5 Negara dengan Tradisi Unik dalam Merayakan Tahun Baru. Sudah Tahu, Belum?

Ternyata 5 negara ini memiliki tradisi yang unik dalam merayakan tahun baru!

Tahukah kamu? Setiap negara di dunia memiliki tradisi perayaan tahun baru yang unik? Mulai dari mengkonsumsi buah-buahan, melompat dari kursi, melempar alat makan yang sudah usang, sampai menggantung bawang. Unik, kan?

Meskipun perayaan tahun baru kali ini akan kita habiskan di rumah saja, ya karena satu dan lain hal, tapi enggak bakal garing kok. Barangkali kamu bisa mencontoh sejumlah tradisi unik yang terangkum dalam tulisan 5 negara dengan tradisi unik perayaan tahun baru berikut ini.

Advertisement

1. Spanyol

Photo by Anna Shvets from Pexels

Photo by Anna Shvets from Pexels via https://www.pexels.com

Negara pertama dengan tradisi uniknya ketika menyambut tahun baru adalah Spanyol. Warga Spanyol biasanya menyambut tahun baru dengan mengkonsumsi buah anggur. Enggak tanggung-tanggung, buah anggur yang dimakan harus berjumlah 12 buah. Dan wajib dimakan tepat pada pukul 12 malam atau beberapa detik menuju tahun baru. Wah, kayaknya mesti buru-buru tuh makannya kalau enggak bisa keduluan tahun baru.

2. Denmark

Photo by CHUTTERSNAP on Unsplash

Photo by CHUTTERSNAP on Unsplash via https://unsplash.com

Selanjutnya ada Denmark. Negara satu ini punya tradisi unik yang enggak kalah seru serta aneh dibandingkan Spanyol. Tepat pada pukul 12 malam, warga Denmark akan melemparkan piring dan gelas yang sudah usang ke pintu rumah keluarga mereka ataupun rumah temannya guna mengusir roh-roh jahat yang diyakini dapat mengganggu keberlangsungan kehidupan satu tahun mendatang apabila tidak dilempari piring.

Advertisement

Selain itu, warga Denmark juga akan berdiri di atas kursi lalu melompat bersama-sama sebagai representasi bahwa mereka sedang melompat ke bulan Januari di tahun yang baru sambal berdo’a agar keberuntungan selalu menyertai mereka. Ada yang mau coba?

3. Filipina

Photo by Micheile Henderson on Unsplash

Photo by Micheile Henderson on Unsplash via http://https

Di Filipina, warga akan mengumpulkan benda-benda berbentuk bulat atau bundar sebagai representasi dari koin. Maka jangan heran ketika kamu menghabiskan tahun barumu di negara lumbung padi tersebut banyak menemukan benda berbentuk bundar di rumah-rumah warga. Juga, keluarga di Filipina akan memajang buah-buahan di atas meja makan. Beberapa anggota keluarga akan memakan buah sebanyak 12 buah persis ditengah malam atau pukul 12 malam.

4. Yunani

Advertisement
Foto oleh Miguel Á. Padriñán dari Pexels

Foto oleh Miguel Á. Padriñán dari Pexels via http://https

Siapa bilang Yunani tidak mempunyai tradisi penyambutan tahu baru? Pada malam tahun baru, seluruh warga di Yunani akan menggantungkan bawang di depan rumah mereka atau pintu-pintu rumah. Tentu saja mereka punya alasan—bawang disimbolkan sebagai kelahiran, di mana tahun baru berarti kehidupan baru bagi masyarakat Yunani.

Tak hanya itu saja, pada saat yang sama para orangtua akan membangunkan anak-anak mereka dan mengetukkan kepala anak-anaknya dengan bawang. Mungkin agar sepanjang tahun dilindungi energi positif kali, ya. Boleh dicoba nih dengan bawang milik Ibu di rumah.

5. Brazil

Photo by Skitterphoto from Pexels

Photo by Skitterphoto from Pexels via https://www.pexels.com

Brazil dan negara-negara Amerika Tengah juga Selatan punya tradisi unik untuk menyambut tahun baru, yaitu dengan mengenakan pakaian spesial. Tradisi tersebut digadang-gadang mampu membawa keberuntungan. Misalkan mengenakan pakaian warna merah dikait-kaitkan dengan simbol optimisme dan cinta, pakaian berwarna kuning disimbolkan sebagai kebahagiaan dan rezeki. Duh, sudah kayak di Indonesia aja ya, pakai baju baru saat lebaran.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

selalu ingin belajar menulis

CLOSE