5 Manfaat Menggunakan Lampu Tidur, Ternyata Bukan Cuma Sebagai Penerang!

Manfaat Lampu Tidur yang Jarang Diketahui

Waktu tidur di malam hari, kebanyakan orang lebih suka keadaan kamar tidurnya gelap gulita. Semua lampu dimatiin dan hampir enggak ada sumber cahaya sama sekali. Mungkin sedikit cahaya dari luar yang tertutup gorden. 

Cuma, beberapa orang pasang gorden yang memblok cahaya sama sekali. Jadinya, ruangan bener-bener gelap dan enggak bisa ngelihat apa-apa.

Rata-rata kebiasaan orang seperti itu, tapi ada juga yang tidur dengan lampu menyala, loh. Kebanyakan karena udah terbiasa dari kecil dengan berbagai alasan. Mulai dari takut tidur sendiri dan takut gelap.

Padahal tidur dengan lampu menyala dan keadaan terang benderang berdampak negatif buat tubuh, loh. Cahaya lampu justru bisa bikin tidur jadi kurang berkualitas. Tidur jadi nggak nyenyak dan badan jadi terasa kurang nyaman. Terasa capek, tapi susah tidur.

Kalau dibiarin dalam waktu lama, bakal banyak penyakit yang muncul, loh. Amit-amit, deh, jangan sampe. Supaya istirahat malam kamu berkualitas dan nyenyak, coba pakai lampu tidur buat kasih sedikit penerangan.

Buat kalian yang takut tidur sendiri dalam gelap, lampu tidur yang ditaruh di meja samping kasur bisa jadi sumber penerangan yang mengurangi rasa takut kalian. Di sisi lain, menjaga tidur tetap berkualitas dan membawa segudang manfaat lain.

Beneran, lampu tidur emang membantu menerangi kamar tidur yang gelap, tapi dari situ muncul banyak efek positif buat kamu. Dekoruma udah ngumpulin lima manfaat yang bisa kamu rasakan kalau menggunakan lampu tidur, nih. 

Advertisement

1. Susah Ngantuk Kalau Kamar Tidur Terang, Tapi Takut Tidur di Ruangan Gelap? Picu Hormon Melatonin Dengan Suasana Remang-remang Dari Lampu Tidur

Sumber: Shutterstock

Sumber: Shutterstock via https://www.shutterstock.com

Kayak yang dikasih tahu sebelumnya di atas, tidur dengan lampu menyala malah bikin kamu susah tidur. Badan rasanya capek, pengin tidur, tapi malah enggak ngantuk. Ternyata ini karena produksi hormon melatonin terhambat di kamar tidur yang terlalu terang. 

Produksi melatonin paling optimal justru dalam kondisi minim cahaya atau gelap sama sekali. Hormon ini adalah yang bikin kalian ngerasa ngantuk. Makanya, kamar tidur yang gelap bikin seseorang lebih cepat ngantuk.

Advertisement

Jadi, kalian yang takut gelap masih akan dapat penerangan dengan lampu tidur. Cuma, kondisi yang remang dan enggak terlalu banyak cahaya bisa bikin produksi hormon melatonin meningkat.

Enggak cuma rasa kantuk, kadar melatonin juga memperlancar peredaran darah dan menjaga kesehatan sel tubuh. Bikin istirahat malam jadi lebih berkualitas.

2. Mempercepat Detoksifikasi Tubuh Saat Beristirahat Tanpa Perlu Tidur Dalam Keadaan Gelap Gulita

Advertisement
Sumber: Shutterstock

Sumber: Shutterstock via https://www.shutterstock.com

Lebih lanjut, suasana minim cahaya juga mengoptimalkan proses detoksifikasi tubuh selama tidur. Waktu kita tidur lelap (deep sleep), tubuh bekerja mengeluarkan racun dan zat-zat berbahaya dari organ-organ penting dalam tubuh. Mulai dari otak, ginjal, usus, jantung, dan lain-lain.

Bila seseorang susah tidur dan insomnia karena lampu utama kamar tidur yang menyala, proses ini bisa terhambat dan berpengaruh pada kesehatan tubuh karena proses detoksifikasi yang kurang optimal. Terutama dalam jangka panjang, ya. 

Di sinilah peran lampu tidur untuk tetap memberikan sumber penerangan yang minim, sehingga proses detoksifikasi dan produksi hormon melatonin tetap optimal. 

3. Kurangi Risiko Terkena Berbagai Penyakit Serius Karena Tidur Dengan Lampu Utama Yang Menyala

Sumber: Shutterstock

Sumber: Shutterstock via https://www.shutterstock.com

Pada dasarnya, badan manusia itu udah terprogram buat tidur dalam gelap. Makanya, suasana yang terlalu terang malah bikin orang susah tidur. Kalau tidur kurang berkualitas dalam jangka panjang, kalian bakal berisiko kena berbagai penyakit serius, loh.

Mulai dari obesitas, depresi, tekanan darah tinggi, diabetes, sampai kanker, loh! Badan yang lelah juga berpengaruh sama mood sehari-hari, bikin seseorang kurang waspada, dan kurang sigap.

Sekali lagi, kalau kalian takut tidur dalam gelap, pakai lampu tidur supaya tidur tetap nyaman dan tenang. Tentunya, mengurangi risiko terpapar penyakit-penyakit serius ini. 

4. Selain Manfaat Buat Kesehatan, Pakai Lampu Tidur Juga Bisa Menghemat Biaya Listrik, Loh!

Sumber: Shutterstock

Sumber: Shutterstock via https://www.shutterstock.com

Dari tadi udah bahas manfaat tidur dalam suasana minim cahaya yang dibantu sama kehadiran lampu tidur. Selain itu, masih ada manfaat lain, loh. Salah satunya manfaat finansial, nih. Lampu tidur tentunya punya kapasitas daya yang lebih kecil daripada lampu utama kamar tidur.

Dengan lampu utama yang enggak nyala sepanjang malam, kalian berpotensi buat menghemat biaya listrik. Sementara, lampu tidur yang nyala sepanjang malem enggak bakal seboros lampu utama. 

5. Kamar Tidur Terasa Lebih Nyaman, Hangat, dan Menarik. Elemen Dekorasi di Kamar Yang Juga Mempercantik Kamar

Sumber: Shutterstock

Sumber: Shutterstock via https://www.shutterstock.com

Manfaat lain adalah soal estetika dan tampilan kamar tidur waktu malam hari. Sebagai perabot, lampu tidur yang punya desain menarik bakal berpengaruh sama desain interior kamar tidur.

Kalian bisa pasang lampu tidur yang bentuk, warna, atau materialnya keren dan sesuai selera. Misalnya lampu tidur yang modern, vintage, atau lampu LED strip ala Tumblr. Bahkan, kalau mau dan niat, kalian juga bisa sesuaikan desain lampu tidur sama desain meja kecil di samping kasur. 

Warna lampu yang dipakai juga berpengaruh sama suasana kamar dan kualitas tidur. Lampu warna kuning bisa bikin mood lebih hangat dan nyaman di mata. Bikin suasananya jadi lebih kalem dan menenangkan.

Nah, jadi lebih tahu, kan, manfaat apa aja yang bisa kalian rasain kalau tidur dalam kondisi minim cahaya yang didukung sama lampu tidur yang tepat. Posisi lampu tidur pun juga berpengaruh, loh.

Biasanya ditaruh di meja samping kasur, tapi kalau terlalu deket sama muka, kalian bisa taruh di posisi yang lebih jauh kayak di atas meja belajar atau rak buku, untuk ngasih indirect lighting yang lebih kalem dan menyebar.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE