Larangan penggunaan motor 2 tak untuk masuk di jalanan perkotaan secara resmi telah di keluarkan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutaan. Sesaat setelah dikeluarkannya larangan tersebut membuat dunia maya kembali heboh. Pasalnya dengan tegas larangan tersebut hanya memperbolehkan penggunaan motor 2 tak dijalanan pedesaan. Hal ini dikaitkan dengan adanya peraturan terkait polusi yang mengharuskan motor sekarang sudah memiliki emisi gas buang yang ramah lingkungan.

Dengan dikeluarkannya larangan tersebut secara tegas oleh pemerintah sudah pasti bukan tanpa sebab. Salah satu sebab utamaya adalah gas buang yang di keluarkan oleh motor 2 tak sangatlah banyak dan belum memenuhi syarat ramah lingkungan. Jadi seketika banyak orang yang mungkin merasa kaget dengan dikeluarkannya surat edaran tentang tidak di perbolehkannya sepeda motor 2 tak untuk masuk ke jalanan perkotaan.

Hal tersebut juga membuat banyak motor legendaris seperti RX King atau Kawasaki Ninja 150 Super KIPS tak lagi bisa mondar-mandir seenaknya saja di jalanan. Jika dilihat dari keseluruhan yang ada pada motor 2 tak bisa di bilang performa yang ditawarkan sangatlah menggiurkan. Nah bicara soal motor 2 tak terbaik yang ada di Indonesia, berikut ada 5 motor 2 tak legendaris yang sudah pasti akan menghilang dari jalanan perkotaan.

1. Honda NSR 150

Honda NSR 150

Honda NSR 150 via https://www.google.com

Jika saat ini Honda lebih di kenal dan di gandrungi masyarakat karena motor matic dan motor sport yang mereka punya, dahulu Honda juga dikenal sebagai salah satu pabrikan motor yang mampu menghadirkan motor 2 tak terbaik. Salah satu produk terbaiknya adalah Honda NSR 150.

Bahkan bukan hanya menawarkan motor dengan desain apik dimasanya, Honda NSR 150 juga menawarkan beragam fitur yang bisa di bilang belum ada pada motor lainnya di erra 1990-an, jadi tidak heran apabila motor ini sangatlah laris manis di pasaran saat itu.

Advertisement

Didatangkan langsung dari Thailand membuat sepeda motor 2 tak terbaik ini memliki harga yang sangat mahal. Apalagi tidak hanya mengutamakan tampilan desain dan fitur, Honda juga sempat menanamkan teknologi elektronik pada motor ini.

Selain itu ada pula komponen RC Valve yang disertakan Honda pada motor ini yang di kendalikan memui CDI. Khusus untuk model tertingginya kalian bisa menemukan Honda NST 150 SP yang hadir dengan membawa single arm. Keren bukan?

2. Kawasaki Ninja 150 Super KIPS

Kawasaki Ninja 150 Super KIPS

Kawasaki Ninja 150 Super KIPS via https://www.google.com

Selanjutnya ada yang namanya motor Kawasaki Ninja 150 Super KIPS, motor ini termasuk salah satu motor 2 tak terbaik dan terlaris yang dulu pernah menjadi pilihan bagi banyak orang. Adapun KIPS di sini memiliki kepanjangan Kawasaki Integrated Power Valve System. Yang di mana merupakan sebuah fitur sistem gas buang yang memanfaatkan buka tutup katup dengan tujuan untuk meminimalisi gas buang yang keluar.

Advertisement

Dengan adanya teknologi tersebut, tidak heran performa motor 2 tak terlaris yang satu ini sangatlah besar. Hal ini tercatat dengan adanya raihan putaran mesin diatas 7.00 rpm, sepeda motor ini mampu menawarkan tenaga yang lebih besar dan irit bahan bakar. Sebagai pengingat, dahulu motor yang satu ini hadir dalam dua varian yaitu Kawasaki Ninja RR dan Kawasaki Nnja 150R.

3. Yamaha RX King

Yamaha RX King

Yamaha RX King via https://www.google.com

Saat ini siapa yang tidak mengenal Yamaha RX King sih, salah satu motor 2 tak terbaik yang berhasil dirilis oleh pabrikan otomotif Yamaha ini pertama kali dipasarkan pada tahun 1980-an dan mencapai popularitas yang sangat tinggi hingga akhirnya disuntik mati pada tahun 2008 lalu. Meski sudah disuntik mati namun saat ini tetap masih banyak kok Yamaha RX King ini untuk bisa kita miliki hanya saja sudah pasti dengan kondisi bekas.

Alasan utama kenapa motor ini disuntik mati adalah karena adanya regulasi EURO-3 yang mengharuksn emisi gas buang harus ramah lingkungan. Sementara kita tahu bahwa emisi gas buang yang di keluarkan Yamaha RX King sangatlah banyak. Sesuai namanya motor ini disuguhkan dengan mesin 2 tak berkapasitas 132 cc dengan menggunakan karburator Mikuni yang memiliki ukuran 26 mm dan mempunyai diameter skep 30 mm.

4. Suzuki Satria 120

Suzuki Satria 120

Suzuki Satria 120 via https://www.google.co.id

Brand kenamaan lain yang juga memiliki motor 2 tak legendaris adalah Suzuki. Yang dimana salah satu produk terbaik yang di milikinya adalah Suzuki Satria 120 atau sering juga disebut sebagai Satria Hiu. Lho kok disamkan dengan ikan Hiu sih? yah, karena dek tengah yang di bawanya memiliki bentuk menyerupai insang ikan Hiu, alhasil banyak orang yang menyebutnya sebagai Satria Hiu.

Hasil terbaik dari produksi motor Satria 120 ini adalah mampu menjadi pesaing ketat Yamaha F1Z-R pada ajang road race Nasional kala itu. Hanya saja dengan bekalan mesin yang terlalu tanggung membuatnya harus bore- down menjadi 110cc atau ditingkatkan menjadi 125cc. Itu karena kubikasi mesin yang di bawanya terlalu tanggung.

5. Yamaha F1Z-R

Yamaha F1Z-R

Yamaha F1Z-R via https://www.google.co.id

Selain mempunyai Yamaha RX King, vendor besar dan ternama yang satu ini juga mempunyai motor 2 tak legendaris bernama Yamaha F1Z-R. Motor ini bisa dikatakan merupakan salah satu produk sepanjang masa dari Yamaha. Tidak heran apabila motor ini merupakan salah satu motor yang bisa dikatkan merupakan motor idola bagi setiap orang di masanya.

Hadir dengan tampilan desain yang mewah, motor ini juga dilandasi oleh mesin 1 silinder berjenis 2 tak dengan kapasitas 110cc. Namun sangat disayangkan motor ini justru harus di suntik mati di pertengahan tahun 2000-an karena belum mempunyai standar emisi EURO-3 yang baik.

Dengan sudah tidak di produksinya lagi motor 2 tak Yamaha yang satu ini membuat para pemilik saat ini berusaha menjaga kondisinya agar tetap sehat dan prima.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya