5 Kegiatan Positif untuk Mengisi Liburan Ala Aku #CeritaLiburku

Sobat Hipwee setuju tidak sih kalau kata liburan selalu identik dengan kegiatan seru-seruan? Yaps, kata liburan acapkali disematkan dengan kegiatan travelling, menjelajah tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi atau tempat-tempat hits yang banyak dibagikan di sosial media.

Namun, sebenarnya liburan bisa diisi dengan hal-hal positif dan bermanfaat lho. Kali ini aku mengisi kegiatan liburku yang mungkin berbeda dengan orang lain. Aku memilih kegiatan yang dapat menambah pengetahuan dan value-ku selain bidang yang aku kuasai, alih-alih bepergian ke luar kota. Kegiatan yang aku lakukan ini bisa banget kamu adaptasikan ke liburan kamu. Dijamin, tidak membosankan dan tetap bisa seru-seruan!

Inilah 5 rekomendasi kegiatan positif ala aku untuk mengisi liburan kamu. Yuk, keep scrolling!

Advertisement

1. Workshop

Foto oleh Anna Shvets

Foto oleh Anna Shvets via https://www.pexels.com

Mengikuti workshop adalah kegiatan yang tidak aku lewatkan begitu saja. Biasanya nih, di masa-masa liburan seperti saat ini ada banyak sekali jenis workshop diselenggarakan. Sobat Hipwee bisa memulai dari workshop flower arrangement, embroidery, pottery, punch needle dan sebagainya.

Acara-acara workshop seperti ini sangat menyenangkan karena selain menambah pengetahuan dan diajarkan langsung oleh ahlinya, acara ini dapat mempertemukan SoHip dengan orang-orang baru dengan pengalaman-pengalaman berbeda.

Advertisement

So, ilmunya dapat cirle Sobat Hipwee pun kian bertambah luas.

2. Webinar

Foto oleh Vlada Karpovich

Foto oleh Vlada Karpovich via https://www.pexels.com

Mengikuti webinar atau web seminar tidak ada salahnya dong. Di masa pandemi seperti saat ini, membuat orang-orang memutar Haluan melakukan seminar. Tadinya tatap muka, sekarang bisa live on-cam depan kamera.

Advertisement

Di sosial media sendiri sering kali bermunculan informasi-informasi tentang web seminar. Mulai dari soal financial, kesehatan, pendidikan, atau bahkan isu-isu tentang mental health, semuanya lengkap. SoHip hanya perlu memfilter webinar jenis apa yang ingin diikuti dan disesuaikan dengan ketersediaan jadwal SoHip sendiri.

Sadar atau tidak disadari, webinar seperti ini bisa jadi bekal yang baik untuk masa depan lho, SoHip.

3. Charity

Foto oleh RODNAE Productions

Foto oleh RODNAE Productions via https://www.pexels.com

Manfaatkan liburan SoHip dengan mengikuti kegiatan amal atau charity. Kegiatan ini cukup seru dan terpenting kita dapat melihat sisi lain dari kata ‘bahagia’.

Terkadang kita sibuk mencari kebahagiaan dengan cara mengekspose segala kegiatan kita di sosial media atau masih mengharapkan bahagia datang bersamaan dengan orang lain. Padahal, membantu orang lain dan melihat mereka tersenyum adalah salah satu hal yang bisa membuat kita bahagia lho, SoHip.

Berbagi tidak akan membuat kita kekurangan, sebaliknya berbagi dapat membuat kita mengerti apa arti kebahagiaan.

4. Exhibition

Foto oleh Bara Cross

Foto oleh Bara Cross via https://www.pexels.com

Mengunjungi exhibition atau pameran layak banget untuk Sobat Hipwee coba. Salah satunya art exhibition atau pameran seni. Ada banyak sekali jenis pameran seni yang dapat SoHip kunjungi. Aku tergolong orang yang senang mengunjugi pameran seni kontemporer.

Biasanya pameran seni ada beragam pilihan, mulai dari berbayar hingga gratis. Dan pameran seni cuma-cuma adalah pilihanku. Tenang, meski tidak berbayar pameran seni yang ditawarkan tetap menawan dan berkelas. Bagi aku yang tidak punya basic pengetahuan seni sama sekali, ini adalah kesempatan bagiku untuk belajar dan memahami karya seni.

Bagi kamu yang belum pernah mengunjungi pameran atau galeri seni, patut dicoba sekali seumur hidup sih. Dijamin, sekali kamu datang pasti besok-besoknya ketagihan. Karena melihat maha karya yang menakjubkan tidak akan pernah membosankan.

5. Walking tour

Foto oleh Andrea Piacquadio

Foto oleh Andrea Piacquadio via https://www.pexels.com

Selain keempat kegiatan sebelumnya, aku juga sering mengisi waktu liburku dengan bergabung komunitas walking tour. Apa sih walking tour? Apakah sejenis jalan-jalan?

Yaps, kurang lebih sama seperti jalan-jalan. Tapi jalan-jalannya mempunyai tujuan yang jelas yakni belajar dan memahami kembali sejarah. Mulai dari sejarah terbentuknya suatu kerajaan maupun sejarah arsitektur bangunan. Tidak hanya itu saja, walking tour ini biasanya akan membawa kita melihat peninggalan-peninggalan sejarah yang masih ada dan menilik cerita di baliknya. Keren nggak tuh?!

Biasanya kegiatan walking tour ini dilaksanakan setiap akhir minggu. Daripada menggalau di rumah karena chat tidak jua dibalas si dia, mending gabung komunitas yang tentunya bisa menambah pengetahuan dan meluaskan circle-mu. Ya nggak, SoHip?

Itu dia lima kegiatan berfaedah yang aku lakukan untuk mengisi waktu liburku. Bagaimana dengan Sobat Hipwee?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

selalu ingin belajar menulis

CLOSE