5 Model Tangga Industrial, Bikin Hunian Jadi Lebih Berkarakter!

Ide Desain Tangga Rumah Industrial yang Keren

Masih bertengger pada posisi salah satu desain interior paling populer selama dua dekade terakhir, desain interior Industrial jadi pilihan untuk mereka yang pengin huniannya punya tampilan minimalis yang lebih tangguh, maskulin, dan tegas, tapi tetap menawan dan bergaya.

Menarik bagaimana desain interior yang awalnya muncul sebagai upaya untuk menghemat biaya dekorasi dan aksesoris rumah bertransformasi jadi simbol gaya interior yang berkarakter, berselera tinggi, dan dikagumi. Enggak cuma untuk rumah tinggal aja, restoran, kafe, dan tempat-tempat publik berlomba-lomba memamerkan interpretasi desain Industrial-nya.

Selain punya estetika yang khas, Industrial juga menawarkan fleksibilitas untuk dipadukan dengan gaya interior lain. Muncullah adopsi gaya seperti Scandinavian-Industrial (Scandustry) yang membuatnya lebih membumi, lembut, dan mudah diterima oleh lebih banyak orang.

Makanya, unsur Industrial di rumah juga bisa hadir sebagai aksen alih-alih keseluruhan gaya. Misalnya pada dinding, lantai, plafon, atau tangga. Salah satu ciri khas Industrial yang paling kentara adalah material eksposnya yang efeknya paling terasa pada struktur besar rumah.

Tangga adalah salah satunya yang bisa menjadi aksen dekorasi bergaya Industrial yang jadi focal point dari area ruang tengah. Perlu diingat bahwa material bangunan yang membentuk gaya Industrial di antaranya adalah batu bata, beton, kayu, dan logam. 

Meski terdiri dari bahan-bahan bangunan yang standar, penggunaannya pada tangga yang didesain sedemikian rupa bakal memberikan tampilan ruangan yang dramatis dan menawan. Dekoruma sudah mengumpulkan lima contoh gimana tangga di rumah bisa dibuat dengan gaya Industrial kayak gini.

Advertisement

1. Tampilan Klasik Industrial Dengan Tangga Dari Baja Ringan Warna Hitam. Perhatikan Juga Dinding Panel Kontainer di Sampingnya

Sumber: Dwell

Sumber: Dwell via https://www.dwell.com

Dimulai dari desain tangga Industrial yang paling mendasar, tapi selalu efektif dan kelihatan menawan. Tangga dari baja ringan warna hitam berbentuk letter U. Semuanya terbuat dari baja, anak tangga, railing, dan rangka tangga. Modelnya timeless dan enggak neko-neko dengan area bordes yang lumayan luas.

Enggak sampai di situ aja, sebagai aksen tambahan yang juga masih bernuansa Industrial, dinding pembatas tangga dibuat menggunakan panel kontainer. Menggunakan material daur ulang seperti ini juga merupakan salah satu ciri khas desain Industrial yang menarik untuk dilakukan.

Advertisement

2. Hadirkan Elemen Earthy Yang Lebih Kalem Melalui Anak Tangga Kayu, Menyeimbangkan Tangguhnya Rangka dan Railing Besi

Sumber: Silent Rivers

Sumber: Silent Rivers via https://silentrivers.com

Langkah lain yang juga sering dilakukan untuk tangga model Industrial adalah menggabungkan kayu dan besi sebagai dua material utama. Anak tangga menggunakan kayu berwarna cokelat muda seperti ini yang membuat tampilan tangga jadi tidak terlalu maskulin dan kuat.

Lalu, elemen besi masih ada pada rangka dan railing tangga yang terlihat tangguh. Keduanya saling menyeimbangkan dan memberikan tampilan Industrial yang lebih mudah untuk dipasangkan sama gaya interior lain.

3. Saat Materialnya Gitu-gitu Aja, Kreasikanlah Bentuk Tangganya. Perpaduan Desain Lurus dan Spiral Yang Unik

Advertisement
Sumber: Decoist

Sumber: Decoist via https://www.decoist.com

Sebenarnya, penggunaan material tangga Industrial bakal itu-itu aja. Kalau enggak kayu, ya, logam. Mungkin beton, tapi kurang ideal karena bobotnya yang berat. Variasi keduanya memang ada dan banyak, tapi pada dasarnya hanya seputar dua bahan bangunan ini. Makanya cara lain untuk kasih tampilan tangga Industrial yang menarik adalah bermain sama desainnya. 

Seperti yang dilakukan pemilik rumah ini yang menggabungkan tangga lurus dan spiral. Bagian bawah tangga sedikit berbelok, kemudian lurus, berbelok lagi, dan lurus lagi di bagian paling atas. Dinding bata ekspos dan lampu gantung juga semakin memperkuat elemen Industrial di ruangan ini.

4. Tangga Spiral dari Besi Warna Hitam. Ikonik dan Klasik Khas Industrial dengan Ukiran Untuk Aksen Menarik

Sumber: Home Stratosphere

Sumber: Home Stratosphere via https://www.homestratosphere.com

Setelah berkreasi sama bentuk tangga yang inkonvensional, kembali lagi ke bentuk tangga yang klasik dan timeless khas Industrial, tangga spiral. Punya tangga spiral, tuh, serasa tinggal di apartemen loft di New York yang banyak memakai model ini. Yang juga jadi tempat dimulainya desain Industrial.

Secara desain dan material, semuanya standar dengan besi warna hitam. Satu hal yang menarik adalah aksen ukiran pada anak tangga yang mempercantik dan memberikan tampilan segar pada tangga spiral ini. Kalau dilihat lebih detail, ada nuansa vintage juga yang berkarakter. 

5. Variasi Lain Dari Tangga Industrial Kayu dan Besi, Hadirkan Kisi-kisi Besi Sebagai Railing dan Rangka Tangga

Sumber: Dwell

Sumber: Dwell via https://www.dwell.com

Kembali lagi ke tangga Industrial dengan besi dan kayu, cara lain untuk memberikan tampilan baru adalah menggunakan railing dan rangka dengan model kisi-kisi seperti ini. Kisi-kisi tangga yang menempel ke plafon seperti contoh di atas jadi salah satu tren desain interior belakangan ini yang bisa ditiru.

Batang-batang besi dipasang vertikal, memberikan tampilan seperti partisi ruangan pada tangga. Selain jadi lebih kelihatan bertekstur, menggunakan railing seperti ini juga meningkatkan keamanan penghuni rumah yang naik dan turun tangga agar tidak terjatuh.

Kalau kamu punya kesempatan bangun rumah dari nol dan bisa mendesain tangga sendiri, inspirasi-inspirasi ini mungkin bisa jadi ide yang bisa ditiru. Supaya hasilnya lebih maksimal, serahkan saja kepada jasa desain interior terpercaya di kota-mu, seperti desain interior Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, atau desain interior Medan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE