Jaman sekarang, orang bisa melamar pekerjaan melalui berbagai macam situs pencarian kerja, misalnya: JobStreet, JobsDB, JobSmart, dll.


untuk 1 lowongan pekerjaan yang dibuka, kira-kira HRD bisa nerima sekitar 1000 CV yang masuk. Kebayang gak tuh capeknya buat ngeliatin satu per satu CV yang masuk?
Yang paling gampang dilakukan oleh HRD pertama kali dengan melihat foto yang kamu cantumin di lamaran. Seringkali banyak orang yang tidak mencantumkan fotonya atau bahkan ada yang posenya alay. Padahal hal ini sangat penting buat kamu lho untuk bisa dapat kesempatan diundang untuk interview.
 



Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan kalau mau memasang foto profil di CV kamu:


 

 

1. Ukuran File

Usahakan ukuran foto yang kamu cantumin di CV berukuran sewajarnya. Karena kalo kamu masukin ukurannya terlalu besar, bisa membuat HRD jadi malas ngebuka CV kamu.

2. Satukan Gambar dengan CV

my curiculum vitae (CV)

my curiculum vitae (CV) via http://thomas-kurniawan.blogspot.co.id

Jangan mengirimkan file foto sebagai attachment tersendiri. Cantumkan foto kamu di dalam CV dengan menggunakan fitur insert picture di Microsoft Word.


 

3. Senyum Dong

Tunjukan gigimu, alias kamu harus senyum. Cara tersenyum dengan memperlihatkan gigi membuat orang lebih disukai dan lebih mudah dipercaya. Kalo kamu pasang tampang judes, kira-kira bakal dipanggil ga tuh?

4. Busana

clothes, hanger

clothes, hanger via https://www.pexels.com

Kenakan pakaian yang membuat kamu terlihat profesional dan sesuai dengan pekerjaan yang kamu lamar. Sebisa mungkin jangan pakai kaos, karena akan membuatmu terlihat tidak serius.

5. Pose

pose senatural mungkin

pose senatural mungkin via https://www.pexels.com

Bergayalah senatural mungkin, jangan berlebihan dalam berpose. Misalnya kamu melamar untuk posisi admin, jangan cantumkan foto kamu yang sedang berpose seperti model, karena itu kurang cocok sama kerjaan yang akan kamu lakukan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya