5 Masjid Destinasi Wisata Religi Paling Ramai Dikunjungi Saat Ramadhan

Berdoa menjelang Ramadhan agar semua masalah dapat segera teratasi dan bisa berkunjung wisata religi berikut ini.

Tidak terasa, dalam hitungan hari kita akan kembali dengan bulan suci, bulan penuh rahmat, yaitu Bulan Ramadhan tahun 2020 yang akan jatuh pada tanggal 23 April mendatang. Salah satu hal yang paling banyak dicari pada bulan Ramadhan, yaitu destinasi wisata religi seperti Masjid untuk mengisi waktu ngabuburit menunggu waktu berbuka atau beribadah jamaah.

Sebagai negara dengan penduduk mayoritas pemeluk agama Muslim, Indonesia memiliki beragam Masjid dengan keunikan daerah masing-masing. Berikut ini telah kami rangkum 5 Masjid yang paling banyak diminati sebagai referensi destinasi wisata disaat bulan Ramadhan tiba.

Advertisement

1. Masjid Baiturrahman, Aceh, Indonesia

Masjid Baiturrahman, Aceh

Masjid Baiturrahman, Aceh via https://nyikreuh.com

Masjid ini berdiri pada tahun 1612 oleh Sultan Iskandar Muda Aceh dan masjid ini pernah terkena Tsunami pada tahun 2004 tetapi kondisinya tetap baik-baik saja Subhanallah, kuasa Tuhan. Masjid ini merupakan salah satu masjid yang sederhana tapi terkesan dinamis dengan warna netralnya berwarna putih dan kubah berwarna hitam.

Masjid ini juga ada hiasan kolam air mancur dan bisa direkomendasikan untuk para traveller berkunjung kesana. Selain nanti beribadah untuk umat Islam, para traveller juga akan disuguhkan oleh pemandangan sekitar masjid yang luas dan tanpa batas. Tidak lupa nanti para traveller akan tahu sejarah dari pembangunan masjid dan keajaiban tragedi Tsunami tahun 2004 di masjid ini. Dijamin seru karena salah satu ikon wisata yang wajib dikunjungi di Aceh.

Advertisement

2. Masjid Menara Kudus, Jawa Tengah, Indonesia

Masjid Menara Kudus, Jawa Tengah

Masjid Menara Kudus, Jawa Tengah via https://pesona.travel

Masjid ini dibangun pada tahun 1549 oleh Sunan Kudus dengan batu pertama dari Baitul Maqdis. Bangunan tersebut termasuk unik karena jika dilihat dari bangunannya merupakan perpaduan antara budaya Islam dan Hindu. Warna dari masjid ini merah bata dan menara masjid mirip dengan candi. Masjid sederhana ini bisa dijadikan sebagai tempat wisata sejarah dan religi.

3. Masjid Agung Demak, Jawa Tengah

Masjid Agung Demak, Jawa Tengah

Masjid Agung Demak, Jawa Tengah via https://teknolagi.id

Masjid ini adalah salah satu masjid tertua yang ada di Indonesia dibangun pada tahun 1479. Sesuai dengan namanya masjid ini terkesan agung dan sederhana dengan tampilan yang khas dan menawan membuat yang memandang tidak bosan dan menjadi khusyuk. Masjid ini menjadi tempat berkumpulnya para Wali Songo dalam menyebarkan Islam saat itu. Masjid ini cocok untuk tempat wisata sejarah dan religi.

4. Masjid Istiqlal, Jakarta

Advertisement
Masjid Istiqlal, Jakarta

Masjid Istiqlal, Jakarta via https://elshinta.com

Masjid Istiqlal merupakan salah satu masjid paling ternama di Indonesia yang dibangun pada tahun 1951 tepat bersebrangan dengan Gereja Katedral yang melambangkan unsur tolenrasi antar umat beragama. Sebagai Masjid dengan paling besar di Asia Tenggara, Masjid Istiqlal mampu menampung hingga 200.000 jamaah.

Masjid Istiqlal tidak hanya digunakan sebagai tempat beribadah saja. Namun, juga digunakan sebagai tempat persinggahan bagi para musafir yang sedang datang ke Jakarta. Fasilitas yang sediakan oleh pengurus Masjid Istiqlal juga terbilang sangat baik.

Saat Ramadhan tiba, pengunjung Masjid akan semakin bertambah. Beragam acara keagamaan, seperti buka bersama, hingga kajian-kajian juga rutin diadakan.

5. Masjid Agung, Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah via https://www.brobali.com

Selanjutnya adalah Masjid Agung di Jawa Tengah yang diresmikan pada tahun 2006 oleh Presiden ke-4 Indonesia, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Masjid ini merupakan salah satu wisata religi yang cukup ramai dikunjungi, bahkan diluar dari bulan Puasa sekalipun.

Jika kamu datang di hari Jum'at dan sedang dalam cuaca cerah, kamu akan merasakan suasana layaknya sedang berada di Masjid Nabawi Madinah dengan adanya enam payung berukuran raksasa yang dibuka.

Nah, itulah 5 masjid yang wajib para traveller ketahui sebagai referensi saat berkunjung ke beberapa wilayah tersebut. Dengan tampilan masjid yang indah, megah, dan menawan ataupun sederhana membuat para pengunjung merasakan kenyamanan dan kekhusyukan saat beribadah.

Selain itu, dengan berkunjung ke tempat-tempat religi juga membantu para traveller untuk flashback ke masa lalu dengan wisata sejarahnya dan bisa merenungkan untuk mempelajari lebih lanjut agama Islam lewat bangunan tersebut alias wisata religinya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE