Bagi setiap mahasiswa, memiliki pekerjaan sampingan atau yang biasa disebut dengan “freelance” merupakan idaman tersendiri, paling tidak dengan punya pekerjaan sampingan, kita sebagai mahasiswa tidak bergantung hanya kepada penghasilan orang tua saja, apalagi semua orang paham bahwa kebutuhan anak kuliahan atau mahasiswa tidaklah sedikit.

Bukan hanya itu saja, keuntungan lain dengan kita punya pekerjaan sampingan adalah kita bisa melatih diri kita untuk berlatih bekerja mandiri, ini akan sangat bermanfaat untuk karir kamu setelah lulus nanti, jadi kalau ditanya:

Perusahaan : Pengalaman kerja anda sebagai apa?

Tentu saja akan sangat tidak enak kalau kamu hanya bilang “saya mahasiswa pak, jadi belum pernah kerja” jangan salah lho ya, jangan pernah berpikir dengan modal ijazah saja bisa mendapat pekerjaan suatu saat nanti. Karena pengalaman bekerja jauh lebih dipertimbangkan, percayalah kamu akan kalah dengan lulusan SMK yang punya skill dan pengalaman, dibandingkan kamu apabila hanya bermodalkan selembar ijazah.

Sekarang pertanyaannya, mau kerja sampingan apa? Mungkin itu yang ada di benak kamu sekarang? Nah, menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini ada beberapa referensi pekerjaan freelance untuk kamu mahasiswa jurusan IT atau Komputer, jurusan IT sudah sepantasnya melek digital, jadi sangat keterlaluan kalau kamu masih bingung mau mencoba pekerjaan di bidang apa.

1. Menjadi Blogger

Di urutan pertama, kamu bisa membuat Blog atau Web dan menguangkannya. Caranya bagaimana? Banyak sekali kok, kamu bisa gabung dengan perusahaan periklanan seperti Google Adsense, Afiliasi Lazada, Afiliasi seperti Pegi Pegi yang merupakan salah satu portal tiket online, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, kamu juga bisa meraup keuntungan dari menjual produk sendiri lewat website atau blog kamu. Berapa penghasilan dari Blog atau Web? Tergantung, seberapa bagus Blog kamu, kalau pengunjung blog kamu banyak, tentu hasil semakin banyak seiring dengan tingginya tingkat konversi dari Iklan dan interaksi pengunjung yang tertarik dengan produk yang kamu jual. Tentu saja ini tidak instan, kamu perlu membuat website atau Blog yang berkualitas agar bisa menghasilkan.

2. Suka Video? Jadi Youtubers, Yuk!

youtuber

youtuber via http://hipwee.com

Advertisement

Yang satu ini khusus untuk kamu yang hobi video, entah itu nonton atau membuat dan editing video. Kamu bisa nih meng-upload video ke Youtube dan mendapatkan penghasilan di sana. Apalagi untuk kamu yang notabenenya mahasiswa jurusan IT atau Komputer, tentu editing video menjadi salah satu yang dipelajari kan?

Sayang kalau tidak dimanfaatkan. Sama seperti Blog, kamu bisa menghasilkan banyak uang dari Youtube asal viewers video kamu banyak. Untuk sumber pendapatan, kamu bisa join dengan Google Adsense atau menjual produk sendiri.

3. Membuka Jasa Edit Foto

membuka jasa photography

membuka jasa photography via http://hipwee.com

Pekerjaan freelance yang ketiga yang cocok untuk kamu mahasiswa IT atau Komputer adalah dengan membuka jasa edit foto, kalau kamu serius, bisa tuh buka sekalian pusat foto seperti print foto, pemotretan dan lain sebagainya. Jasa editing foto merupakan salah satu bidang pekerjaan freelance yang sangat dicari, bukan cuma edit foto orang saja, kamu bisa menjual jasa pembuatan logo ke perusahaan-perusahaan?

Advertisement

Atau bisa membuat brosur dan lain sebagainya. Kalau sudah berkembang, kamu bisa membuka percetakan sendiri, bagaimana? Menarik bukan?

4. Jasa Service Laptop

membuka jasa perbaikan laptop

membuka jasa perbaikan laptop via http://google.com

Yang selanjutnya adalah kamu bisa banget bekerja sebagai pekerja freelance dengan membuka jasa service laptop, untuk kamu mahasiswa jurusan IT tentu tidak asinglah ya dengan yang namanya reparasi laptop entah itu instal ulang dan lain-lain?

Bidang pekerjaan yang satu ini juga cukup menjanjikan kalau kamu tekuni, untuk langkah awal, kamu bisa menawarkan jasa kamu ke teman sesama mahasiswa kalau kamu menerima jasa perbaikan laptop, dan kamu bisa juga bekerja di toko-toko laptop yang membuka jasa perbaikan juga.

5. Menjadi Penulis

jadi penulis

jadi penulis via http://hipwee.com

Terakhir, kamu bisa mencoba untuk menjadi penulis, ini sebenarnya mirip dengan pekerjaan freelance sebagai blogger, hanya saja kalau jadi penulis, orientasi kamu 100% penulis, tidak seperti blogger yang pasti fokus ke optimasi blog, mendapatkan penjualan dan lain sebagainya.

Kamu bisa mencoba magang di perusahaan perusahaan media baik itu media koran, majalah atau kamu bisa juga membuka jasa penulis online.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya