Bagi para Muslim di seluruh Indonesia tentunya melaksanakan ibadah puasa selama bulan ramadhan yang datangnya setahun sekali. Beberapa orang akan mengurangi aktivitas ketika bulan puasa tiba. Karena mungkin rasa lapar dan haus menyebabkan penurunan semangat untuk bekerja atau berkativitas lainnya. Sebenarnya puasa itu bukan alasan untuk bermalas-malasan. Karena puasa memiliki banyak untuk tubuh. Jika kamu mengkosumsi makanan atau minuman di bawah ini akan menguatkanmu selama seharian berpuasa.

1. Telur

Telur merupakan protein hewani yang memberikan sumbangan besar untuk mencukupi kebutuhan gizi kita. Namun tentunya juga dibarengi dengan mengkonsumsi karbohidrat. Telur memiliki peranan penting saat kita berpuasa. Karena telur dapat memproduksi asam amino, yang dapat melengkapi protein yang dibutuhkan tubuh. Jika kamu merasa lemas saat berpuasa, itu bukan berarti kamu tidak kuat. Akan tetapi asupan protein ditubuhmu masih kurang. Nah salah satu protein hewani yang baik adalah mengkonsumsi telur.

2. Oatmeal

Makanan untuk Sarapan

Makanan untuk Sarapan via http://pixabay.com

Advertisement

Oatmeal biasanya digunakan oleh para wanita yang sedang menjalankan program diet. Mengkonsumsi sedikit makanan ini akan membuat kenyang. Karbohidrat yang terkadnung dalam oatmeal dapat menjadi sumber karohidrat bagi tubuh kamu. Dan yang terpenting jika kamu mengkonsumsi makanan oatmeal, kamu akan merasakan kenyang yang lebih lama.

3. Minuman Penambah Ion atau Cairan dalam Tubuh

Minuman penambah cairan atau ion tubuh sebenarnya banyak dijual di minimarket. Orang berpuasa yang paling susah menahannya adalah cairan atau minuman. Rata-rata manusia bisa menahan rasa lapar, tapi sulit untuk menahan rasa haus. Dengan meminum cairan penambah ion ketika sahur dan buka puasa, akan menormalkan cairan dalam tubuh kamu dan ketika siang hari pun kamu tidak akan lemas.

4. Roti Gandum

Makanan Roti

Makanan Roti via http://nuguy.biz

Gandum mengandung karbohidrat yang dapat menggantikan nasi. Mengkonsumsi roti gandum bisa membuat puasamu tidak lemas loh. Kamu bisa memadukannya dengan membua seperti sandwich dicampur dengan sayur sayuran ataupun telur. Selain itu bagi kamu yang sedang diet roti ini bisa menjadi alternatif nih agar badan tidak lemas ketikan lebaran.

5. Kacang Hijau

Kacang Hijau

Kacang Hijau via http://go-dok.com

Advertisement

Kacang hijau adalah makanan yang kaya akan mineral. Percaya atau tidak, kacang hijau akan memberikan sinyal kenyang pada otak. Jadi puasamu akan lancar tanpa harus lemas di pagi hari.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya