5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Jerawat Muncul Lagi dan Lagi. Muka Jadi Nggak Mulus Begini

Kebiasaan pemicu jerawat datang

Tak peduli laki-laki maupun perempuan, tampaknya semua orang tidak suka jika ada jerawat yang nangkring di wajah. Yang paling mengesalkan lagi, jika jerawatnya banyak dan selalu muncul secara terus-menerus. Saat itu terjadi, mungkin kamu yang mengalaminya akan merasa stres. Padahal, tanpa kamu sadari, pikiran yang stres juga bisa menyebabkan jerawat datang lagi dan lagi, lho. Lantas kamu jadi bertanya-tanya, apa ya kebiasaan pemicu jerawat datang selama ini?

Nah, kalau kamu penasaran tentang kebiasaan apa saja yang ternyata bisa memicu timbulnya jerawat, simak terus artikel ini sampai selesai!

1. Terlalu sering mencuci wajah

Advertisement

Selama ini, wajah yang kotor sering dianggap sebagai penyebab utama munculnya jerawat di wajah. Oleh sebab itu, solusi untuk menangkal timbulnya jerawat adalah dengan rajin cuci muka.

Ya, mencuci wajah memang bagus untuk menghilangkan debu-debu di wajah penyebab tersumbatnya pori-pori.

Namun, tahukah kamu, ternyata mencuci wajah terlalu sering malah menyebabkan timbulnya jerawat, lho. Sebab, minyak alami kulit justru akan hilang dan mendorong kulit memproduksi minyak lebih banyak lagi.

Advertisement

Jika sudah demikian, efeknya bisa diduga, yaitu jerawat akan berbondong-bondong muncul di wajah. Nah, untuk menghindari agar hal tersebut tak terjadi, sebaiknya kamu mencuci wajah dua kali saja dalam sehari.

Pilih sabun wajah dengan formulasi yang ringan. Setelah mencuci wajah, hindari menyekanya dengan kain karena hal ini beresiko membuat kulit wajah iritasi.

2. Menggunakan make up berlebihan

Advertisement
Memakai Lipstik

Memakai Lipstik via https://www.pexels.com

Bagi beberapa wanita, make up merupakan kebutuhan wajib. Ada yang kurang rasanya jika menjalani hari tanpa make up yang menempel di wajah.

Padahal, kebiasaan menggunakan make up secara berlebihan justru membuat jerawat betah nangkring di wajah. Nah, kalau kamu termasuk orang yang tak bisa hidup tanpa make up, perhatikan tips berikut.

Gunakanlah obat jerawat sebelum mengaplikasikan make up, dan jangan lupa bersihkan dengan benar sebelum tidur. Kemudian untuk make up-nya, pilihlah yang berlabel bebas minyak dan tidak menyebabkan komedo.

3. Memencet jerawat

Pencet Jerawat

Pencet Jerawat via https://www.shakura.com.sg

Apa yang kamu rasakan saat ada jerawat muncul di hidung, pipi, dahi, atau area-area lain di wajah. Tentunya kamu sangat kesal karena benjolan jerawat itu sangat menganggu penampilanmu, kan?

Ada banyak cara yang dilakukan untuk menghilangkan benjolan jerawat. Salah satu yang sering dilakukan orang-orang adalah memencet jerawat yang tengah meradang.

Jika kamu juga hobi memencet jerawat, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut karena bisa mengundang teman-teman si jerawat untuk ikut muncul di wajah.

Penjelasan ilmiahnya, saat jerawat dipencet dan ditekan, sumbatan pori-pori justru bisa masuk lebih dalam. Selain itu, tangan kotor yang kamu gunakan untuk menyentuh si jerawat akan membuatnya muncul lagi dan lagi.

4. Terlalu sering menelepon dengan ponsel yang kotor

Melakukan Telepon

Melakukan Telepon via https://pixabay.com

Saat ini, telepon genggam memang sudah menjadi barang yang terpisahkan dari kehidupan manusia. Mulai dari browsing, chatting, hingga menelepon bisa dilakukan dengan mudah dan murah.

Namun, ternyata ponsel bisa menjadi sarana timbulnya jerawat di wajah, lho, apalagi kalau kamu sering menggunakannya untuk bertelepon ria.

Ponsel yang ditempelkan ke pipi akan ikut terkena keringat dan minyak dari wajah. Nah, jika tak kunjung dibersihkan sebelum digunakan lagi, maka kotoran dan bakteri yang menempel di ponsel akan kembali ke wajahmu.

Oleh sebab itu, jangan malas untuk membersihkan layar ponsel setelah selesai menggunakannya. Tentunya kamu tak mau, kan, gara-gara ponsel jerawatmu jadi makin parah?

5. Produk rambut yang menetes di wajah

Hair Dryer

Hair Dryer via https://pixabay.com

Untuk menjaga agar rambut tetap rapi, beberapa orang seringkali mengakalinya dengan cara menggunakan produk rambut seperti gel atau minyak rambut.

Padahal, produk-produk semacam itu mengandung minyak yang tentunya jika menetes ke wajah bisa mengundang hadirnya jerawat-jerawat nakal.

Nah, jika kamu tetap nekat ingin menggunakan minyak rambut pun sebenarnya tak masalah. Hanya saja, kamu harus rajin-rajin keramas. Selain itu, hindarilah produk rambut yang mengandung banyak minyak.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Hobi menulis.

CLOSE