Penang adalah salah satu kota di Malaysia yang memilki banyak tempat menarik untuk di eksplor buat kamu yang hobi fotografi atau kalian yang suka posting foto menarik di Instagram. Hampir setiap sudut jalanan di Penang terdapat berbagai atraksi menarik yang sering disebut “street art” oleh masyarakat sekitar. Selain itu juga banyak bangunan tua bergaya Eropa abad 19 dan juga bangunan dari berbagai etnis seperti, Tionghoa, India, Muslim Melayu dan sebagainya.

Banyak karya yang ditampilkan oleh seniman dari seluruh dunia. Street art Penang memiliki banyak keunikan tersendiri untuk dinikmati. Sebagian besar karya tersebut dapat kita temukan di tembok-tembok bangunan yang ada di setiap sudut jalan. Bangunan yang dihiasi lukisan itu berupa cafe, restoran, bahkan banyak juga yang di lukis di tembok rumah warga. Kalian bisa bebas memburu foto yang menarik dengan latar lukisan-lukisan tersebut.

Untuk menjelajah semua street art di Penang, bisa dibilang susah-susah gampang. Jika kalian menginap di Penang untuk memburu street artnya, menginaplah di daerah Georgetown. Ini akan lebih memudahkan kalian untuk menjelajah berbagai sudut bangunan. Beberapa street art terkenal sudah bisa kalian lihat lokasinya di Google Maps. Untuk itu sebaiknya kalian memiliki koneksi internet saat berada di Penang.

Pilihan untuk tetap bisa terkoneksi saat di luar negeri, biasanya para pelancong memanfaatkan kartu sim lokal seperti Digi atau Tune yang bisa dibeli setibanya mereka di bandara negara tujuan. Seperti di Kuala Lumpur – Malaysia bisa di beli di bandara KLIA atau KLIA 2. Jika kalian menaiki pesawat yang langsung menuju ke tempat tujuan atau direct ke Penang, kalian bisa membelinya di Bandar Udara Internasional Bayan Lepas.

Pilihan lainnya, kalian bisa memanfaatkan travel wifi yang bisa kalian sewa dari berbagai tempat penyewaan. Travel wifi akan sangat membantu kalian yang tidak ingin repot mencari koneksi internet saat berpergian ke luar negeri, karena saat ini kalian sudah bisa membawa devices nya langsung dari Indonesia. Sesampainya mendarat di sana, kalian cukup menyalahkan tombol turn on, dan koneksikan ke smartphone kalian seperti kalian koneksi ke wifi pada umumnya.

1. Boy on A Bike/Boy on Motorbike

Boy on motorbike

Boy on motorbike via http://google.com

Boy on a bike bisa kalian temui di Lebuh Ah Quee. Lebuh dalam bahasa Indonesia berarti jalan. Lebuh Ah Quee ini bukan jalanan utama, jadi jika kalian ingin mencarinya, tengoklah sedikit ke jalan yang ada di persimpangan jalan.

2. Little Boy with Pet Dinosaurus

Little Boy with Pet Dinosaurus

Little Boy with Pet Dinosaurus via http://belaroundtheworld.com

Advertisement

Street art lucu seorang anak dengan dinosaurus dapat kalian temukan di samping street art Penang yang di atas. Jadi, dalam satu tempat nanti kalian akan menemukan dua street art yang berbeda. Waktu terbaik mengunjungi tempat ini adalah ketika sore hari, agar cuaca tidak terlalu panas. Tapi, kalian harus sedikit bersabar ya, karena biasanya di tempat ini kan lebih ramai orang untuk bergantian mengambil foto.

3. Brother and Sister on Swing

Brother and Sister on Swing

Brother and Sister on Swing via http://onlypenang.com

Brother and Sister on Swing berada di gang kecil di Gat Lebuh Chulia. Untuk bisa menemukan street art ini bisa dibilang cukup sulit karena tidak ada dalam Google Maps. Jika kalian sudah berada di Gat Lebuh Chulia, jalanlah ke arah "The Postcard Shop". Di sampingnya ada jalan atau gang kecil. Lokasi street art ini juga terdapat street art lainnya yakni "Susu Soya Asli dan Segar". Jadi, dalam satu tempat kalian bisa mendapatkan dua gambar dengan latar yang berbeda.

4. Brother and Sister Playing Basket Ball

Brother and Sister Playing Basket Ball

Brother and Sister Playing Basket Ball via http://tripadvisor.com

Brother and Sister Playing Basket Ball berada di dekat street art sebelumnya. Kalian cukup menyebrang jalan dan berjalan menuju pintu masuk Lavish Minilicious. Street art tersebut berada di tembok samping pintu masuk.

5. Little Children on a Bicycle

Little Children on a Bicycle

Little Children on a Bicycle via http://google.com

Advertisement

Little Children on a Bicycle berada di Lebuh Armenian. Cara termudah untuk sampai ke sini dengan berjalan menuju persimpangan jalan antara Lebuh Pantai dan Lebuh Armenian.

Semua street art tersebut lebih mudah ditemukan melalui Google Maps. Untuk itu sangat disarankan untuk kalian memiliki jaringan internet saat kalian berkunjung ke Penang-Malaysia. Well, selamat jalan-jalan ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya