Bulan Ramadhan adalah bulan yang suci bagi umat muslim di dunia, dengan menjalankan puasa satu bulan penuh maka akan menambah kecintaan kita kepada Allah SWT. Puasa merupakan salah satu rukun islam, dalam menjalankan ibadah puasa kita harus memiliki badan yang sehat secara rohani dan jasmani.

Kita juga harus memperhatikan makanan pada saat sahur  maupun saat berbuka puasa, karena dengan kita memakan makanan sehat dan bermanfaat akan membuat tubuh kita kuat saat menjalankan ibadah puasa. Makanan yang baik saat puasa, baik itu pada saat sahur maupun berbuka puasa ialah yang manis-manis dan hindarilah makanan yang berlemak dan mengandung rasa pedas.

Berikut ini adalah makanan dan minuman sehat yang cocok dikonsumsi saat bulan Ramadhan.

1. Kurma

Kurma

Advertisement

Kurma merupakan salah satu makanan wajib saat puasa, terlebih pada waktu buka puasa. Kurma mengandung banyak sekali manfaat yang terkandung didalamnya.

Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan memakan kurma pada saat berbuka puasa.

 عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُفْطِرُ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّيَ عَلَى رُطَبَاتٍ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ فَتُمَيْرَاتٌ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تُمَيْرَاتٌ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ

Advertisement

“Dari Anas bin Malik, ia berkata : Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka puasa sebelum shalat dengan ruthab (kurma basah),  jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering), dan jika tidak ada tamr, beliau meminum seteguk air”

2. Ikan

Ikan Bakar

Ikan Bakar via https://en.wikipedia.org

Ikan juga cocok dan sehat ketika dikonsumsi pada bulan puasa, baik di waktu sahur maupun berbuka puasa.

Ikan mempunyai banyak sekali manfaat bagi tubuh kita karena daging ikan mempunyai protein, omega 3, aktioksidan, vitamin D, vitamin B2 dan sejumlah mineral.

3. Air mineral

Air Mineral

Air Mineral via https://hellosehat.com

Saat berpuasa tubuh kita pasti akan memerlukan banyak mineral, karena ketika kita kekurangan cairan membuat tubuh menjadi lemas dan dehidrasi.

Salah satu cara agar tubuh kita banyak menyimpan cairan ini adalah dengan mengkonsumsi air mineral atau air putih terutama pada saat sahur.

Air putih juga memili banyak manfaat kepada tubuh kita terutama pada saat puasa.

4. Madu

Madu merupakan makanan yang sehat dan berkhasiat, apalagi saat dikonsumsi pada bulan ramadhan. Madu dapat membuat puasa kita menjadi kuat, karena madu mempunyai maanfaat yang banyak. Salah satu dari manfaat madu ini adalah dapat menyeimbangkan metabolisme tubuh kita dan mencegah diare.

5. Sayur dan buah

Sayur dan buah

Sayur dan buah via https://www.honestdocs.id

Pada saat puasa sebaiknya tetap menjaga asupan sayur dan buah, karena sayur dan buah memiliki begitu banyak manfaat terhadap tubuh kita apalagi saat kita menjalankan ibadah puasa.

Banyak sekali manfaat yang diperoleh dari mengkonsumsi sayur dan buah, yaitu mampu membuat rasa kenyang lebih lama saat kita mengkonsumsinya pada waktu sahur.

Sayur dan buat juga membuat tubuh menjadi segar dan fit, sebab sayur dan buah mengandung dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga daya tahan

 

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya