5 Model Partisi Outdoor Taman Rumah yang Instagrammable

Mendesain dan membangun taman hunian yang asri dan cantik bukan perkara mudah, loh. Dalam arsitektur dan desain interior, merancang taman masuk ke dalam cabang lain, yaitu landscaping atau landscape architecture. Yang melakukannya disebut landscape architect atau arsitek lanskap.

Berurusan sama area luar ruangan (outdoor) dan kadang dalam ruangan (indoor) juga, seorang arsitek lanskap yang mahir pasti tahu gimana banyaknya fitur dan aspek desain yang membentuk sebuah taman. Sering kali, lebih kompleks daripada arsitektur bangunan rumah atau desain interior.

Ini karena arsitek lanskap perlu mengatur tanaman-tanaman yang akan ditaruh, jenis batu yang akan digunakan, penempatan kolam, air mancur, atau air terjun mini kalau klien meminta. Belum lagi permintaan-permintaan yang enggak biasa kayak zen garden ala Jepang, tanaman-tanaman eksotis, dek untuk jadi area duduk outdoor, area barbecue, dan masih banyak lagi. Apalagi kalau ukuran tamannya luas dan banyak lahan yang bisa digarap jadi bermacam-macam fungsi.

Mirip seperti area dalam ruangan, taman yang luas juga perlu sekat atau pembatas antar area. Jadi, tugas arsitek lanskap juga buat membangun partisi outdoor yang menawan dan sesuai sama tema desain yang diangkat pada taman. Inspirasinya bisa bermacam-macam dan dipengaruhi juga dari keseluruhan desain taman.

Dekoruma punya lima inspirasi model partisi outdoor buat taman rumah yang keren dan cantik. Bikin taman di rumah jadi makin Instagrammable, deh!

Advertisement

1. Bikin Partisi Sendiri dari Material Ramah Lingkungan. Papan Kayu yang Enggak Terpakai Disulap Jadi Partisi Warna-warni

Sumber: Homebase

Sumber: Homebase via https://www.homebase.co.uk

Bikin partisi outdoor buat taman rumah enggak harus selalu dari material baru dan mahal. Kalau kalian punya papan kayu yang enggak terpakai, daripada dibuang bisa disulap jadi partisi outdoor yang unik dan gemesin kayak gini. Jangan lupa cat ulang papan kayu supaya kelihatan lebih cantik.

Bisa dibikin satu warna atau warna-warni kayak gini. Tingginya pun juga bisa sama semua atau bervariasi. Dengan warna yang beragam dan tinggi yang beda-beda, partisi yang memisahkan area duduk yang dilengkapi bantal, karpet, beragam aksesoris, dan sofa minimalis di taman dengan area rumput ini tampak menarik.

Advertisement

2. Nuansa Alami dan Zen Yang Khas Dari Partisi Bambu di Taman. Cocok Buat Taman Rumah Bergaya Jepang

Sumber: Bamboo Import

Sumber: Bamboo Import via https://bambooimport.com

Selain bisa jadi tanaman yang bikin halaman rumah jadi makin asri, bambu juga material yang cocok untuk partisi outdoor yang menarik dan instagrammable. Warna cokelat dan tekstur ruas-ruasnya yang khas memberikan tampilan alami dan zen pada taman.

Apalagi kalau kamu memutuskan buat mendesain taman di rumah dengan bernuansa Jepang. Partisi bambu bakal jadi aspek yang selaras. Bersama bonsai, zen garden, bebatuan kerikil, gazebo, dan elemen-elemen desain unik dan khas taman bergaya Jepang lainnya. 

3. Partisi Model Teralis, Berikan Tempat yang Pas Buat Menumbuhkan Aneka Tanaman Rambat di Taman Rumah

Advertisement
Sumber: The Spruce

Sumber: The Spruce via https://www.thespruce.com

Bagi kamu yang gemar menanam tanaman merambat, pasang saja partisi taman dengan model teralis kayak gini. Lubang-lubang yang ada bakal jadi tempat yang pas buat tanaman merambat kayak sirih gading atau bunga bougenville tumbuh. Batang dan daunnya bakal melingkari partisi, bikin suasana makin hijau dan asri.

Tanaman rambat yang lebat tentunya juga dimanfaatkan untuk menambah privasi di taman rumah. Jadi, kamu bisa duduk-duduk santai di area duduk dengan lebih nyaman dan privat, tanpa perlu khawatir diintip oleh tetangga sebelah rumah yang langsung berbatasan sama taman. 

4. Simpel, Modern, dan Berkelas. Partisi Besi Dengan Motif Lubang dari Teknologi Laser Cut yang Canggih

Sumber: IRONMALTA.COM

Sumber: IRONMALTA.COM via https://moderndesignmalta.com

Teknik laser cut menggunakan mesin laser canggih yang bisa memotong pola pada material keras seperti besi atau baja sekalipun. Partisi laser cut jadi salah satu tren desain interior belakangan ini karena tampilannya yang menawan dan modern. Baik untuk di dalam ruangan ataupun di luar ruangan seperti ini.

Partisi laser cut biasanya dibuat khusus berdasarkan permintaan klien. Yang berarti, kamu bisa memilih motif yang diinginkan. Ilustrasi di atas merupakan partisi laser cut dengan motif daun. Ada juga yang memilih motif batik, kupu-kupu, atau geometris yang bakal membuat taman jadi modern. 

5. Klasik dan Minimalis. Partisi Dinding Putih yang Timeless dan Masuk ke dalam Semua Gaya dan Desain Taman

Sumber: lovePROPERTY

Sumber: lovePROPERTY via https://www.loveproperty.com

Daritadi inspirasi partisinya lumayan kompleks dan detail, ya. Padahal, kadang yang bersahaja dan klasik juga bisa kelihatan keren. Itulah yang dilakukan pemilik rumah ini dengan tema hitam dan putihnya. Buat menutupi area ruang makan outdoor, dibangun dinding putih polos yang elegan dan minimalis.

Senada sama meja & kursi makan warna hitam dan putih di atas dek kayu. Di depannya ada kolam yang bikin suasana makin segar. Alternatif lain, dinding putihnya juga bisa dibuat dari batu bata putih buat menambah kesan Industrial pada taman. 

Enggak cuma bisa menambah privasi waktu kamu dan keluarga lagi berkebun atau bersantai di taman, tentunya jangan lupa foto-foto, ya, kalau udah pasang partisi-partisi instagrammable kayak gini di rumah. Dari semua inspirasi di atas, kamu paling suka model partisi outdoor yang mana, nih?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE