5 Manfaat Ampas Kopi, dari Urusan Rumah Sampai Masak-Memasak!

Ampas kopi untuk kebutuhan sehari-hari

Kopi sekarang ini udah bukan lagi identik sama minuman bapak-bapak atau orang tua lagi, enggak, sih? Menjamurnya coffee shop dan kopi susu dalam kemasan bikin anak muda jadi suka banget sama kopi. Sebutan kerennya sekarang, sobat kopi. 

Selain jadi penikmat, anak-anak muda ini juga yang berusaha jadi ahli kopi (barista atau roaster) dan punya ambisi bikin bisnis kopi. Di luar banyaknya pilihan jenis kopi, coffee shop, sampai semua orang yang ingin jadi barista atau punya bisnis kopi. 

Padahal kalau kita back to basic, kopi punya segudang manfaat lain yang mungkin kalian belum tahu sebelumnya, lho. Mulai dari bijinya sampai bubuk atau ampasnya. Manfaat ini juga bukan buat manusia aja, tapi juga tanaman, bikin makanan jadi lebih lezat, sampai ngerawat benda-benda mati, lho. 

Dekoruma bakal kasih lima cara memanfaatkan ampas kopi setelah kalian selesai minum kopi. Jadi, waktu biji kopi digiling untuk jadi bubuk terus diminum oleh kalian, jangan buang ampasnya, ya.

Advertisement

1. Katakan bye ke panci yang gosong dan berkerak. Ampas kopi yang ampuh bersihkan kerak bandel

Sumber: The Family Handyman

Sumber: The Family Handyman via https://www.familyhandyman.com

Walaupun masakan kita nggak gosong, seringkali bagian bawah panci atau wajan jadi berkerak. Bisa karena panas dari api kompor yang enggak konsisten atau endapan sisa makanan. Ganggu banget nggak, sih? Panci atau wajan jadi kelihatan kotor dan jorok. Mungkin kalian tahu cara menghilangkannya pakai baking soda, tapi ampas kopi juga bisa, lho.

Oles dan gosok ampas kopi ke bagian yang gosong dan berkerak pada permukaan panci atau wajan. Diamkan 5-10 menit supaya menyerap sempurna. Terus bilas, deh, dan panci bakal kelihatan kayak baru lagi. 

Advertisement

2. Siapa sangka ampas kopi bisa jadi pengempuk daging alami. Sobat karnivora perlu tahu trik ini!

Sumber: Cooking The New York Times

Sumber: Cooking The New York Times via https://cooking.nytimes.com

Buat kalian yang makanan favoritnya steak, catat trik yang satu ini, ya. Bubuk kopi atau ampas kopi kering bisa kamu gunakan buat jadi pengempuk daging alami. Balurkan bubuk kopi ke daging dan diamkan paling sebentar dua jam. Buat daging yang lebih empuk lagi, kamu juga bisa merendam daging dalam larutan ampas kopi yang udah direbus lagi.

Teknik ini disebut sebagai teknik coffee rubbed yang udah cukup umum di kalangan juru masak. Kopi yang kaya asam dan enzim bakal bikin daging terasa lebih juicy dan gurih, dengan rasa yang lebih dewasa dan unik. Keren juga, ya, khasiat kopi ini. Pastikan jadi bahan yang selalu ada di kitchen set kalian, ya.

3. Penyerap bau kulkas kurang ampuh? Serahkan aja ke ampas kopi yang mampu hilangkan bau tidak sedap

Advertisement
Sumber: The List

Sumber: The List via https://www.thelist.com

Umumnya, kalian bisa beli penyerap bau kulkas di supermarket, tapi kopi bisa jadi pilihan penyerap bau yang lebih alami dan ramah lingkungan. Di dalam ampas kopi itu ada nitrogen. Nitrogen inilah yang tugasnya menyerap bau dari makanan yang busuk atau berjamur karena kelupaan ditaruh di kulkas. 

Jadi, kamu tinggal taruh bubuk kopi atau ampas kopi kering dalam mangkuk atau gelas di dalam kulkas dan biarkan ia bekerja. Nah, kemampuan menyerap bau ini juga bisa dimanfaatkan buat yang lain, ya. Mengurangi bau tempat sampah, kabin mobil, laci lemari pakaian, sampai bagian dalam sepatu. 

4. Pupuk alami buat koleksi tanaman di rumah. Menambah nutrisi dan usir hama pengganggu jauh-jauh, deh!

Sumber: Gardening Know How

Sumber: Gardening Know How via https://www.gardeningknowhow.com

Dalam merawat tanaman, biasanya pemilik tanaman lebih banyak pakai pupuk kimia kayak pupuk urea, kandang, atau NPK. Harganya pun enggak bisa dibilang murah. Sebagai alternatif, coba, deh, pakai ampas kopi buat jadi pupuk alami karena mengandung banyak besi, kalsium, magnesium, fosfor, dan potasium—zat-zat yang ada di pupuk kimia. 

Selain itu, kopi juga bisa jadi penangkal hama kayak siput, ulat, serangga, sampai hewan peliharaan seperti anjing atau kucing. Kafein di dalam kopi sifatnya beracun buat hama dan serangga. Bau kopi pun juga nggak disukai hewan-hewan ini. Multifungsi, kan?

5. Furnitur kayu di rumah ada yang tergores? Pertolongan pertama dari ampas kopi untuk memperbaiki

Sumber: Civiconcepts

Sumber: Civiconcepts via https://civiconcepts.com

Ketika furnitur kayu di rumah tergores atau kotor, agak repot kalau harus diperbaiki ke pengrajin. Begitu juga kalau harus menyiapkan pernis kayu atau zat penghilang goresan lainnya. Siapa sangka kalau ampas kopi mampu menyamarkan goresan di furnitur kayu. Kamu tinggal olesin campuran ampas kopi dan air. Diamkan 5-10 menit dan lap dengan kain bersih. 

Zat pewarna coklat alami dari kopi bakal menambal goresan itu supaya jadi lebih halus. Buat hasil maksimal, kamu bisa mengoleskan ampas kopi basah ini secara rutin ke beragam furnitur kayu; meja dan kursi makan, lemari pakaian, atau bahkan lantai kayu. 

Berguna banget, ya, ternyata kopi itu. Setelah diminum dan kasih manfaat buat tubuh, ampasnya bisa dipakai buat berbagai keperluan rumah tangga. Kalau kamu punya masalah-masalah di atas, sekarang waktunya buat membuktikan khasiat ampas kopi di rumahmu. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE