Hindari Kebiasaan Mengkonsumsi 5 Makanan Ini! Tubuhmu Perlu Kau Jaga Agar Tidak Sakit

Mengkonsumsi makanan berikut ini tentu saja boleh, tapi jangan terlalu sering ya!

Seringkali seseorang lupa memperhatikan nutrisi makanannya. Beberapa makanan berkalori tinggi nampaknya begitu menggiurkan. Siapa yang tak tergoda dengan makanan enak dan sesuai selera. Namun, organ tubuh manusia akan menolak jika kandungan nutrisi pada makanan, dikonsumsi secara berlebihan. Kita boleh mengkonsumsinya tapi dengan jumlah yang sewajarnya atau bahkan sebaiknya dihindari. Berikut lima makanan yang harus dihindari agar tubuh tetap sehat:

Advertisement

1. Gorengan

Photo by Frederick Medina from Pexels

Photo by Frederick Medina from Pexels via https://www.pexels.com

Siapa yang tak familiar dengan tahu isi, bakwan, dan tempe mendoan? Aneka jenis gorengan yang biasa dijual oleh akang-akang di pinggir jalan ini, sungguh menggiurkan. Gorengan merupakan salah satu makanan dengan kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi. Perlu diketahui bahwa terdapat 200 kalori dalam tempe mendoan dengan porsi 100 gram. Wah, tinggi banget.

2. Mie Instant

Photo by Ke Vin on Unsplash

Photo by Ke Vin on Unsplash via https://unsplash.com

Makanan satu ini memang cocok dinikmati dimanapun dan kapanpun. Pasalnya, mie instan dengan ratusan jenis rasa yang nagih di lidah, juga praktis dalam memasaknya. Namun, tak jarang kita temui penyakit mematikan akibat mengonsumsi mie instan secara berlebihan. Makanan ini membutuhkan waktu lama untuk diproses dalam tubuh, sehingga organ manusia dipaksa bekerja keras saat mie instan masuk ke dalam perut.

Advertisement

3. Makanan Manis

Photo by Jessica Johnston

Photo by Jessica Johnston via https://unsplash.com

Makanan manis cenderung memiliki kadar gula tinggi yang berbahaya bagi kesehatan. Penderita obesitas dan diabetes biasanya berlebihan dalam mengonsumsi gula. Meskipun glukosa (gula) menjadi sumber energi utama pada tubuh, mengonsumsinya harus sesuai takaran dan tidak sembarangan. Jika tidak dikontrol dengan baik, dapat menimbulkan komplikasi yang membahayakan nyawa penderita.

4. Minuman Bersoda

Photo by Bill Sydney

Photo by Bill Sydney via https://unsplash.com

Kandungan gas pada minuman bersoda memberikan sensasi menyegarkan. Di sisi lain, minuman bersoda memiliki kandungan gula yang tinggi. Asam dalam soda juga tidak baik untuk gigi. Mereka yang sering mengonsumsi minuman bersoda akan kekurangan vitamin A, kalsium, dan magnesium.

5. Makanan Ringan

Advertisement
Photo by Ryan Quintal on Unsplash

Photo by Ryan Quintal on Unsplash via https://unsplash.com

Makanan ringan ternyata tidak seringan kandungan kalorinya. Terkadang kita hanya menganggap kripik sebatas camilan ringan, sehingga tak terasa kita sudah menelan ratusan gram gula. Biasanya, seseorang yang sering mengonsumsi snack, memiliki nafsu makan yang rendah, sehingga nutrisi dalam tubuhnya kurang terpenuhi.

Menjaga kesehatan adalah bentuk mencintai diri sendiri. 5 makanan diatas boleh saja kamu makan, tetapi harus ada batasannya ya. Semua ini demi kesehatan tubuhmu agar tetap prima saat bekerja. Percuma saja kamu sudah bekerja keras, tapi tak bisa menjaga pola makanmu. Bisa-bisa uangmu habis untuk berobat. So, cermati makanan diatas ya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Perempuan yang suka ngelantur dengan puisi-puisinya

CLOSE