Bagi penggemar drama Korea, kalian pasti sudah akrab dengan adegan makan dan masak-memasak di acara-acara tersebut. Kalian mungkin juga penasaran dengan rasanya, karena makanan-makanan yang diperlihatkan tampak sangat enak. Orang Korea menggunakan berbagai macam rempah dan bahan-bahan segar lainnya sehingga masakan Korea dipercaya sebagai makanan yang menyehatkan.

Salah satu makanan khas Korea yang cukup terkenal adalah kimchi. Kimchi adalah sayuran yang difermentasi dengan gochujang (saus cabai merah khas Korea) dan bahan-bahan lainnya. Dengan rasa asam dan pedas, kimchi dipercaya sangat bagus untuk pencernaan. Tapi, apakah hanya kimchi makanan Korea yang terkenal? Tentu saja tidak. Jika kalian penasaran, yuk simak 5 makanan khas Korea yang wajib dicoba berikut ini!

 

1. Kimchi Jjigae

Orang Korea sangat menyukai kimchi dan sering kali memasukkan kimchi ke berbagai masakan mereka, salah satunya adalah kimchi jjigae. Kimchi jjigae adalah rebusan kimchi (biasanya menggunakan kimchi sawi yang sebelumnya ditumis terlebih dahulu) dengan campuran bihun putih, tahu, daging tuna (atau babi), dan sayuran. Rasa kimchi jjigae merupakan kombinasi rasa asam dan pedas yang segar.

2. Jjajangmyeon

Jjajangmyeon

Jjajangmyeon via http://www.penabiru.com

Jjajangmyeon sebenarnya berasal dari masakan Tionghoa, akan tetapi orang Korea mengubah masakan ini menjadi masakan yang sangat berbeda. Kuah jjajangmyeon berwarna hitam kental (menggunakan saus chunjang yang terbuat dari kacang kedelai hitam) dengan potongan daging babi, sayuran, dan terkadang seafood.

Jjajangmyeon menjadi salah satu makanan wajib orang Korea, karena mereka memakannya paling tidak seminggu sekali dan biasanya mereka memiliki restoran jjajangmyeon langganan.

3. Samgyaetang

Samgyaetang

Samgyaetang via http://www.penabiru.com

Samgyaetang merupakan sup kental yang bahan dasarnya adalah ayam utuh dan dimasak bersama dengan ginseng beserta rempah-rempah lainnya dalam waktu yang cukup lama. Campuran rempah-rempah tersebut membuat ayam utuh tadi menjadi lembut dan kuahnya sangat bergizi. Meskipun samgyaetang disajikan panas, namun makanan ini adalah salah satu makanan wajib di musim panas.

4. Bibimbap

Bibimbap merupakan salah satu masakan sehat karena terbuat dari nasi hangat yang di atasnya diberi berbagai jenis sayuran yang sudah dibumbui dan ditambahkan gochujang (saus cabai merah), telur mata sapi setengah matang, dan irisan daging sapi. Cara memakan bibimbap adalah dengan mencampur semua bahan terlebih dahulu kemudian memakannya.

5. Gimbap

Jika Jepang memiliki sushi roll, maka Korea memiliki gimbap. Pada dasarnya, gimbap mirip dengan sushi roll, hanya saja jika sushi roll menggunakan cuka, maka gimbap menggunakan minyak wijen sebagai perekat nasinya. Gimbap biasanya berisi berbagai jenis sayuran dan dibungkus dengan lembaran rumput laut kering kemudian ditaburi wijen.

Sumber: http://www.penabiru.com/makanan-khas-korea-terpopuler/

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya