Good vibes ! Semangat !

Kali ini mengenai tips-tips saat check sound. Pastinya kalian para musisi untuk menjadi profesional harus menjadi amatir atau pemula terlebih dahulu. Kesalahan-kesalahan kecil saat prepare akan mengganggumu saat beraksi di panggung. Maka perhatikan hal-hal berikut, supaya penampilanmu memukau dan tidak menyesal setelah manggung karena ada beberapa kesalahan.

1. Tidak mengecek alat !

Pastikan Alat atau Gear yang Kamu Gunakan Dalam Kondisi OKE !

Terkadang memulai band dengan alat seadanya membuat kita kurang memperhatikan alat-alat yang kita gunakan. JIka kita akan manggung tidak menggunakan alat sendiri (Its mean memakai alat dari panggung) maka kamu harus cek dengan baik. Kondisi alat panggung tidak selalu memungkinkan atau layak digunakan untuk perform. Jika kamu berada di stage yang besar pun, sangat penting membawa alat sendiri supaya bisa dicek dengan baik sebelum perform. Saat Check Sound, kamu perlu cek kondisi alat mulai dari kondisi senar, input instrument, pre-amp pada instrumen, hingga suara yang keluar. Pastikan suara yang keluar tidak ada kejanggalan, dan sesuai dengan sound yang akan kamu butuhkan saat perform. Tidak ada Noise yang mengganggu dari instrumen yang kamu gunakan. Gitar, Bass, Key, Sampler, ataupun drum, semuanya memiliki kemungkinan mengganggu jika tidak dicek dengan baik.

2. Tidak Cek Kondisi Sound !

Monitor di Panggung via http://www.coda-audio.com.au

Advertisement

Cek Monitor, Sound Out, Amplifier, Direct Input, dan Segala Macam Sound yang Dibutuhkan !

Saat check sound kamu perlu memulai dengan memsatikan instrumen yang kamu gunakan mengeluarkan suara ke sound out dengan bersih (clean). Jika belum terdengar ada suara yang keluar, maka mintalah bantuan kepada operator atau kru panggung. Jangan sungkan minta tolong, karena itu akan membuatmu tidak mantap untuk perform. Selanjutnya kamu perlu memeriksa Monitor, apakah sudah terdengar dengan baik atau belum. Ini sangatlah penting, untuk kontrol performa saat manggung. Monitor di panggung berfungsi untuk membantumu mendengarkan instrumen yang kamu mainkan dan instrumen lain, supaya tidak asal main saja tanpa memperhatikan feel permainan personil yang lain. Pastikan juga jika kamu menggunakan Direct Input, suara sudah terdengar jelas. Direct Input biasanya digunakan karena tidak ada amplifier, atau digunakan untuk sampling. Perhatikan, terkadang Direct Input digunakan pada beberapa amplifier, tidak semua amplifier pada set panggung direct dengan microphone.

3. Tidak Bawa Alat dan Perlengkapan Lain !

Contohnya membawa gitar sendiri via http://www.guitarworld.com

Bawa Alat Sendiri, Mulai dari Alat Musik hingga Kabel Jika Perlu !

Nah, satu hal ini adalah yang agak sulit jika kita memiliki band dengan kondisi yang bisa dibilang low budget. Terkadang tak memiliki alat sendiri menjadi sebuah kendala untuk perform, namun tak perlu khawatir. Manfaatkan relasi dalam membentuk band, perbanyak kenalan jika memang kamu merasa tidak punya alat pendukung untuk tampil. Bukan untuk memanfaatkan relasi, namun untuk bisa saling membangun band. Solidaritas antar band juga sangat penting saat check sound, karena antar band akan memberikan masukan yang bisa saja belum dipahami oleh kita. Semisal kita meminjam alat, pastikan kamu mengeceknya sebelum check sound, dan bertanya mengenai kondisi alat tersebut kepada pemiliki. Supaya jika ada kendala tidak bikin ribet.

4. Belum Tunning !

Atur equalizer pada amplifier via http://atlantadiscountmusic.com

Tunning Instrument dengan baik, Atur tone Drum dan Equalizer Instrumen hingga terdengar jelas !

Tunning adalah mengatur tone atau nada pada instrumen yang kamu gunakan. Jangan sampai lupa tidak tunning, membuat performa mu menjadi terdengar fals bahkan sangat tidak enak. Tunning dilakukan untuk benar-benar memastikan setingan tone sudah sesuai. Bahkan suara drum yang belum dilakukan penyesuaian tone, akan sangat mengganggu. Perlu dipastikan suara drum sudah enak dan pas. Kemudian atur velocity atau level kick, snare, dan part lainnya pada drum hingga terdengar mantap, powerfull dan enak (powerfull sound pada drum sangat bergantung pada permainan drummer selain setingan sound dan tone yang baik). Pengaturan equalizer pada instrumen pada amplifier perlu diperhatikan, mulai dari karakter asli dari amps yang ada hingga alat musik yang digunakan. Pastikan tidak ada frekuensi yang over atau level dan gain yang berlebihan. Sehingga suara akan terdengar dinamin dan tidak menutupi satu sama lain.

5. Terlambat !

Tepat Waktu untuk Check Sound, Jangan Terburu-buru Saat Prepare Sebelum Mulai On Stage !

Yaps, penyakit yang terkadang secara tidak langsung ada pada sebuah band dan menghambat perkembangan band adalah tidak tepat waktu. Dalam acara apapun, jika band sudah memutuskan untuk tampil, maka jangan pernah sepelekan waktu. Datang tepat waktu saat Check Sound akan menunjukan kamu adalah band yang profesional. Bahkan datang sebelum perform sesuai jadwal, akan memberikan kesan bahwa band mu sudah sangat siap untuk tampil. Manfaatkan waktu check sound dengan baik, jika memang hanya beberapa menit saat prepare. Jangan pernah terburu-buru hanya karena panggilan MC dan sebagainya. Karena penampilan adalah yang paling utama, jika memang cek terlalu lama. Maka sebelum perform kamu bisa bertanga-tanya dengan kru panggung mengenai kondisi alat-alat yang ada. Sehingga tidak membuat waktu acara menjadi molor karena check sound yang terlalu lama sebelum perform. Jika ada waktu cek diluar rundown, maka maksimalkanlah !.