Memiliki hobi selfie masih sering dianggap negatif bagi sebagian banyak orang. Ada yang menganggap selfie itu pamer, kurang kerjaan, sok cantik, dan masih banyak anggapan-anggapan negatif lain. Padahal kalau kita mau lebih terbuka, selfie bisa juga memberi keuntungan, lho! Bahkan, tidak cuma bagi diri sendiri tapi juga bagi orang lain bahkan lingkungan dan dunia.

Memang sudah banyak pemberitaan miring mengenai selfie yang berujung maut. Berita-berita tersebut tentunya bukan tipuan belaka tetapi memang benar-benar terjadi. Walaupun demikian, media kadang terlalu mem-blow up hal buruk saja tanpa memberikan contoh positifnya. Sangat disayangkan.

Sebagai generasi millenial, mari kita lihat segala sesuatu dari berbagai sudut pandang! Baik dari sisi negatif maupun positifnya, salah satunya dengan membaca artikel ini. Sudah banyak fakta negatif tentang selfie di luar sana. Namun, mari kita tinjau dari sisi positifnya! Buat kamu yang suka selfie, artikel ini wajib kamu baca! Siapa tau, kamu masih melakukan selfie sekadar hobi tanpa membawa dampak positif bagi orang sekitar dan lingkungan.

Buat kamu yang tidak suka selfie, semoga artikel ini membuka pikiranmu sehingga tidak melulu menghujat mereka yang hobi ber-selfie ria. Kalau kamu ingin bergabung akan lebih baik, asal bisa membawa dampak positif ya!

Yuk, langsung saja kita bahas apa saja sih keuntungan memiliki hobi selfie?

1. Eksis dan Dikenal

Eksis dan Dikenal

Eksis dan Dikenal via https://www.pexels.com

Siapa sih yang tidak mau eksis dan dikenal orang banyak? Mungkin ada, tapi mayoritas dari kita pasti ingin dikenal.

Advertisement

Teknologi berkembang dengan sangat pesat, begitu pula dengan media sosial. Tiap tahun muncul media sosial baru untuk kita coba. Bahkan, bisa dibilang Indonesia adalah salah satu negara dengan pengguna media sosial terbanyak di dunia.

Ini menandakan kalau kita punya peluang dan kesempatan lebih besar untuk eksis dan dikenal banyak orang dari berbagai belahan dunia. Nah, bisa kita lihat di Instagram berapa banyak foto artis sedang selfie dan mendapat ribuan likes. Itu salah satu keuntungan selfie bagi diri sendiri.

2. Punya Banyak Koneksi

Punya Banyak Koneksi

Punya Banyak Koneksi via https://www.pexels.com

Kalau kamu eksis dan dikenal banyak orang, tentunya secara otomatis kamu akan punya banyak koneksi. Koneksi ini bisa jadi calon rekan kerja, calon bos, teman.

Advertisement

Nah, percaya atau tidak, ternyata ahli gestur bisa melihat kepribadian seseorang hanya dari gaya selfie kita, lho! Kalau kamu perhatikan lebih teliti, orang yang berkepribadian baik pasti foto selfie-nya pun juga bagus, auranya terpancar, dan dia punya banyak followers (koneksi).

Manusia adalah makhluk sosial. Michael Hyatt membuktikan bahwa seseorang yang memiliki banyak teman cenderung bahagia dan sehat sehingga berumur panjang. Jadi, pastikan jangan melakukan selfie yang dibuat-buat ya! Siapa tau dengan sering meng-upload foto selfie kamu makin punya banyak teman.

3. Kesempatan Berkarya

Kesempatan Berkarya

Kesempatan Berkarya via https://www.pexels.com

Kita menemukan banyak sekali akun Instagram yang kreatif. Ada yang fokusnya pada pemandangan alam, hewan peliharan, bahkan selfie! Foto selfie bisa jadi salah satu fokus kamu asal didesain dengan unik dan menarik.

Jadi, kamu tidak hanya upload foto selfie biasa. Berani beda itu harus supaya bisa stand-out dari yang lain!

Itu salah satu ajang kamu untuk berkarya. Siapa tahu dari situlah kamu menemukan passion dan hobi positif. Salah satunya adalah kemampuan mengambil foto dan desain.

4. Membuka Pintu Rejeki

Membuka Pintu Rejeki

Membuka Pintu Rejeki via https://www.pexels.com

Nah, belum banyak orang tau bahwa hobi selfie bisa membuka pintu rejeki, lho! Kalau memang foto yang kamu ambil bagus, unik, dan menarik perhatian, jangan kaget kalau ada yang menghubungimu untuk minta persetujuan tawaran endorsement. Itu kesempatan kamu untuk mengumpulkan pundi-pundi rejeki.

Walaupun demikian, kamu juga bisa berusaha sendiri membuka pintu rejeki itu, kok! Salah satunya dengan update mengikuti akun-akun tertentu lalu rajin mengikuti kontes dan event yang diadakan. Memang mungkin hadiahnya tidak seberapa, tapi siapa sih yang menolak hadiah (apalagi kalau hadiahnya dalam bentuk uang)?

5. Membawa Berkat Bagi Orang Lain, Lingkungan Sekitar, dan Dunia

Berkat Bagi Sekitar

Berkat Bagi Sekitar via https://www.pexels.com

Nah, keempat poin sebelumnya adalah keuntungan bagi diri sendiri. Namun, ternyata hobi selfie dapat berdampak positif bagi sesama dan lingkungan, lho!

Salah satunya dengan cara berpartisipasi mengikuti kampanye-kampanye. Saat ini, tiap harinya banyak organisasi maupun komunitas yang sedang meggalakkan kampanye. Ada yang berfokus pada kelestarian hutan dan hewan terancam punah, kebiasaan menanam pohon, kesehatan, dan masih banyak lagi.

Mereka biasanya meminta partisipasi kita dengan cara upload foto selfie dan memberikan hashtag atau mention. Cukup mudah untuk dilakukan, bukan? Makin banyak orang tau tentang kampanye tersebut, makin banyak orang tersadarkan untuk lebih peka terhadap lingkungan sekitar dan diri sendiri.

Ayo, jadi generasi millenial yang selalu membawa dampak positif bagi orang di sekitar kita, lingkungan, dan dunia!

Nah, itu tadi 5 keuntungan memiliki hobi selfie. Sayangnya, untuk bisa selfie kita pastinya butuh handphone dengan kamera yang bagus. Padahal, untuk memiliki handphone yang seperti itu pasti butuh uang yang tidak sedikit.

Jangan khawatir! Buat kamu yang memiliki budget pas-pasan untuk gadget apalagi buat kamu mahasiswa yang sedang berhemat, sekarang kamu bisa memiliki Advan i6 dengan harga Rp1.499.000,00!

Advan i6 memiliki kamera belakang 13 MP dan kamera depan 5 MP. Kamera belakang dilengkapi dengan fitur pro camera yang menawarkan pengaturan manual untuk mendapat hasil bidikan yang sempurna. Sedangkan untuk kamera depan (selfie) Advan i6 dilengkapi dengan fitur portrait mode, algoritma kecantikan, face AE technology, autofokus, dan automatic face recognition. Fitur-fitur tersebut membuat pengalaman selfie menjadi lebih berarti karena Advan i6 dapat mengenali titik-titik wajah sehingga menghasilkan foto selfie yang tajam dan akurat.

Semua fitur kamera tersebut didukung dengan layar Advan i6 selebar 5,5 inci (full view display) sebagai fitur andalannya. Ini membuat kamu bisa selfie dengan leluasa karena layarnya cukup lebar. Selain itu, tampilan foto akan sangat jernih dengan resolusi layar 282 ppi.

Memori internalnya pun 16 GB, masih diperluas dengan kapasitas memori eksternal hingga 256 GB. Jadi, kamu tidak perlu takut lagi kekurangan kapasitas dan tidak perlu lagimenghapus foto lama sebelum ambil foto baru!

Semua fitur ini sudah sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan fotografi, apalagi selfie. Nah, kapan lagi dapat handphone berkamera super dengan harga yang sangat terjangkau? Cukup dengan mengeluarkan 1,5 juta dan kamu bisa bawa pulang Advan i6 dengan kamera canggih dan full view display untuk memenuhi kebutuhan dan hobi selfie kamu!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya