5 Model Tangga Minimalis Keren untuk Ruangan yang Sempit

Desain Tangga Minimalis Estetik

Di setiap tempat tinggal dan bangunan dua lantai atau lebih, kehadiran tangga enggak boleh absen. Kalau di rumah enggak ada tangga, gimana bisa naik ke lantai atas, dong. Seperti yang bisa kalian lihat sendiri, tangga adalah salah satu elemen desain dan fungsional rumah yang paling makan tempat.

Menyambungkan lantai satu dan lantai dua, tangga udah pasti punya ukuran yang tinggi. Semakin tinggi dan jauh jarak antar pijakannya, bakal semakin tinggi juga tangganya. Belum lagi bentuk tangga yang beragam.

Ada tangga bentuk huruf L, huruf U, double L, split-level dengan dek penyambung, dan variasi-variasi lain. Semakin rumit desain tangga yang kalian mau untuk dipasang di rumah, akan semakin menghabiskan ruang juga tangga di dalam rumah.

Bahkan tangga konvensional berdesain lurus juga bakal memenuhi ruangan. Ini bakal jadi masalah kalau tempat tinggalmu ukurannya tidak terlalu besar. Ukuran dan proporsionalitas tangga semakin krusial buat hunian dan ruangan yang ukurannya lebih sempit.

Tangga yang ukurannya terlalu besar, tinggi, dan kurang proporsional bakal mengakibatkan ruangan jadi terasa semakin sempit. Belum lagi rasa sumpek dan terkurung karena struktur tangga yang mendominasi ruangan.

Untungnya, perkembangan arsitektur dan desain interior masa kini udah mampu mengatasi masalah ini. Banyak tangga yang desain, model, dan ukurannya sesuai buat hunian dan ruangan yang ukurannya kecil.

Dekoruma punya lima model tangga minimalis yang bukan cuma hemat ruang, tapi juga tetap tampil keren dan menawan untuk ruangan-ruangan yang punya luas terbatas. 

Advertisement

1. Tangga Compact di Balik Dapur Buat Apartemen Studio dengan Lantai Mezanin. Hunian Terasa Lega dan Fungsional

Sumber: Qanvast

Sumber: Qanvast via https://qanvast.com

Salah satu solusi tempat tinggal sempit adalah memanfaatkan bidang vertikal atau ketinggian ruangan. Membangun lantai mezanin adalah langkah yang bisa dilakukan. Memberikan ruang ekstra pada hunian compact seperti apartemen, kamar kos, atau kamar tidur pribadi di rumah.

Penghubung lantai dasar dan mezanin tersebut adalah tangga minimalis yang ukurannya relatif kecil dan enggak terlalu tinggi. Cuma ada lima undakan dengan posisinya yang tersembunyi di balik kitchen set.

Advertisement

Tangga dibuat serba hitam untuk mencocokkan dengan pilar dan pondasi lantai mezanin yang juga berwarna hitam. Bagian atas dijadikan area tempat tidur yang lebih leluasa dan nyaman buat penghuni apartemen. 

2. Dapur di Lorong Bawah Tangga yang Praktis dan Hemat Ruang. Bikin Ruang Tinggal Jadi Lebih Leluasa dan Nyaman

Sumber: Decoist

Sumber: Decoist via https://www.decoist.com

Masih dengan konsep mezanin di ruangan yang ukurannya tidak terlalu besar, tangga yang digunakan untuk menghubungkan lantai dasar dan lantai mezanin biasanya punya ruang kosong di bagian bawah yang lumayan luas. Ruang kosong ini muncul karena undakan tangga dibuat tinggi menghasilkan area di bawahnya.

Advertisement

Ternyata, area ini juga bisa dimanfaatkan jadi area yang fungsional. Seperti di apartemen ini. Sebagian area bawah tangga dan lantai mezanin yang berbentuk lorong dipakai jadi dapur mini yang praktis dan hemat ruang.

Sementara itu, tangga ditempatkan di sebelah kiri lorong dan langsung mengarah ke area tempat tidur di atas. Nuansa minimalis terlihat dari penggunaan warna putih dan material kayu pada anak tangga yang jumlahnya tidak terlalu banyak.

3. Tangganya Ngumpet di Balik Rak TV. Tangga Penghubung ke Lantai Mezanin yang Menarik dan Hemat Ruang

Sumber: Qanvast

Sumber: Qanvast via https://qanvast.com

Enggak hanya ukuran dan desain tangga, posisi dan visibilitas tangga di ruangan yang sempit juga bisa berpengaruh untuk bikin suasana yang lebih terbuka dan lega. Salah satu triknya adalah menyembunyikan tangga supaya ruangan enggak terlihat penuh dan sesak.

Kayak yang dilakukan sama pemilik hunian yang satu ini, nih. Tangga menuju ke lantai mezanin disembunyikan di panel rak TV secara strategis dan menarik. Dari area ruang keluarga, kalian enggak bisa melihat kalau ada tangga di balik rak TV itu.

Barulah dari samping, kalian bisa lihat anak tangga yang terbuat dari kayu yang coraknya sama dengan kayu dari rak TV. Mengarahkan kamu ke area tempat tidur di lantai mezanin atas. 

4. Enggak Cuma Jadi Ruang Penyimpanan Tambahan. Ruang di Bawah Tangga Bisa Disulap Jadi Kamar Mandi, Loh!

Sumber: Contemporist

Sumber: Contemporist via https://www.contemporist.com

Kalau layout hunian bikin ukuran dan proporsi tangga susah buat diperkecil, pastikan buat menghemat ruang dengan cara lain. Misalnya dengan menambah ruang. Ibaratnya, ruang yang terbuang karena tangga bakal tergantikan dengan pemanfaatan ruang di bawah tangga yang pintar ini.

Umumnya, area kosong di bawah tangga biasanya dijadikan ruang penyimpanan tambahan. Rak atau kabinet dipasang untuk dijadikan rak sepatu, lemari penyimpanan serbaguna, atau rak display.

Enggak berhenti sampai situ aja, area di bawah tangga juga bisa diubah jadi powder room atau kamar mandi, loh. Kamar mandi ini biasanya ukurannya lebih kecil dan hanya ada kloset dan wastafel. Tapi, tetep aja, kan, berguna banget buat semua penghuni. 

5. Tangga Model Spiral yang Unik dan Menawan. Ruangan Sempit Tetap Terasa Luas, Tampil Menawan, dan Berkarakter

Sumber: DigsDigs

Sumber: DigsDigs via https://www.digsdigs.com

Model tangga ini enggak selalu kelihatan biasa aja dan dipasang di area dapur kotor, area servis, atau area jemur baju doang, kok. Tangga spiral yang desainnya unik dan menawan juga banyak dan bisa jadi pilihan buat kamu yang pengin ruangan tampil lebih berkarakter tanpa mengorbankan banyak ruang.

Banyak inspirasi desain tangga spiral yang bukan cuma terbuat dari besi warna abu-abu atau hitam. Tangga spiral dari kayu, kombinasi kayu dan metal, serta beragam bentuk dan warna lainnya bisa kamu sesuaikan sama keseluruhan desain interior tempat tinggal.

Pastinya, bentuk tangga spiral yang lebih langsing akan jauh lebih menghemat tempat daripada tangga konvensional. Enggak tahu kenapa, ruangan yang ada tangga spiral jadi lebih terasa eklektik, trendi, dan gemes aja gitu. 

Mungkin bisa ditambahkan dekorasi di sekitarnya kayak sofa yang bentuknya unik, tanaman hias, atau standing lamp yang kekinian.

Yang terpenting adalah untuk mengukur luas dan tinggi ruangan sebelum mendesain tangga karena tangga lah yang akan menyesuaikan ukuran ruangan, bukan sebaliknya. Sebaiknya konsultasikan perihal ini ke jasa desain rumah terpercaya, ya. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE