5 Model Jendela Minimalis Unik yang Bikin Rumah Makin Stylish

Desain Jendela Minimalis Anti-Mainstream

Jendela di rumah pasti bentuknya kotak, kan? Atau mungkin beberapa ada yang desainnya melengkung di bagian atas. Eits! Jangan salah, jendela rumah emang kebanyakan bentuknya persegi panjang atau kotak, tapi ternyata masih banyak bentuk jendela lain yang enggak itu-itu aja.

Jadi sumber penerangan alami dari cahaya matahari yang masuk ke rumah dan ventilasi, jendela itu penting banget buat dipasang. Setidaknya satu ruangan harus ada satu jendela, deh, idealnya.

Cuma menariknya, jendela itu salah satu elemen desain rumah yang berpengaruh buat eksterior dan interior rumah sekaligus, loh. Kalau jendela rumahmu punya desain yang keren, tampilan luar rumah juga jadi kelihatan keren. Begitu juga bagian dalemnya, kan.

Sebenernya jendela yang bentuknya konvensional aja juga bisa bikin rumahmu tampil indah. Misalnya dari pemilihan warnanya, bingkainya, atau desain teralisnya. Tapi, ada enggak, sih, model jendela yang beda dari yang lain? Jendela bundar atau segi enam, gitu?

Jangan sedih, pastinya ada, dong. Khusus buat kalian yang pengin tampil beda dan bergaya, bentuk-bentuk jendela saat ini udah beragam banget. Desainnya unik dan menarik, bisa bikin rumah kamu punya tampilan yang khas dan gampang dibedain.

Dekoruma udah ngumpulin lima model jendela minimalis anti-mainstream yang menarik buat kamu. Tenang aja, walaupun kelihatannya enggak biasa, jendela-jendela ini juga bisa, kok, dipasang di rumahmu.

Advertisement

1. Jendela Bundar Yang Unik dan Menarik. Bikin Ruangan Penuh Sama Cahaya Matahari dan Terang Banget

Sumber: The Architecture Designs

Sumber: The Architecture Designs via https://thearchitecturedesigns.com

Ini adalah salah satu tren bentuk jendela aneh dan unik yang populer beberapa tahun ke belakang. Inspirasinya dateng dari moon gate khas arsitektur Tiongkok yang oriental, kemudian dipasang di rumah-rumah yang mengusung desain minimalis dan modern. Efeknya dramatis dan menarik banget!

Kamu serasa lagi tinggal di dalem akuarium yang besar dan pemandangan ke luar pun juga jadi luas dan leluasa. Terlebih lagi, limpahan cahaya matahari yang masuk ke rumah. Cocok banget buat pemilik rumah yang suka pencahayaan alami di dalam ruangan.

Advertisement

2. Lebih Unik Lagi, Nih! Jendela Bentuk Oktagon Atau Segi Delapan. Keren Banget Buat Ruangan Anti Mainstream

Nah, kalau kalian pikir jendela bundar aja udah unik, coba lihat yang satu ini, nih. Jendela bentuk oktagon atau segi delapan! Enggak kaleng-kaleng. Sebagai informasi, kamar mandi berjendela oktagon dan punya pemandangan spektakuler ini adalah kamar mandi hotel bintang lima Ritz-Carlton di Singapura.

Kalian bisa tiru desain ini di kamar mandi kalian. Saat berendam di bathtub bisa sambil ngelihat pemandangan taman atau halaman rumah. Tentunya, jendela ini bisa dipasang di ruangan lain kayak di ruang kerja.

Jendela oktagon besar kayak gini yang membelakangi meja kerja dan diapit dua rak buku di sisinya bakal kasih suasana yang dramatis. Aksen yang unik dan menarik banget untuk berbagai ruangan.

Advertisement

3. Tajam dan Menawan. Jendela Segitiga Yang Bikin Eksterior Rumah Jadi Keren dan Futuristik. Bisa Buat di Loteng Juga, Loh

Sumber: ArchDaily

Sumber: ArchDaily via https://www.archdaily.com

Abis bundar dan segi delapan, ada juga jendela berbentuk segitiga. Sudut-sudutnya yang tajem ngasih efek yang modern dan futuristik banget. Serasa lagi di galeri seni atau planetarium yang serba canggih. Jendela segitiga ini cocok buat rumah yang kontur atapnya berundak dan enggak terlalu tinggi seperti di gambar.

Bukan cuma di ruangan utama aja, jendela segitiga sebenernya udah sering ditemukan di loteng rumah. Terutama buat loteng yang difungsikan jadi ruangan tinggal, jendela segitiga bakal bikin loteng jadi terang dan terasa luas.

4. Backsplash Dapur Dari Tembok Atau Keramik? Udah Biasa! Lihat Jendela Backsplash Yang Satu Ini Buat Dapur Terang dan Terasa Luas

Sumber: Homedit

Sumber: Homedit via https://www.homedit.com

Selama ini yang kita tahu, backsplash dapur atau area kosong di antara bagian atas konter dapur dan bagian bawah kabinet dihias pakai cat dinding atau keramik yang senada sama kitchen set. Ternyata, backsplash juga bisa ditambahkan jendela sesuai sama ukurannya.

Jendela backsplash ini juga jadi salah satu tren buat dapur saat ini, khususnya di luar negeri. Bentuknya persegi panjang dengan ukuran yang lebar dan enggak terlalu tinggi.

Dengan begini, kalian bisa terhibur sama pemandangan selama memasak. Ada jendela juga berarti cahaya matahari dan udara segar bisa masuk ke dapur. Bikin dapur jadi makin terasa terang dan lapang, deh.

5. Kotak? Bukan. Segitiga? Bukan. Bundar? Bukan. Terus Apa, Dong? Jendela Besar Yang Ngikutin Kontur Atap Rumah. Kece, Kan?

Sumber: Architectural Digest

Sumber: Architectural Digest via https://www.architecturaldigest.com

Daritadi kita udah lihat kalau selain jendela persegi panjang atau persegi, ada jendela bundar, jendela segi delapan, dan jendela segitiga. Tapi, gimana kalau jendela didesain buat ngikutin bentuk dinding dan kontur atap rumah? Hasilnya seperti yang ada di foto.

Kelihatan kalau seperempat bagian jendela berbentuk persegi panjang, tapi tiga per empat bagian di sebelah kiri menukik ke atas dan membentuk segitiga mengikuti atap yang menanjak.

Unik banget, kan? Kelihatan kalau bingkai jendelanya tipis banget di bagian samping dan jendelanya didominasi kaca semua yang bikin ruang makan jadi terang. 

Gimana, keren-keren banget, kan? Pasang jendela kayak gini rumah otomatis bakal tampil bergaya banget. Lebih lanjut, nilai jual utama dari jendela-jendela ini adalah pemandangan yang didapet waktu ngelihat keluar. 

Jadi, pastikan pemandangan ke luar rumah juga bisa dinikmatin, ya. Terus, jangan halangi jendela sama benda apapun. Misalnya jendela jadi ketutupan rak buku atau rak TV. Wah, sayang banget itu. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE