I’ve been reading books of old
The legends and the myths
Achilles and his gold
Hercules and his gifts
Spiderman’s control
And Batman with his fists
And clearly I don’t see myself upon that list

Familiar nggak sama lirik lagunya? Yup, bener banget! Potongan lirik lagu fenomenal tersebut adalah milik band Coldplay. Nggak hanya produktif di dunia musik aja, ternyata sejak pertama kali mengadakan tur dunia, band ini juga mulai merintis untuk menelurkan karya di layar lebar. Salah satunya lewat film. 

Nah dilansir dari Moneysmart, film tentang band Coldplay yang berjudul “Head of Full of Dreams” udah tayang sejak kemarin. Film ini menceritakan perjalanan band asal Inggris yang digawangi oleh Chris Martin. Sebagai salah satu band terbaik di dunia, Coldplay ternyata dinobatkan sebagai salah satu  selebriti terkaya di dunia urutan ke tujuh versi Forbes. Total aset milik band ini mencapai US$ 115,5 juta atau setara dengan Rp1,6 triliun.

Band yang dibentuk di tahun 1996 ini ternyata udah mengekor U2 di Forbes! Sebentar lagi jika mereka makin kaya bisa jadi U2 kesalip nih. Gara-gara single-nya yang berjudul “Yellow”, band alternative rock yang digawangi Chris Martin, Jonny Buckland, Guy Berryman, dan Will Champion itu mulai merasakan kesuksesan. Hingga saat ini pun, walaupun band ini adalah band tahun 90-an tapi tetap dicintai millenial.

Penasaran sama bagaimana band Coldplay bisa sukses sepanjang masa? Yuk simak ulasannya di bawah ini~

1. Low profile aja, nggak usah neko-neko

Band Coldplay memang punya gaya yang low profile dalam hal apapun. Mulai dari outfit-nya, musiknya, dan imagenya di depan publik. Chris Martin yang jadi pentolan band ini memang mengakui kalau dia sengaja membuat bandnya terkesan low profile. Publikasi di media memang penting, tapi mereka justru melakukan hal itu seminimal mungkin.

Advertisement

Nggak perlu cari-cari sensasi biar jadi perbincangan atau trending topic di internet. Coldplay itu bukan band alay, dia ngetop karena memang karyanya dicintai banyak orang.

2. Tulis semua idemu

Chris Martin punya kebiasaan menulis ide-ide yang muncul dalam benaknya ke dalam sebuah lirik dan itu terjadi di mana aja. Di tangan, serbet, papan tulis, dan manapun. Pokoknya, hal itu memang harus dilakukan agar dia nggak lupa.

Hal ini memang patut dilakukan pasalnya, ide itu nggak gampang untuk dicari. Terkadang, ide cemerlang bisa saja muncul di saat yang nggak terduga.

3. Hubungan kerja sehat antar member

Advertisement

Selama bertahun-tahun, Coldplay memang selalu sukses. Ternyata resepnya adalah mereka punya hubungan kerja yang sehat antar member. Bukan berarti buat banyak duit mereka harus manggung melulu sampai duit banyak. Terkadang ada saat di mana mereka beristirahat di kala gak banyak jadwal tur.

Para personel Coldplay juga punya keluarga lho. Mereka punya kewajiban masing-masing sebagai tulang punggung keluarga. Kerennya, band Coldplay ternyata selalu memastikan bahwa member-membernya memiliki waktu yang cukup buat keperluan pribadinya. So, ketika balik ke studio mereka semua happy karena bisa kerja dengan mood yang bagus.

Hubungan antara member di band itu juga sifatnya naik turun. Samalah kayak komunikasi buat orang pacaran, biar nggak saling berantem!

4. Selalu memikirkan masa depan

Komunikasi antara member itu memang penting, para personel band Coldplay selalu membicarakan tentang bagaimana band ini bergerak ke depan. Selain itu mereka juga selalu ngebahas apa yang mereka ingin capai di tahun depan dan sebagainya.

Bahkan, mereka juga ngebahas lho gimana caranya agar para personel bisa tetap saling menghargai satu sama lain. Nggak sedikit band keren yang bubar karena urusan bagi-bagi duit atau urusan idealisme. Tapi ketika semua member memikirkan masa depan band, maka perselisihan tentunya bisa diminimalisir.

5. Biarkan dirimu bersinar

Chris Martin

Chris Martin via https://www.instagram.com

Wejangan ini diutarakan oleh Chris Martin sang pentolan Coldplay. Coldplay laris karena bisa menyesuaikan musiknya dengan musik era kekinian. Sebut saja dengan berkolaborasi dengan DJ ternama.

Tapi jangan salah, karakter musik Coldplay itu sendiri yang khas nggak pernah hilang. Karakter vocal Chris Martin emang santa pas dengan warna musik band Coldplay. Bagi Martin, menjadi diri sendiri adalah satu-satunya cara untuk bisa sukses di masa yang akan datang. Apapun itu, pokoknya jadi diri sendiri saja pasti kamu sukses kok. Nggak perlu niru-niru orang lain.

Seperti itulah kiat sukses ala band Coldplay yang bisa kamu ikuti. Tentu saja, kiat ini nggak cuma aplikatif buat kamu yang ngeband ya, ini juga bisa diaplikasikan ke tim kerjamu kok atau ya ke dirimu pribadi.

Tertarik mencoba? Ikuti saja, barangkali kamu bisa sukses seperti mereka di masa depan. Memulai dengan hal-hal yang positif kamu juga bisa merintis kesuksesan buat masa depan kelak nanti. Mulai dari hal yang kecil, siapa tahu bakal sangat beharga banget.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya