5 Kanal Youtube yang Cocok Untuk Menambah Skill dan Referensi Gaya Hidup

rekomendasi kanal youtube belajar dan gaya hidup

Masa pandemi yang garis akhirnya masih belum terlihat membuat kita harus berkegiatan di rumah. Rasa stres dan bosan bukan hal yang aneh lagi karena kita melakukan rutinitas di ruang lingkup terbatas. Nah, untuk mengisi waktu luang, di sini ada beberapa rekomendasi Youtube channel yang bisa ditonton saat berkegiatan dari rumah. Buat yang ingin nambah skill dasar dan belajar gaya hidup baru, cocok banget nih.

Advertisement

1. Trash is for Tossers

Youtube - Trash is For Tossers

Youtube – Trash is For Tossers via https://www.youtube.com

Zaman sekarang, isu soal sampah, lingkungan, dan sustainability makin sering dibicarakan. Banyak orang mulai sadar kalau isu lingkungan dan segala masalahnya itu penting. Nah, tapi banyak isu soal lingkungan yang skalanya besar. Soal deforestasi, alih fungsi lahan, sampai ke pengelolaan sampah dan limbah. Kadang saking besar dan beratnya masalah, banyak yang merasa overwhelmed atau kewalahan. Padahal, sebagai individu kita bisa lo ikut berkontribusi mengurangi kontribusi sampah ke lingkungan. 

Salah satu channel Youtube yang sering membahas cara mengurangi sampah skala pribadi itu adalah Trash is for Tossers. Channel milik Lauren Singer, anak muda yang memiliki gaya hidup rendah sampah ini ngasih banyak tips and trick agar kita bisa mengurangi sampah di rumah. Mulai dari cara buat personal care sendiri sampai cara belanja bebas sampah, semua ada. Dan, ada juga video QnA buat beberapa hal yang jadi pertanyaan banyak orang.

Advertisement

Tenang, walaupun ada beberapa cara yang terkesan rumit, kita nggak perlu langsung mengikuti gaya hidup dia. Perlahan tapi pasti. Karena gaya hidup zero waste / low waste ini memang nggak bisa terwujud semalam. Salah di sana-sini itu biasa dan semua prosesnya bisa kita sesuaikan sama kondisi pribadi.

Untuk yang penasaran dengan TedTalks dari Lauren Singer, bisa klik di sini.

2. Aidin Robbins

Advertisement
Youtube - Aidin Robbins

Youtube – Aidin Robbins via https://www.youtube.com

Channel Youtube ini isinya soal tutorial penyuntingan video. Buat yang suka dan mau belajar editing video pakai aplikasi seperi Adobe Premier, cara dari Aidin Robbins ini bisa diikuti. Selain soal penyuntingan video, ada juga tips soal fotografi dan pembuatan film. Cara edit foto untuk Instagram pun ada di sini.

Beberapa video mungkin ada yang menggunakan gear atau peralatan yang sudah pro. Dengan gawai dan perangkat yang lebih canggih tentu hasilnya beda dengan yang pemula. Cuma, nggak perlu khawatir kalau kita nggak punya alat yang digunakan. Lensa yang canggih, drone, alat audio, atau lampu untuk pencahayaan bukan hal yang harus langsung dimiliki. 

Hal yang harus dikuasai pertama sepertinya adalah pemahaman dasar soal semua aspek. Pengambilan gambar, rumus fotografi, dan lain-lain. Alat-alatnya? Ya dikumpulin perlahan aja. Sambil belajar sambil mengumpulkan gear baru. 

3. PowerPoint School

Youtube - PowerPoint School

Youtube – PowerPoint School via https://www.youtube.com

Siapa yang kalau bikin presentasi pakai PowerPoint desainnya selalu itu-itu aja? Nah biar nggak monoton, sekarang kita bisa belajar buat mempercantik desain PowerPoint kita dengan tutorial dari channel PowerPoint School ini. 

PowerPoint School ini isinya adalah tutorial buat bikin animasi, desain, hingga grafik dan gambar di PowerPoint. Jadi, buat yang belum bisa desain pakai Adobe Photoshop atau software desain lain, bisa dicoba pakai cara-cara dari akun ini.

Langkah-langkah di tiap videonya juga nggak rumit dan dijelaskan dengan sangat mudah. Buat yang mau belajar soal desain sekaligus mempercantik persentasinya nanti, silakan dicek dan dipraktikkan tutorialnya!

4. The Minimalists

Youtube - The Minimalists

Youtube – The Minimalists via https://www.youtube.com

Kalau The Minimalists namanya memang sudah banyak dikenal. Dua film dokumenter mereka di Netflix, sesi mereka di TedTalks, sampai Youtube channel mereka pun banyak dibicarakan. The Minimalists ini cocok buat yang mau menerapkan gaya hidup minimalis alias hidup dengan barang yang kita butuhkan dan menambah nilai di hidup kita.

Pendekatan The Minimalists ini bisa dibilang paling santai dan ada di tengah-tengah. Mereka bukan minimalis yang hidup cuma dengan satu handuk dan beberapa helai baju. Bukan juga orang yang denial dengan mengoleksi barang dengan berbagai alasan yang dibuat-buat. Mereka menyimpan barang karena dua alasan: mereka butuh dan barangnya memberikan nilai dalam hidup kita. Bukan alasan seperti, “nanti siapa tahu butuh,” atau “just in case, kalau ntar kenapa-kenapa.”

Dibanding minimalis yang lain, The Minimalists ini pendekatannya lebih mudah diterima. Walaupun bukan berarti orang yang menjalankan versi ekstrem itu salah, ya. Hanya, hidup ekstrem itu belum tentu cocok dengan semua orang dan latar belakang.

Sama seperti proses mengubah gaya hidup, kita nggak bisa jadi minimalis dalam waktu semalam. Semua butuh proses dan pasti ada naik-turun emosi dan kesulitan. Nah, karena itu, dengan menonton video-video mereka, kita bisa punya panduan agar nggak salah dan kelewat batas di perjalanan menuju hidup minimalis nanti.

TedTalks dari The Minimalists bisa diklik di sini: 1 2

5. Greatmind

Youtube - Greatmind

Youtube – Greatmind via https://www.youtube.com

Ini adalah salah satu channel Youtube Indonesia yang kontennya sangat informatif. Greatmind berisikan pendapat dan informasi dari orang-orang dengan latar belakang berbeda mengenai hidup. Diskusi tentang berbagai isu dengan orang yang ahli hingg pembahasan mengenai sisi psikologi pun ada di sini.

Salah satu segmen yang menarik perhatian adalah: On Marissa's Mind. Isinya adalah paparan singkat dan jelas dari Marissa Anita mengenai beberapa hal yang umumnya berkaitan dengan psikis manusia. Soal anak dalam diri (inner child), masalah tidur, minimalisme, rasa syukur, dan isu lainnya dibahas dalam waktu singkat.

Pembahasan mengenai isu ini melibatkan banyak sekali referensi. Mulai dari buku, jurnal, dan kutipan dari tokoh-tokoh ternama. Semua berdasar dan dijelaskan dengan bahasa yang mudah dimengerti. Jadi, kalau belum sempat membaca buku atau mencari referensi karena keterbatasan waktu, video-video On Marissa's Mind sepertinya cocok jadi pembuka karena dari situ kita bisa langsung mencari referensi yang disebutkan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

I talk (to myself) a lot

CLOSE