Masjid adalah tempat untuk kaum muslim lakukan beribadah sholat. Terkecuali dipakai untuk lakukan sholat masjid juga digunakan jadi pusat untuk melaksanakn aktivitas yang terkait dengan umat islam seperti untuk lakukan pengajian, serta umumnya masjid digunakan untuk anak anak kecil sampai orang dewasa untuk belajar Al- Qur’an atau mengaji.

Menurut histori islam, masjid begitu bertindak perlu untuk kegiatan sosial dalam masyarakat, ekonomi atau bahkan juga kemiliteran, serta dapat disebutkan juga masjid adalah pilar paling utama untuk menebarkan agama islam. Bahkan juga pada sekarang ini bangunan masjid sudah berada di mana mana dari pedeseaan sampai perkotaan sudah ada bangunan masjid.

Tiap-tiap bangunan masjid peranan dari seseorang pembuat kubah untuk masjid juga diperlukan dan harga kubah masjid di setiap produsennya juga akan berlainan. Dan umumnya masjid ada yang menggunakan kubah serta ada yang tidak menggunakan kubah hal tersebut juga tidak memengaruhi bangunan dari masjid karna pada intinya kubah sendiri tidak datang dari kebudayaan islam.

1. Masjid Quba

Masjid-Quba-front

Masjid-Quba-front via https://www.islamiclandmarks.com

Masjid Quba ini adalah masjid yang tertua didunia sebab masjid ini adalah masjid pertama yang dibuat oleh Nabi Muhammad SAW pada 622 masehi. Diluar itu masjid ini mempunyai histori yang tinggi untuk muslim yang berada di seluruh dunia. Letak masjid ini ada di 5 km sisi tenggara kota madinah. Awalannya bangunan masjid ini masih tetap sederhana serta dengan berjalannya waktu masjid ini sudah dikerjakan perbaikan berkali-kali.

2. Masjid Nabawi

Masjid Nabawi ini adalah masjid tertua yang berada di dunia ke dua yang dibuat oleh Nabi Muhammad SAW sesudah membuat masjid Quba. Terkecuali masjid tertua yang berada di indonesia masjid ini adalah masjid paling besar ke-2 yang berada di dunia.

Advertisement

Menurut histori tempat masjid ini berdiri dulunya merupakan tempat untuk penjemuran kurma punya anak yatim yang lalu dibeli oleh Nabi Muhammad SAW untuk membuat masjid dan untuk membuat tempat tinggal beliau.

3. Masjid al – Qiblatain

Front-of-Masjid-Qiblatain

Front-of-Masjid-Qiblatain via https://www.islamiclandmarks.com

Masjid Al – Qiblatain ini adalah masjid tertua yang ada di madinah. Di masjid ini adalah tempat Nabi Muhammad SAW terima wahyu untuk mengubah arah kiblat ke Mekkah yang terlebih dulu arah kiblat ada di masjidil aqsha di yerussalem palestina. Makna dari Masjid al – Qiblatain ini mempunyai makna yaitu masjid dua kiblat, serta awal mulanya masjid ini awal mulanya bernama masjid Bani Salamah.

4. Masjid Jawatha

jawatha-mosque-in-hofuf-saudi-arabia-06

jawatha-mosque-in-hofuf-saudi-arabia-06 via https://www.beautifulmosque.com

Masjid Jawatha ini ada di desa al – kilabiyah, lebih persisnya ada di samping timur laut hofuf, al – ahsa Arab Saudi. Masjid Jawatha ini yaitu masjid pertama yang dibuat dibagian timur di arab saudi. Masjid Jawatha ini dibuat pada th. ke 7 hijriah oleh suku bani abdul qais yang tinggal di daerah sana. Saat ini beberapa besar masjid ini cuma berbentuk reruntuhan namun masih tetap digunakan untuk sebagian orang.

5. Masjid Al – Haram

A_packed_house_-_Flickr_-_Al_Jazeera_English

A_packed_house_-_Flickr_-_Al_Jazeera_English via https://en.wikipedia.org

Advertisement

Masjid Al – Haram ini sudah lakukan sekian kali perbaikan dan menambahkan bangunan yang berada di sekitaran masjid ini. Di luar itu masjid ini dipandang juga tempat paling suci oleh kaum muslim semua dunia sebab disini ada bangunan Ka’bah, yang mana bangunan ka’bah ini yaitu kiblat dari kaum muslim di semua dunia.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya