Siapapun yang lagi berulang tahun pasti suka kalau dikasi cake. Nah, cake atau kue semacam tart ini ternyata gak cuma identik dengan yang manis-manis saja lho! Orang seringkali salah persepsi soal makan cake. Mendengar namanya saja sudah bisa dibayangkan biasanya cake bentuknya yang tumpuk-tumpuk, dihias cream bentuk pita atau bunga dan warna warni. Kalau sudah membayangkan yang kayak gitu sih, biasanya orang sudah merasa “Duh… Sepertinya enek, ya?”. Akhirnya pilihan cake lari ke black forest, chocolate cake, rainbow cake, red velvet, oreo cupcake, yang mana cake ini memanjakan lidah kita dengan rasa manis yang lebih enak karena berasal dari cokelat, oreo, dan tambahan zat pewarna. Bisa dipastikan kalori dari cake semacam tadi itu besar jumlahnya dan gak friendly untuk perut si dia yang lagi diet.

Tapi, tenang saja karena penulis bakal kasih referensi cake yang tepat untuk merayakan birthday party dan sehat untuk si dia yang lagi ulang tahun itu gak gagal diet.

1. Cake Balutan Nanas-Kelapa

Pineapple-Coconut Cake lho ya, bukan pineapple pen via http://www.eatingwell.com

Bahan dasar cake ini terbuat dari dua lapis kue kelapa dengan campuran tepung gandum putih. Di sekelilingnya dilapisi oleh frosting krim kelapa. Baru kemudian diberi potongan-potongan nanas yang segar dan kelapa yang sudah dipanggang. Hmm… Demam pineapple memang gak ada habisnya ya, entah di lagu entah di kue.

2. Passion-Lime Cheesecake

Awas si dia bisa kurus kalau makan Cheesecake yang disiram jus lemon via http://www.taste.com.au

Cheesecake ini rendah lemak karena terbuat dari margarin keju ricotta yang reduced-fat. Selain itu, jus lemon yang disiram di atas cake saat akan dihidangkan bisa memicu untuk segera buang air besar. Gak perlu diragukan lagi deh efek samping baiknya yang bekerja secara langsung untuk si dia yang ingin tetap diet.

3. Cheesecake Belang Blueberry

Advertisement

Varian cheesecake dengan modifikasi blueberry dan campuran jus jeruk hmm segar dan lezat via http://www.taste.com.au

Biasanya toko-toko kue menyediakan cheesecake dengan campuran selai blueberry atau anggur yang dioleh di atasnya. Kamu bisa modif sedikit dengan menjadikan blueberry dalam bentuk mixture yang dioven. Untuk menjadikan resep cake ini menjadi lebih beda lagi daripada yang lain, campurkan jus jeruk ke dalam adonan cheesecake. Buah yang asam tetapi sangat segar ini bisa membantu banget untuk menurunkan berat badan.

4. Cupcake Wortel

Wortel jadi bahan anti mainstream untuk membuat cake via http://www.myrecipes.com

Dari tadi sih bahannya buah melulu ya. Kali ini cake juga terbuat dari jenis sayur-sayuran, yaitu wortel. Dan model cake yang akan penulis bahas ini juga berbeda. Cake dengan ukuran mini atau biasa disebut cupcake ini juga cocok diberikan untuk dia yang berulang tahun. Dalam proses pembuatan, beri madu untuk memaksimalkan rasa manis yang alami tanpa harus bikin gemuk. Sayur-sayuran dengan madu apabila bersatu itu manis dan menyehatkan, apalagi kamu dengan si dia…

Tips agar pesta meriah, yaitu cupcake dibuat dalam jumlah banyak lalu kamu susun-susun membentuk angka usia si dia yang sedang berulang tahun. Ini akan terlihat lucu dan menunjukkan kalau kamu benar-benar effort dalam mempersiapkan kue untuknya.

5. Lemon-Crackers Icebox Cake

Campuran lain untuk jadi kue yang anti mainstream, yaitu lemon dan crackers via http://www.allyou.com

Lagi-lagi campuran jus lemon dan bentuk birthday cake yang gak biasa. Cake ini berbahan dasar dari crackers yang dihancurkan kemudian diaduk bersama jus lemon dan susu. Di atasnya dibalut dengan krim rendah lemak. Krim tersebut bisa kamu modif untuk membentuk suatu kalimat ucapan buat si dia. Kelebihan dari cake unik berwadah icebox ini cocok untuk kamu yang khawatir saat perjalanan bentuk kue atau hiasan krim bakal rusak.