Dalam dunia kerja kita membutuhkan banyak kemampuan untuk menunjang karir kita salah satunya yaitu kemampuan interpersonal. Kemampuan interpersonal berhubungan dengan komunikasi dengan dua orang atau lebih, baik secara verbal maupun non verbal untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Kemampuan ini menekankan pada hubungan seseorang dengan orang lain maupun grup atau suatu kelompok. Nah apa saja sih kemampuan interpersonal yang harus kamu miliki untuk meningkatkan karis pekerjaanmu? Yuk simak!

1. Work Well With Other

Work Well with Others

Work Well with Others via http://www.shakers.ch

Sebagai makhluk sosial pastinya kita membutuhkan orang lain dalam membantu pekerjaan kita. Dengan bekerja sama dengan baik dengan orang lain kita dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dibandingkan melakukannya seorang diri.

Advertisement

Dengan bekerja sama dengan orang lain pun kita akan mendapatkan ide-ide keren dan menyatukanya menjadi suatu gagasan yang luar biasa. Sebelum bekerja sama dengan orang lain, kalian juga harus mengenal orang yang bekerja sama dengan kalian terlebih dahulu, hal ini akan membuat kalian dapat memahami karakter orang tersebut dan tidak salah dalam bertindak.

Selain itu, jangan sesekali bergantung pada rekan kerja kalian karena hal tersebut dapat hubungan yang sudah terjalin.

2. Motivate Others

Motivate Others

Motivate Others via http://www.google.com

Memotivasi orang lain merupakan hal positif yang bisa kalian lakukan kepada orang lain. Memotivasi sama halnya dengan memberikan nasihat. Ketika teman kita berbuat salah maka sebagai teman yang baik kita mengingatkannya ataupun jika teman kita sedang tidak bersemangat dalam melakukan pekerjaan maka kita dapat memberikannya motivasi untuk bangkit dan tidak bermalas-malasan.

Advertisement

Memotivasi orang lain bisa meningkatkan semangat dan membuat orang tersebut tidak terpuruk dalam suatu keadaan. Begitupun halnya dalam kerja sama team, ketika team kalian dalam keadaan tidak bersemangat maka kalian lah yang harus dapat memotivasi tim kalian agar dapat bangkit kembali.

Salah satu cara memotivasi orang lain yaitu dengan memuji orang lain. Dengan memuji orang lain kita dapat belajar menghargai atas apa yang telah mereka lakukan dan berikan. Dengan begitu mereka merasa dirinya penting dan dibutuhkan. Eits tapi ingat memberikan pujiannya harus dengan tulus ya!

3. Supportive

Be Supportive

Be Supportive via http://www.youtube.com

Dunia kerja memang keras kadang sikut menyikut dan saling menjatuhkan dapat terjadi. Namun disinilah sifat sportif harus kita tanamkan sebagai kelebihan yang harus kita miliki. Tidak hanya di dunia olahraga, sifat inipun harus kita miliki di dunia pekerjaan. Dengan menanamkan sifat sportif dalam bekerja akan mendatangkan beberapa manfaat bagi diri kita.

Manfaat tersebut diantaranya kita dapat mengembangkan potensi dan karir yang kita miliki. Selain itu dengan bersikap sportif kita akan mempunyai nilai tambah di mata atasan maupun rekan kerja. Salah satu contoh sifat sportif untuk menghadapi persaingan dunia kerja yang harus kita miliki yaitu tahan banting.

Seseorang yang memiliki mental tahan banting akan menganggap kegagalan adalah hal biasa dalam mencapai kesuksesan. Poin yang terpenting adalah bagaimana kita bangkit dan tidak menyerah akan kegagalan yang ada. Selalu tanamkan untuk berkompetisi sehat dengan menunjukkan kelebihan yang kita miliki tanpa harus menusuk teman dari belakang ya!

4. Understand Feelings

CAIS Guidance

CAIS Guidance via http://www.google.com

Hampir setiap hari dalam bekerja kita sering menemui orang baru dengan sikap yang berbeda pula. Saling mengerti adalah kunci untuk menjaga keharmonisan hubungan kita dengan orang lain begitupun dalam suatu team kerja. Dengan saling memahami kita dapat berempati merasakan apa yang mereka rasakan juga.

Saling mengerti dan memahami perasaan pun membuat kita dapat belajar untuk menjadi pendengar yang baik ketika teman kita mendapatkan masalah. Selain itu, saling mengerti dan memahami membuat kita tahu harus melalukan apa pada kondisi waktu tertentu sehingga tidak salah dalam bertindak.

5. Self Confidence

Increase Self-Confidence & Self-Esteem

Increase Self-Confidence & Self-Esteem via http://www.google.com

Last but not least hal ini menjadi salah satu hal terpenting yang harus kamu miliki dalam dunia kerja. Kepercayaan diri memberikan kamu energi positif dalam melakukan sesuatu. Percaya diri membuat diri kamu bersemangat dan merasa mampu dalam melakukan suatu hal.

Kamu tidak akan takut akan rintangan yang menghadang karena kamu percaya kamu mampu menaklukannya dengan kemampuan yang kamu miliki. Percaya diri memberikan kamu keyakinan dalam mencapai mimpi.

Jika kamu tidak percaya diri dengan kemampuan yang kamu miliki bagaimana orang lain dapat percaya dengan diri kamu? So dari sekarang jangan lupa untuk percaya diri dan bangga terhadap apa yang kamu miliki ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya