Pasar merupakan tempat jual beli yang menyediakan berbagai barang kebutuhan sehari-hari. Barang yang dijual biasanya berupa sayuran, bahan pokok, buah-buahan, hingga daging. Tapi ternyata ada loh, pasar-pasar unik yang berbeda dari pasar kebanyakan. Di pasar ini, kita bisa menemukan barang-barang yang tentu tak akan bisa dijumpai di pasar-pasar pada umumnya.

1. Spider Market di Kampuchea

Spider Market di Kampuchea

Spider Market di Kampuchea via https://id.pinterest.com

Dari namanya saja kita pasti sudah bisa menebak apa yang dijual di pasar ini. Yup, Laba-laba. Pasar yang terletak di Kamphuchea ini menjual aneka olahan camilan dari laba-laba.

Advertisement

Yang lebih menakjubkan lagi, camilan laba-laba ini berasal dari jenis tarantula yang memiliki ukuran sebesar telapak tangan orang dewasa.

2. Sonora Witchcraft Market di Bolivia

Sonora Witchcraft Market di Bolivia

Sonora Witchcraft Market di Bolivia via https://id.pinterest.com

Sonora Witchcraft akan mengingatkan kita pada pasar ilmu hitam dalam film Harry Potter. Sesuai namanya, para pedagang dipasar ini adalah para dukun, praktisi voodo, hingga tukang sihir. Barang yang dijual pun sudah pasti berhubungan dengan ilmu hitam, mulai dari kulit ular berbisa, kadal kering, tulang manusia, iguana hidup, hingga kodok.

Selain itu, di pasar ini juga menjual obat-obatan untuk penyakit biasa maupun penyakit ilmu hitam. Pasar yang berada di Bolivia ini juga menjual kartu tarot dan buku ilmu sihir yang tentunya sangat menarik untuk dikunjungi para turis asing.

3. Bolu Market di Indonesia

Pasar Bolu (Tana Toraja, Indonesia)

Pasar Bolu (Tana Toraja, Indonesia) via https://id.pinterest.com

Advertisement

Pasar unik ini berasal dari Indonesia, yaitu Pasar Bolu yang terletak di Poros Rantepao-Palopo, Bolu Toraja Utara. Pasar ini sangat unik karena menjual berbagai jenis dan ukuran sapi dalam jumlah besar, babi hingga aksesoris khas Tanah Toraja yang biasanya digunakan oleh masyarakat suku Toraja dalam ritual adat mereka.

4. Pasar Tradisional Tomohon di Indonesia

Pasar tomohon di Sulawesi Utara

Pasar tomohon di Sulawesi Utara via https://id.pinterest.com

Satu lagi nih, pasar unik yang berasal dari Indonesia, yaitu Pasar tradisional di Tomohon, Sulawesi Utara yang juga dikenal sebagai pasar terbesar, terlengkap, dan termurah di Kabupaten Minahasa.

Keunikan dari pasar ini terletak pada barang dagangannya yang dinilai cukup tidak lazim untuk dikonsumsi seperti kelelawar, babi, ular, tikus, bahkan monyet.

5. Pasar Sentral Lancaster di Pennsylvania, Amerika Serikat

Pasar Sentral Lancaster di Pennsylvania

Pasar Sentral Lancaster di Pennsylvania via https://id.pinterest.com

Pasar Sentral Lancaster merupakan pasar tertua di Amerika Serikat yang sudah beroperasi sejak Tahun 1730. Pasar ini menjual berbagai produk lokal, barang impor, makanan laut dan roti panggang.

Selain itu, pasar ini terkenal dengan produk kerajinan tangan dan makanan khas dari masyarakat Amish yang merupakan suku asli Pennsylvania.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya