5 Masker Alami Terbaik Untuk Kulit Wajah Kala Menghadapi Cuaca Panas

Masker aman untuk cuaca panas

Cuaca panas bisa menjadi musuh alami untuk kulit wajah, terlebih bagi yang memiliki jenis kulit kering. Setelah diterapkan era 'new normal', beraktivitas di luar ruangan sudah tidak bisa dihindari lagi. Agar kesehatan serta kecantikan kulit senantiasa terjaga, ritual kecantikan tentunya tidak bisa ditinggalkan seperti penggunaan sunscream atau vitamin untuk kulit wajah. Kegiatan maskeran di malam hari sebelum tidur juga menjadi hal yang wajib dilakukan, terutama setelah kulit wajah menghadapi cuaca panas seharian. Jenis masker apa yang cocok digunakan untuk menghadapi cuaca panas, berikut list rekomendasinya.

Advertisement

1. Madu

Photo by stevepb on pixabay

Photo by stevepb on pixabay via http://pixabay.com

Selain dikenal sebagai makanan yang menyehatkan, madu juga dikenal mampu memberikan kecantikan alami bagi kulit wajah. Madu sendiri sangat dikenal kaya akan antioksidan, antiseptik, dan antibakterial yang berguna untuk mengatasi jerawat, melembapkan kulit, membersihkan pori-pori sekaligus menghilangkan komedo, membantu mencerahkan wajah, menghilangkan bekas luka serta pigmentasi gelap pada kulit, dan lainnya.

2. Pepaya

Photo by 3centista on pixabay

Photo by 3centista on pixabay via http://pixabay.com

Pepaya dikenal memiliki berbagai sumber vitamin, diantara vitamin A, B, dan C. Selain kandungan vitamin, pepaya juga mengandung berbagai enzim proteolitik seperti papain dan chymopapain (sangat berguna sebagai antibakteri, antivirus, dan anti jamur). Dengan berbagai kandungan vitamin dan enzim yang dimilikinya, pepaya memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit wajah seperti melembapkan, mengatasi mata panda, mencerahkan kulit wajah, menyembuhkan jerawat, mengurangi kerutan, serta mengobati melasma dan pigmentasi

3. Mentimun

Photo by stevepb on pixabay

Photo by stevepb on pixabay via http://pixabay.com

Pada saat cuaca panas, penggunaan masker mentimun memang sangat direkomendasikan. Sayuran yang satu ini dikenal mampu membuat kulit tetap sejuk, segar, dan tetap lembab, hal ini dikarenakan kandungan air yang sangat melimpah serta vitami A, C, folat, serta asam kafeik yang bersifat sebagai antiradang dan antioksidan. Manfaat lainnya dari masker satu ini yakni mampu mengurangi iritasi serta kulit bengkak, mengobati kulit terbakar, dan mengobati jerawat.

4. Tomat

Photo by Pavlofox on pixabay

Photo by Pavlofox on pixabay via http://pixabay.com

Kandungan antioksidan yang tinggi serta vitamin C melimpah menjadikan tomat sangat cocok digunakan sebagai masker alami di cuaca panas. Selain itu, tomat juga memiliki kandungan kalium, vitamin A, vitamin B, serta magnesium. Untuk kesehatan kulit wajah, penggunaan masker tomat memiliki banyak manfaat seperti melembapkan kulit wajah, menghilangkan sel kulit mati, menyamarkan pori-pori, mencegah jerawat, mencerahkan wajah, memperlambat penuaan, dan lainnya.

5. Alpukat

Photo by Shutterbug75 on pixabay

Photo by Shutterbug75 on pixabay via http://pixabay.com

Alpukat masuk kategori buah yang kaya akan antioksidan (seperti beta karoten, lesitin, asam linoleat, dan asam linolenat) yang sangat berguna untuk melembapkan kulit secara alami (kulit kering, pecah-pecah, dan bersisik). Selain itu, alpukat juga mengandung banyak vitamin seperti vit. C dan E yang mampu mencegah kulit dari radikal bebas yang berguna untuk mencegah penuaan dini, mendukung serat kolagen, dan lainnya. Kandungan asam laurat pada alpukat juga dipercaya mampu menyembuhkan jerawat, pasalnya asam satu ini memiliki sifat antiperadangan. Kandungan asam lemak esensialnya juga mampu membuat kulit wajah semakin halus.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang hamba Allah yang mencoba menjadi orang baik dan membuat sebuah karya tulisan yang bermakna

CLOSE