia cukup terkenal di mata dunia lho. Bahkan Indonesia pun memiliki julukan–julukan dari dunia Internasional. Berikut saya rangkumkan beberapa julukan–julukan Indonesia di mata dunia, diantaranya :

1. Negara Seribu Pulau

Diantara beberapa negara kepulauan yang ada di dunia, Indonesia adalah negara kepualuan terbesar di dunia dari total 193 negara yang berdaulat yang diakui serta menjadi anggota PBB. NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) ini mempunyai luas wilayah sebesar 1.904.569 kilometer persegi serta memiliki jumlah pulau sebanyak 17.508 pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

2. Zambrud Khatulistiwa

Zambrud Khatulistiwa

Zambrud Khatulistiwa via https://www.google.co.id

Kita mungkin sudah sering mendengar julukan ini, namun tahukah anda mengapa Indonesia dijuluki sebagi zambrud Khatulistiwa? Gugusan pulau-pulau Indonesia secara grafis memang terletak di garis Khatulistiwa, namun bukan hanya karena itu Indonesia mendapatkan julukan Zambrud Khatulistiwa.

Advertisement

Julukan tersebut hadir karena jka Indonesia dilihat dari angkasa, maka gugusan kepulauan Indonesia yang sangat hijau dan menyejukkan mata ini terlihat seperti batu zambrud. Hal ini lah yang membuat Indonesia dikenal sebagai Zambrud Khatulistiwa.

3. Negara Maritim

Wilayah di Indonesia memang dipisahkan oleh laut, oleh sebab itu Indonesia mempunyai julukan Negara Maritim dan hal ini bukan menjadi penghalang bagi setiap suku bangsa di Indonesia untuk saling berhubungan dangan suku-suku di pulau lainnya. Laut dijadikan sebagai ladang pencaharian, laut juga dijadikan sebagai tempat menggalang kekuatan.

Mempunyai armada laut yang kuat berarti bisa mempertahankan kedaulatan dari serangan luar. Dengan mengoptimalkan potensi laut lah, bangsa Indonesia bisa maju.

4. The Big Moeslem Population

Agama Islam di Indonesia

Agama Islam di Indonesia via https://www.google.co.id

Advertisement

Agama islam memang agama mayoritas di Indonesia. Oleh sebab itu jangan heran jika penduduk yang beragam islam di Indonesia mencapai lebih dari 85% dari total penduduk. Dan julukan The Big Moeslem Population diberikan oleh umat muslim di dunia, karena kekaguman mereka pada jumlah pemeluk agama islam di Indonesia.

5. Nusantara

Nusantara Indonesia

Nusantara Indonesia via https://www.google.co.id

Kata Nusantara berasal dari Bahasa Sansekerta yang merupakan gabungan dari kata "nusa" dan "antara". Nusa artinya ‘pulau’, sedangkan antara berarti ‘luar’. Kalau digabungkan artinya ‘pulau luar’. Kok gitu? Iya, konon katanya Nusantara digunakan untuk menyebut pulau-pulau di luar Majapahit.

Nusantara pertama kali disebut oleh Patih Gajah Mada dalamSumpah Palapa pada hari pengangkatannya menjadi Patih Amangkubhumi Kerajaan Majapahit pada tahun1258 Saka atau 1336 Masehi. Sampai hari ini Nusantara tetap dipakai untuk menyebutkan wilayah tanah air dari Sabang sampai Merauke.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya