Saat hendak menamai buah hati, terkadang kita terbuai dengan nama-nama modern dengan pelafalan yang susah untuk dieja. Salah satu alasannya adalah agar terdengar unik dan tidak pasaran.

Padahal menamai anak itu tak melulu harus menggunakan kata yang terkesan modern. Masih banyak kata lain yang memiliki makna positif dan bisa menjadi doa untuk mengiringi perjalanan sang buah hati. Salah satu contohnya Anda bisa mengambil kata yang berasal dari bahasa Jawa.

Nah, berikut ini adalah istilah bahasa Jawa yang terdengar sederhana, tapi ternyata sangat filosofis dan memiliki makna yang baik untuk calon buah hati dan siapa tahu bisa menjadi inspirasi. Langsung aja disimak, yuk!

1. Hasta, lelaki yang selalu siap sedia mengulurkan tangannya

Berasal dari bahasa Jawa, kata hasta memiliki arti tangan atau lengan. Anda juga bisa menggunakan ejaan lain yang masih memiliki makna yang sama, yaitu Hastha, Astha, atau Asta.

Advertisement

Dengan memberikan nama ini, diharapkan putra Anda kelak bisa tumbuh menjadi orang yang selalu menggunakan tangannya untuk hal yang positif. Ia akan selalu bersedia mengulurkan tangan kepada orang-orang yang sedang membutuhkan pertolongan.

2. Jinah, si anak perempuan yang memiliki masa depan cerah

Kalau kamu sering nonton drama Korea, mungkin kamu nggak asing sama nama Jinah atau yang penulisannya dieja dengan Jin-ah. Nah, ternyata nama ini juga terdapat dalam bahasa Jawa, tepatnya bahasa Jawa kuno atau yang dikenal juga dengan bahasa Kawi. Artinya sendiri adalah masa depan yang baik.

Sebagai orang tua, pasti menginginkan anaknya bisa tumbuh dengan memiliki masa depan yang baik. Dengan memberikan nama ini, sama saja Anda telah mendoakannya untuk memiliki kehidupan dan masa depan yang cerah.

3. Arka, lelaki penerang kehidupan

Advertisement

Nama Arka sebenarnya berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti matahari. Namun, kata ini juga terdapat dalam bahasa Jawa. Merujuk ke arti yang dimilikinya dalam bahasa Sanskerta, nama Arka dalam bahasa Jawa memiliki arti sebagai penerang keluarga.

Tentunya, arti matahari yang disandangnya memiliki filosofi yang positif. Matahari merupakan salah satu sumber kehidupan. Ia selalu setia menyinari tata surya dan seluruh isinya. Tanpa adanya matahari, entah apakah kita masih bisa hidup atau tidak.Nah, jika Anda menamai buah hati dengan nama Arka, diharapkan kelak ia bisa tumbuh menjadi sosok lelaki yang berguna bagi sekitarnya. Kelak ia juga akan menjadi seorang pemimpin keluarga yang mampu menjadi penerang.

4. Yoda, sang pejuang

Jika Anda adalah penggemar Star Wars, mungkin Anda tidak asing lagi dengan nama ini. Ya, Yoda merupakan salah satu karakter dalam film tersebut. Ia adalah makhluk kecil yang misterius. Ia juga merupakan seorang Guru Jedi yang mengajarkan filosofi kuno dan kebijaksanaan kepada Luke Skywalker.

Nah, nama Yoda ini merupakan sebuah kata yang berasal dari bahasa Sanskerta dan bahasa Jawa Kuno dengan ejaan Yodha yang berarti pejuang. Dengan memberikan nama ini kepada buah hati, Anda sama saja mendoakannya agar kelak ia bisa menjadi seseorang yang tangguh dan kuat serta mampu berjuang untuk membela kebenaran.

5. Banyu, seseorang yang selalu siap sedia menolong sesama

Seperti yang kita tahu, banyu merupakan sebuah kata dari bahasa Jawa yang memiliki arti air. Air sendiri memiliki filosofi yang bisa menjadi pelajaran hidup bagi kita. Ia selalu mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah.

Selain matahari, air juga merupakan salah satu sumber kehidupan. Jika diibaratkan, air merupakan pemimpin yang selalu melayani, bukan hanya berkuasa saja. Dengan memberikan nama Banyu kepada buah hati, diharapkan ia bisa meniru sifat air.

Kelak ia akan menjadi penolong bagi manusia lainnya yang sedang membutuhkan. Jika sifat air benar-benar ia teladani, saat tumbuh dewasa nanti ia akan mampu menjadi orang yang berguna bagi sekitarnya.

Filosofi lain yang dimiliki oleh air adalah ia selalu mengalir ke muara. Tidak peduli seberapa jauhnya dari muara, air pasti akan tiba dan berakhir di muara. Satu hal yang bisa diteladani di sini adalah sikapnya yang konsisten. Walaupun banyak hambatan dan rintangan yang dihadapi, ia akan tetap tiba di tujuan awalnya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya