5 Model Rak Penyimpanan yang Kekinian dan Multifungsi

Ide rak penyimpanan di rumah

Kalian yang sekarang lagi di dalem rumah, coba perhatiin, deh. Tempat buat nyimpen barang di rumah itu di mana aja, sih? Mungkin salah satu dari kalian ada yang nyimpen barang di bawah kasur. Di boks kontainer karena enggak punya lemari atau rak. Terus, ada juga yang di lemari baju, rak buku, kabinet dinding, dan masih banyak lagi.

Ternyata dilihat-lihat ruang penyimpanan barang-barang di rumah banyak juga, ya, jenisnya. Begitu juga rak penyimpanan. Ada rak buku yang tertutup, rak buku terbuka, rak display, rak sepatu, sampai rak TV.

Dari sekian banyak rak yang punya fungsinya masing-masing ini, kalau kamu punya banyak pilihan dan budget yang enggak terbatas, pastinya ingin punya rak penyimpanan yang bagus, dong.

Bukan cuma bisa muat banyak barang dan bikin rumah jadi lebih rapi, tapi tampilannya juga keren dan kekinian. Biar bisa jadi dekorasi juga buat di rumah, kan.

Eits, tapi jangan sedih karena cuma bisa berharap aja. Rak penyimpanan yang muat banyak dan kekinian sekarang udah terjangkau, kok. Bukan cuma jadi ruang penyimpanan aja, beberapa rak di bawah ini juga multifungsi, loh. Jadi kamu bisa lebih ngehemat ruang di dalam rumah.

Dekoruma udah ngumpulin lima rekomendasi rak yang punya desain kekinian dan enggak melupakan fungsinya juga. Bahkan, fungsinya bisa lebih dari satu. Yuk, kita lihat berikut ini:

Advertisement

1. Bukan sulap, bukan sihir. Rak buku sliding yang pintar dalam kasih ruang penyimpanan lebih buat barang-barangmu

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Kalian sering lihat sulap yang triknya pakai tirai atau pintu geser? Rak buku yang satu ini rasanya mirip kayak gitu. Sekilas ini cuma kayak rak buku dua sisi penyimpanan, tapi ternyata bukan sulap, bukan sihir, salah satu sisinya bisa digeser. Pinter banget desainnya.

Dengan begitu, kamu bisa dapet satu area penyimpanan tambahan lagi yang sama luasnya kayak rak buku utama. Kamu bisa nyimpen barang-barang yang jarang dipakai atau lebih privat di belakang rak yang bisa digeser. Bener-bener keren banget!

Advertisement

2. Meski rak display memisahkan, aku dan kamu masih akan tetap satu. Bukan cuma buat nyimpen barang, tapi jadi room divider yang cantik

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Rak display seperti namanya dipakai buat majang barang-barang yang pengin kita lihat terus-terusan. Misalnya tanaman biar ruangan jadi lebih seger, piagam penghargaan, foto-foto bareng keluarga, atau ornamen-ornamen dekorasi buat mempercantik rumah.

Nah, daripada cuma jadi tempat buat nyimpen dan majang barang, rak display kayak gini bisa punya fungsi lain, loh.

Kalau kalian lihat, bagian bawahnya ada ruang penyimpanan tertutup buat kamu nyimpen barang-barang yang lebih besar. Selain itu, strukturnya yang terbuka bikin rak display ini bisa diperuntukan buat room divider atau pemisah ruangan. Lihat? Satu furnitur, banyak fungsi. 

Advertisement

3. Credenza kekinian yang gemesin. perpaduan gaya vintage mid-century modern dan motif geometris di pintu raknya

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Selanjutnya, ada kabinet atau nama lainnya credenza yang punya desain menarik. Credenza ini punya desain vintage ala mid-century modern. Tampak dari bentuknya yang kotak dan kaki kabinetnya yang kurus dan posisinya agak sedikit miring. Ini desain interior yang populer di Amerika Serikat tahun 1950-an, loh.

Enggak cuma tampilan yang retro aja, bagian kiri pintu kabinet ini juga dihiasi sama motif geometris berbentuk kubus yang kasih aksen menarik buat credenza ini. Kontras sama material kayunya, pintu kabinet bagian kanan dikasih warna putih.

Selain jadi tempat penyimpanan kayak rak sepatu atau lainnya, credenza ini juga bisa jadi rak TV, atau meja nakas buat naruh dekorasi dan lain-lain.

4. Rak buku terbuka yang kekinian. Bikin kamu lebih gampang nemuin barang yang dicari dengan harga yang lebih hemat

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Buat kamu yang enggak mau ribet dan praktis, rak buku terbuka model gini mungkin bisa jadi pilihan yang sesuai. Mengambil inspirasi dari desain Skandinavia yang serba simpel dan tegas, rak buku model terbuka seperti ini berhasil memadukan fungsionalitas yang praktis dan estetika ala Skandinavia.

Bukan cuma tampil menarik dan kamu punya akses yang lebih mudah ke barang-barang yang ditaruh di situ, rak buku ini juga jadi yang paling terjangkau di daftar ini, loh. Jadi, mungkin kamu mahasiswa yang lagi mau beli rak buku pertamanya, ini bakal cocok.

5. Jangan biarin tampilan sederhananya mengecoh kamu! Rak penyimpanan terbuka yang bisa berdiri atau tidur

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Rak buku terbuka yang satu ini lebih sederhana lagi dibandingin rak buku yang ada di nomor empat. Bisa dibilang ini rak buku buat mereka yang lebih butuh fungsi daripada estetika. Tunggu dulu, keuntungan rak buku dengan desain sederhana kayak gini adalah kemampuannya buat menyatu sama interior ruangan yang ditempatinnya.

Dengan warna putih dan bentuk yang enggak neko-neko, rak buku ini bisa cocok dipasangkan sama warna dinding apa saja, material lantai yang seperti apapun, atau dipasang di sebelah furnitur yang beraneka ragam.

Bukan cuma itu aja, loh, satu keunggulan lain adalah seberapa multifungsi rak buku ini. Posisinya bisa berdiri kayak di foto, tapi bisa juga ditidurin supaya enggak terlalu tinggi dan menghalangi pandangan di dalam ruangan. Sesuaikan sama kebutuhan kalian di rumah.

Pada dasarnya, rak penyimpanan perlu dipasang di rumah buat menjaga barang-barang di rumah tersimpan rapi. Bukan cuma rak yang bisa dibeli sendiri, kalian juga bisa bikin sendiri rak custom dengan bantuan jasa desain rumah.

Ataupun mereka biasanya juga punya cara buat mengintegrasikan rak-rak berdesain simpel yang bisa dibeli di toko, supaya lebih menyatu sama keseluruhan desain interior rumah. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE