Membuat logo terutama konsepnya memang susah tapi tidak perlu sampai berguru ke barat kaya nyari kitab suci. Begini jurus-jurus yang disadur dari blog Fastwork Indonesia. Silahkan dipraktekkan!

1. Bertapa Mencari Nilai

Bertapa di gunung

Bertapa di gunung via https://www.pexels.com

Yang pertama perlu dilakukan adalah mengetahui nilai-nilai penting dari entitas yang akan dibuat logonya. Ini penting karena logo merupakan tanda pengenal ke depannya jadi harus selaras dong.

Advertisement

Coba cari tempat yang sunyi (misal: gunung) dan baca lagi visi dan misi jika ada. Jika belum ada, boleh tuh kamu buat visi dan misi terlebih dahulu.

Setelah yakin, catat di kertas supaya tidak lupa dan tentukan kesan yang nyambung dengan nilai-nilai tersebut dan mau disampaikan melalui logo.

2. Ketahui Kelemahan "Lawan"

Hajar di titik lemah

Hajar di titik lemah via https://www.pexels.com

"Lawan" di sini adalah target audiens atau sasaran bagi logo. Kita harus memiliki gambaran yang jelas siapa mereka. Apakah anak-anak? Atau remaja ibu rumah tangga? Apakah pekerja kantoran? Kita perlu mengeluarkan konsep yang berbeda untuk lawan yang berbeda.

Advertisement

Misal anak-anak biasa lebih tertarik kepada sesuatu yang berwarna-warni atau ibu rumah tangga lebih lemah apabila dihadapkan pada sesuatu yang terkesan mewah.

Kuasai kelemahan lawan dan akan mudah untuk menargetkannya.

3. Kuncinya Ada di Pelangi

Pelangi pernuh warna

Pelangi pernuh warna via https://www.pexels.com

Pelangi memiliki spektrum warna dan pemilihan warna dalam pembuatan logo sangat penting karena ada makna tersirat di setiap warna.

Mau sesuatu yang terkesan mewah dan mahal? Hitam, putih, ungu, merah bisa menjadi pilihan. Mau sesuatu yang lebih friendly? Oranye atau kuning lebih sesuai untuk itu.

Jangan salah pilih karena arti warna perlu sesuai dengan konsep yang mau disampaikan.

4. Cari Inspirasi dari Dunia Persilatan

Ada banyak ilmu di luar sana

Ada banyak ilmu di luar sana via https://www.pexels.com

Ilmu kita masih terbatas oleh karena itu saatnya cari ilmu di luar sana. Tenang, nggak perlu sampe ke mana gitu kok untuk cari ilmunya, cukup Google aja dari rumah.

Coba liat deh konsep-konsep logo lain yang kamu suka dan masukin elemennya ke logo yang sedang kamu kembangkan. Tapi jangan mirip-mirip amat nanti dituntut karena melanggar hak cipta.

5. Jurus Corat Coret

Corat coret corat coret

Corat coret corat coret via https://www.pexels.com

Nah sekarang kamu sudah siap untuk masuk ke jurus dengan gerakan.

Ambil senjata yaitu kertas dan pensil lalu keluarkan semua inspirasi yang ada ke coretan di atas kertas. Gapapa berantakan yang penting kepikiran apa dituangkan aja dulu.

Jangan lupa, logo yang ikonik biasanya yang simpel karena mudah diingat. Jadi jangan yang terlalu rumit.

Setelah jurus corat-coret ini, kamu harusnya sudah memiliki gambaran konsep logo sakti yang kamu inginkan. Udah cukup ilmu deh buat lanjut ke tahap pembuatan selanjutnya. Good luck!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya