5 Manfaat Tinggal di Hunian yang Rapi dan Bersih

Kalian pasti sering denger imbauan kalau kebersihan tempat tinggal harus selalu dijaga. Ini berarti bukan cuma kebersihan rumah aja, ya. Kalau kamu tinggal di apartemen, kost, atau asrama, kebersihan dan kerapian pastinya harus selalu terjaga, dong.

Apalagi kalau kamu nggak tinggal sendiri kayak di kos, asrama, atau masih tinggal sama orang tua. Di rumah, orang tua pasti mewanti-wanti  kalian buat bantu bersihin rumah. Nyapu, ngepel, bersihin kamar sendiri, dan kegiatan beres-beres lainnya.

Begitu juga kalau tinggal sama orang yang sebelumnya belom kamu kenal. Jangan sampai temen-temen satu kos atau asrama kesel sama kamu karena kamu jorok dan bisanya bikin berantakan doang.

Tapi, bukan berarti kalian bisa seenaknya waktu tinggal sendiri. Meskipun tinggal sendiri, tempat tinggal yang kotor dan berantakan cuma bikin kehidupan sehari-hari jadi enggak nyaman. Bahkan, bisa membawa berbagai penyakit, loh! Jangan sampe, deh. 

Biar kamu makin percaya dan yakin kenapa kebersihan hunian itu penting banget buat dijaga, Dekoruma punya lima manfaat yang bakal kamu rasain kalau tempat tinggalmu itu rapi dan bersih.

Advertisement

1. Hama-hama seperti kecoa dan tikus minggal dari rumah!

Sumber: Nozzle Nolen

Sumber: Nozzle Nolen via https://nozzlenolen.com

Mungkin ada sedikit orang yang nggak takut atau jijik sama binatang-binatang ini. Tapi, kalau kamu salah satu dari sekian banyak orang yang takut dan jijik banget sama kecoa, tikus, cicak, dan binatang-binatang pengganggu lainnya, menjaga kebersihan tempat tinggal mastiin hewan-hewan ini nggak bakal datang ke rumah.

Hama-hama ini biasanya tertarik sama keadaan yang kotor dan berantakan. Misalnya, sisa-sisa makanan yang jatuh ke lantai, sampah yang numpuk dan ngeluarin bau tidak sedap, atau makanan kadaluarsa di lemari dapur yang dibiarin aja di situ.

Advertisement

Lebih parahnya lagi, kalau mereka menetap dan berkembang biak. Selain jadi makin banyak, hama-hama bawa kuman dan bakteri yang jadi sumber penyakit.

2. Rumah jadi wangi, bebas bau tidak sedap yang mengganggu

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Tempat tinggal yang bersih dan nyaman bukan cuma yang rapi tanpa barang berserakan, tapi juga hunian yang wangi. Karena percuma kalau rumah rapi, tapi aroma tidak sedap tercium di mana-mana. Bakal ganggu banget dan bikin kamu jijik setiap hari, deh.

Supaya nggak kejadian, kebiasaan gampang yang harus selalu dilakukan adalah jangan menunda membuang sampah, apalagi sampah basah dan enggak menumpuk cucian kotor dengan sisa makanan. Sampah dan sisa makanan yang numpuk dan busuk bakal bikin bau nyebar ke mana-mana.

Advertisement

3. Tubuh jadi jarang terserang penyakit

Sumber: Dr. Kellyann

Sumber: Dr. Kellyann via https://drkellyann.com

Kalau kamu tinggal di suatu tempat dan malah jadi sering sakit di bagian pernapasan atau muncul alergi-alergi, bisa jadi itu karena kebersihannya nggak terjaga. Debu, tungau, sampai bakteri yang enggak kelihatan akan menumpuk, menempel di kulit, atau terhirup kalau nggak rutin dibersihkan.

Hal-hal inilah yang bikin kamu jadi rentan untuk sakit atau alergi. Bahkan, dalam kondisi yang parah, hunian yang kotor bisa menyebabkan serangan asma, lho! Jadi, rutin bersihkan rumah, ya, terutama dari debu di permukaan meja TV, sela-sela laci, dan tempat-tempat tersembunyi lainnya. Ventilasi yang baik juga ngebantu banget untuk mencegah.

4. Rumah bersih bikin stres berkurang!

Sumber: Adobe Stock

Sumber: Adobe Stock via https://stock.adobe.com

Jangan anggap sepele tempat tinggal yang berantakan karena udah banyak riset yang membuktikan kalau hunian yang berantakan itu bisa memperparah stress. Ah masa, sih? Kenapa gitu? Dari yang paling gampang, kamu jadi kesulitan dan ngeluarin banyak energi cuma buat nemuin barang-barang yang kamu cari karena rumah yang berantakan. 

Situasi kayak gini aja bisa memperparah tingkat stress kamu, lho. Belum lagi kalau kamu jadi gampang sakit dan alergi. Supaya nggak seperti ini, rumah yang rapi dan bersih bakal mengurangi tingkat stress kamu. Mood pun bakal lebih terjaga dan menyenangkan. 

5. Tamu jadi betah berlama-lama nongkrong di rumah kita

Sumber: The Sun

Sumber: The Sun via https://www.thesun.co.uk

Keadaan-keadaan di atas nggak bikin kamu sadar juga? Mungkin kamu perlu malu dulu biar sadar kalau rumah yang berantakan dan kotor bukan cuma berdampak buat kesehatan dan gaya hidup sendiri, tapi juga pergaulan dan persepsi orang ke kamu, lho. Kok bisa?

Bayangin kalau tempat tinggalmu kotor, berantakan, dan ada tamu yang datang ke sana. Tamu-tamu ini terus lihat keadaan tempat tinggalmu. Malu banget, enggak, sih? Selain mereka jadi nggak nyaman, bisa-bisa kamu malah jadi bahan omongan di antara mereka. 

Nah, banyak, kan, manfaatnya kalau kamu menjaga tempat tinggal tetap bersih dan rapi. Apalagi dengan kita yang lebih banyak beraktivitas di rumah selama pandemi, menjaga kebersihan bakal bikin kamu selalu betah dan nyaman di rumah.

Bukan cuma itu, tempat tinggal yang rapi dan bersih juga mendukung desain interior dari hunian itu sendiri, loh.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE