5 Perawatan Rumahan Untuk Atasi Masalah Rambut Berminyak

Tak perlu produk mahal untuk mengatasi masalah rambut berminyak

Setiap orang tentunya menyukai rambut yang bersih karena dapat membuat diri sendiri merasa siap untuk menaklukkan dunia dan merasa lebih percaya diri untuk menjalani hari. Kita semua tahu bahwa rambut berminyak adalah masalah kecantikan yang banyak dihadapi oleh wanita setiap hari. Namun, jangan khawatir karena ada perawatan rumahan untuk rambut berminyak yang dapat membantu kita meringankan masalah ini.

Minyak alami pada rambut disebut sebaceous glands atau kelenjar minyak. Minyak ini bermanfaat bagi rambut karena membantunya tetap sehat dan halus. Selain itu, juga menjaga rambut dari kekeringan dan kerusakan yang berlebihan. Namun, ada kalanya kelenjar sebaceous ini diproduksi secara berlebihan dan ini menyebabkan rambut berminyak. Dalam kasus yang lebih jarang, kelenjar sebaceous menyumbat akar rambut dan dapat menyebabkan ketombe.

Produksi kelenjar sebaceous yang berlebihan terjadi karena berbagai alasan. Ini mungkin dimulai dengan kebiasaan makan hingga perawatan rambut yang tidak tepat. Faktor-faktor seperti siklus mencuci dan menyisir rambut juga dapat berkontribusi untuk merangsang rambut berminyak. Kemudian minyak berlebih menjadi tak tertahankan hingga sampai pada titik itu kita harus keramas setiap hari. Namun, ternyata kita bisa merawat rambut yang berminyak dengan bahan rumahan berikut ini.

Advertisement

1. Gunakan sari cuka apel

Photo by Freepik

Photo by Freepik via https://www.freepik.com

Salah satu perawatan rumahan paling populer untuk rambut berminyak adalah sari cuka apel. Sari cuka apel memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri yang terkumpul di kulit kepala rambut. Yang harus kamu lakukan adalah mencampurkan dua hingga tiga sendok makan sari cuka apel ke dalam secangkir air dan kemudian oleskan campuran ini ke rambut.

Hal yang penting adalah mengoleskan ke akar dan kulit kepala rambut. Biarkan selama dua hingga tiga menit lalu bilas. Kamus bisa melakukan ini dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Advertisement

2. Gunakan masker kuning telur

Photo by Freepik

Photo by Freepik via https://www.freepik.com

Kuning telur kaya akan sulfur dan protein, dua bahan ini membantu untuk memperkuat dan memberikan kilauan yang dibutuhkan rambut. Menggunakan masker kuning telur sekali dalam seminggu secara konsisten juga dapat membantu memerangi rambut berminyak. Cara kerja masker ini sangat mudah dan kamu bisa mencobanya kapan pun. Hanya perlu mengoleskan dan memijat kuning telur ke kulit kepala rambut, biarkan sekitar 15 hingga 20 menit lalu bilas hingga bersih.

3. Gunakan minyak pohon teh (Tea Tree Oil)

Photo by Freepik

Photo by Freepik via https://www.freepik.com

Tea tree oil terbukti secara ilmiah dapat membantu memerangi masalah rambut berminyak dalam semalam. Hal ini karena tea tree oil dapat menjaga minyak alami rambut agar tetap terkendali. Lalu, bagaimana cara menggunakannya? Tuangkan 3 tetes tea tree oil ke dalam kondisioner. Selanjutnya, aplikasikan campuran itu seperti biasa menggunakan kondisioner.

4. Bilas rambut dengan teh hijau

Photo by Freepik

Photo by Freepik via https://www.freepik.com

Kamu bisa menggunakan teh hijau untuk berbagai keperluan baik untuk kesehatan kulit maupun penurunan berat badan. Namun, kali ini kamu dapat menggunakannya untuk rambut berminyak. Kamu hanya perlu merebus 1 gelas air dengan ½ gelas daun teh hijau. Kemudian biarkan hingga suhunya menjadi hangat-hangat kuku dan terakhir oleskan campuran tersebut ke kulit kepala dan rambut. Biarkan seperti itu selama 45 menit lalu keramas dan bilas. Lakukan ini sekali hingga dua kali dalam seminggu untuk hasil yang lebih baik.

Advertisement

5. Makan seimbang dari lemak dan karbohidrat sehat

Photo by Freepik

Photo by Freepik via https://www.freepik.com

Yang terakhir adalah konsumsi makanan yang sehat dengan gizi yang seimbang. Studi menunjukkan bahwa makanan yang kita konsumsi dapat memengaruhi banyaknya sebaceous glands atau kelenjar minyak yang dikeluarkan. Terutama, ketika kamu lebih banyak mengonsumsi lemak atau karbohidrat sebenarnya dapat meningkatkan produksi sebum dari sebaceous glands.

Lantas, apakah kamu harus makan lebih sedikit lemak dan membatasi kalori dari karbohidrat? Mungkin tidak, tapi kamu dapat memilih lemak dan karbohidrat yang sehat. Kemungkinan besar ini akan membantu mengelola banyaknya minyak yang dikeluarkan.

Selain itu, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan:

  • Hindari rambut terkena air panas.
  • Hindari terlalu sering menggunakan pengering rambut dan pelurus rambut.
  • Hindari keramas setiap hari karena keramas terlalu sering dapat menghilangkan minyak alami kulit kepala.

Semoga artikel ini dapat membantu kamu mengatasi masalah rambut berminyak.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE