Sering Overthinking? 5 Kalimat Ini Bisa Jadi Penenang Buat Kamu

Tidak perlu Khawatir, tenanglah dirimu akan baik-baik saja!

Berpikir merupakan salah satu ciri dari manusia. Itu adalah salah satu kelebihannya karena sudah dikaruniai akal. Tetapi, jika terlalu banyak berpikir dan membuat diri tidak nyaman, jangan-jangan kita berada di situasi dimana kita overthinking. Overthinking itu sendiri merupakan suatu proses penyelesaian masalah atau proses berpikir yang terlalu berlebihan, sehingga memberikan kerugian dan manfaat tergantung dari intensitas yang dilakukan. Ya! Tidak semua overthinking itu menimbulkan hal yang negatif tergantung dengan intensitas dan hal apa yang sedang dipikirkan. Tapi jika dengan overthinking itu malah membuat kita tidak aman, dilanda stress, muncul perasaan curiga, khawatir, dan cemas berlebihan itu perlu diwaspadai. Sesekali diri kita perlu ditenangkan dengan kalimat-kalimat positif agar kita bisa kembali lagi konsentrasi dan menjalani hari-hari dengan nyaman. Yuk! Simak 5 Kalimat Penenang untuk kamu yang sedang dilanda overthinking.

1. Kamu Tidak Gagal, Kamu Hanya Perlu Mencobanya Lagi, Tenanglah. Masih banyak Kesempatan Yang Menanti

Photo by Gerd Altmann from Pexels

Photo by Gerd Altmann from Pexels via https://www.pexels.com

Seringkali kegagalan membuat kita berpikir banyak hal dan berpikir negatif terhadap diri sendiri. Seringkali kita menghakimi diri dan mengutuk diri sendiri ketika mengalami kegagalan dan menganggap diri kita telah mengecewakan banyak orang terutama diri sendiri. Alih-alih memberikan kalimat penghakiman atau negatif kepada diri sendiri, lebih baik kita berikan kalimat positif kepada diri kita agar lebih semangat untuk mencoba dan bisa menerima kegagalan dengan lapang dada. 

2. Semua Akan Berjalan Baik- Baik Saja

Photo by Matheus Bertelli from Pexels

Photo by Matheus Bertelli from Pexels via https://www.pexels.com

“Semua akan berjalan baik-baik saja ” Mungkin itu terdengan klise, tapi kalimat itu terbukti menenangkan ketika kita dilanda overthinking dan terlalu cemas memikirkan masa depan. Tenangkan diri sejenak, fokus pada apa yang sedang dirasakan saat ini, ambilah napas panjang, dan ucapkanlah kalimat ini sembari menutup mata. Itu akan membuat dirimu lebih baik dibanding terus memikirkan masa depan yang belum pasti. 

3. Terimakasih Wahai Diri Sudah Menemani Berjuang Sampai Saat Ini

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Berterimakasihlah kepada diri sendiri atas apa yang sudah dilewati bersama-sama dan berjuang sekuat tenaga untuk tetap bertahan disituasi sulit yang telah terlewati. Ingat kembali momen-momen bahagia bersama diri sendiri dan ingatlah kembali hal-hal sulit yang sudah terbukti kamu lewati bersama dirimu sendiri. Yakinlah pada diri sendiri bahwa kamu bisa melewati semua rintangan yang ada, karna kamu sudah terbukti pernah menaklukannya. Berilah waktu sejenak pada dirimu untuk sekedar mengucapkan terimakasih dan rasakan betapa dirimu sangat berharga. 

4. Aku Bersyukur dengan apa yang aku miliki dan aku akan merawatnya dengan baik

Photo by VisionPic .net from Pexels

Photo by VisionPic .net from Pexels via https://www.pexels.com

Menengok kembali isi dari kehidupan kita, apa yang kita miliki saat ini, apa yang sedang kita lakukan, seperti apa diri kita, sepertinya itu perlu untuk dilakukan agar kita bisa menyadari ada banyak hal yang bisa kita syukuri. Terkadang apa yang membuat diri kita banyak berpikir untuk mendapatkan banyak hal, menggapai ini dan itu, hingga  kita pusing dibuatnya bukan karna kita tidak punya. Tapi kita belum menyadari apa yang sebenarnya yang kita punya dan apa yang kita butuhkan. Sadarilah apa yang sedang kamu punya saat ini dan cobalah untuk merawatnya. Tubuh kita, tempat tinggal kita, segala apa yang kita punya saat ini, itu adalah karunia terbaik yang diberikan Tuhan kepada kita dan kita diberikan kepercayaan untuk merawatnya. Percayalah itu sejatinya yang kita butuhkan. Tidak salah kita menginginkan sesuatu yang lebih baik, tapi pastikan kita mampu untuk mendapatkannya dan kita benar-benar membutuhkannya. 

5. Aku Berharga dan Aku Pantas Dicintai sama seperti semua orang di dunia ini

Photo by Quang Anh Ha Nguyen from Pexels

Photo by Quang Anh Ha Nguyen from Pexels via https://www.pexels.com

Ada banyak orang yang berpikir bahwa hidupnya tidak berharga, tidak layak untuk ditemani, maupun dicintai. Kemudian bertingkah dengan mencoba menuruti setiap keinginan semua orang agar bisa diterima dan meminta balasan cinta. Bukankah itu membuatmu lelah dan membuatmu terus menerus berpikir bagaimana caranya agar orang lain mencintaimu dan menerimamu?

Berhentilah melakukan itu dan mulailah cintai diri sendiri. Kamu berharga, kamu layak untuk dicintai, tapi bukan berarti semua orang harus mencintai dan menerimamu. Cukup lakukan yang terbaik yang kamu bisa, tidak perlu untuk membandingkan dirimu dengan orang lain. Lihatlah dirimu lebih lekat lagi, kenali dirimu lebih dekat lagi, dan carilah potensi yang bisa kamu gali. Percayalah, dengan begitu tanpa kamu mengemis cinta dari orang lain, cinta dan kasih akan mendatangimu dengan terbuka. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang pembelajar ulung yang sedang berpetualang mencari makna kehidupan.