5 Langkah Mudah ini Bisa Kamu Lakukan Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Sebaiknya imun tubuh selalu dijaga supaya tidak jatuh sakit apalagi saat pandemi

Pasti di antara kita sudah banyak yang tahu, kalau sekarang pemerintah sudah mulai memberlakukan new normal meski pasien yang positif COVID 19 terus bertambah. Bagi kita yang sadar akan hal ini pastinya akan tetap memilih tetap di rumah saja kecuali untuk alasan yang mendesak. Tapi untuk beberapa orang yang tidak bisa dan terpaksa harus keluar rumah, hal yang bisa dilakukan adalah menggunakan masker dan field sheet serta menjaga kebersihan tangan dan juga meningkatkan imunitas tubuh.

Imunitas tubuh sendiri sulit diprediksi secara kasat mata apakah sedang meningkat atau sedang menurun. Biasanya baru akan tahu saat kita jatuh sakit. Oleh karena itu kali ini saya akan membagikan cara bagaimana agar kita tetap menjaga imunitas tubuh agar virus dan bakteri tidak menyerang tubuh kita.

Advertisement

1. Konsumsi buah dan sayur harus lebih banyak dari makanan cepat saji

Photo by Freepik

Photo by Freepik via https://www.freepik.com

Kemudahan teknologi memang bisa memudahkan kehidupan kita, salah satunya dengan memesan makanan melalui aplikasi. Dan saya yakin banyak di antara kita akan lebih cenderung memesan makanan cepat saji. Selain lebih murah, makanan cepat saji juga terbilang lezat. Tetapi kalau kita ingin meningkatkan imunitas tubuh, ada baiknya kalau mengurangi makanan cepat saji dan memperbanyak buah dan sayur.

Karena banyak penelitian yang mengatakan ketika seseorang mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur, mereka cenderung tidak mudah sakit. Sebab, vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah dan sayur bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jadi tubuh secara otomatis mampu melawan bakteri dan virus.

2. Ikut kelas gratis olahraga di Youtube ataupun Live Instagram supaya tetap sehat

Photo by Pinterest

Photo by Pinterest via http://pinterest.com

Selama pandemi dan selama di rumah aja, di antara kita kebanyakan merasa mati gaya. Tapi untungnya selama masa PSBB hingga saat ini banyak sekali akun-akun yang fokus tentang olahraga mengadakan kelas gratis lewat live instagram. Hal ini harus kamu manfaatkan semaksimal mungkin, karena kapan lagi kamu olahrga dengan pelatih terkenal tanpa dipungut biaya. Jika ketinggalan kelas tersebut kamu bisa searching di youtube video tentang olahraga. Sebab olahraga dapat meningkatkan imunitas tubuh, lakukan setiap hari selama 30 hari ya.

3. Pakai Essential Oil untuk meningkatkan tubuh bisa jadi salah satu usaha

Photo by Chris F from Pexels

Photo by Chris F from Pexels via https://www.pexels.com

Saat ini siapa yang tidak tahu essential oil dan beberapa manfaatnya. Selain wanginya yang harum, beberapa essential oil akan memiliki dampak baik bagi tubuh. Seperti lavender yang bisa meningkatkan kualitas tidur, Peppermint yang bisa membantu memperbaiki sistem pencernaan dan lain sebagainya.

Beberapa essential oil sengaja diracik atau dipadukan antara satu kandungan dengan kandungan lainnya supaya bisa memberikan manfaat lebih, salah satunya manfaat untuk memperbaiki imunitas tubuh. Kamu bisa cari di marketplace essential oil ini dan bisa digunakan dengan menggunakan difusser atau langsung diaplikasikan ke tubuh. Tentunya tetap baca aturan pakai ya.

Advertisement

4. Minum vitamin secukupnya yah!

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Saat wabah COVID 19 ini muncul, selain masker ada vitamin yang sangat langka bahkan di apotek besar. Tidak Heran memang, sebab vitamin memang dikenal bisa membantu kita menjaga tubuh agar tidak sakit. Dan konsumsi vitamin bisa menjadi pilihan untuk melengkapi pola makan yang kurang bernutrisi. Namun meski begitu, ada baiknya kita tidak menimbun vitamin. Beli secukupnya agar teman-teman atau orang lain juga bisa mengkonsumsi sehingga semakin kecil kemungkinan pasien positif COVID 19 akan bertambah

5. Kelola emosi supaya tidak stress dan gampang sakit

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Perubahan aktivitas yang tadinya normal menjadi terbatas memang membuat beberapa orang stres, belum lagi dampak dari pandemi yang membuat beberapa orang pusing dan tidak tahu harus bagaimana. Tapi tahukah kamu kalau hormon kortisol bisa mengakibatkan penurunan kekebalan tubuh. Dan faktor yang mempengaruhi hormon tersebut meningkat adalah stres. Jadi ada baiknya jika kita mengelola emosi dan pikiran supaya tidak stres dan tidak menurunkan kekebalan tubuh.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE