Masa kecil adalah masa bermain. Terkadang kita merasa sedih melihat anak-anak jaman sekarang yang sudah sibuk dengan gadget-nya. Tidak lagi peduli permainan bersama teman di lapangan, di taman atau di teras rumah tetangga.

Yang justru manfaatnya luar biasa ketimbang permainan modern, seperti Playstation, X Box, ataupun permainan melalui akses internet. Maka dari itu, yuk kita flashback permainan masa kecil kita semoga anak-anak jaman sekarang bisa mengikutinya.

1. Main Benteng. Saat kita menjadi pasukan yang siap mengalahkan lawan

Kalah menang, kita tetap bersama via http://img.ulinulin.com

Diantara kamu pasti pernah bermain benteng semasa kecil. Permainan ini cukup unik dan seru. Kamu memiliki pasukan yang harus menjaga bentengnya agar tidak disentuh oleh pasukan lawan. Tapi pasukanmu juga harus bisa menjaga diri tidak disentuh oleh lawan agar mereka tidak ditawan. Seru kan!

Permainan ini cukup memberikan kita arti kebersamaan. Tentunya perlu dilestarikan kepada anak-anak jaman sekarang selain juga banyak memberi dampak positif agar anak-anak semakin berani melangkah merebut tujuannya bersama.

2. Gobak Sodor. Percaya kawan dan percaya diri sendiri

Pasang mata dan pasang telinga via http://img.ulinulin.com

Advertisement

Kalau yang ini pasti kamu juga ingat dan pernah memainkannya. Gobok sodor atau ada juga yang menyebutnya galaksi merupakan permainan yang dilakukan 6-15 orang. Permainannya cukup unik, setiap anggota grup harus bisa masuk ke kotak area aman yang garisnya dijaga oleh lawan.

Tentunya dibutuhkan kerjasama agar semua anggota bisa masuk ke kotak area aman tanpa tersentuh oleh lawan. Jika mereka berhasil melaluinya maka grup tersebut menang lalu bergantian menjadi penjaga area kotak aman. Pokoknya seru abis! Permainan ini melatih kita berpikir dan bertindak secara detail, tepat dan pastinya harus cepat karena ada waktu yang ditentukan.

3. Main Karet. Ketika setiap orang punya gaya

Tunjukkan ekspresimu! via http://img.ulinulin.com

Main karet adalah permainan yang digemari semua orang. Baik itu anak laki-laki maupun anak perempuan. Permainan ini bisa dilakukan dengan banyak cara. Cara mainnya juga seru, intinya kamu harus bisa melompati karet yang direntangkan oleh kedua teman di sisi kanan dan kiri.

Tapi, di pertengahan kamu juga harus bisa bergaya dengan melilit kakimu pada karet dengan variasi apapun sampai kamu melewatinya dengan kaki yang terlepas dari lilitan karet tersebut. Permainan ini bener-bener melatih otak kreatif dan juga ketangkasan dalam bertindak. Tentunya kamu harus pede untuk menunjukkan ekspresimu!

4. Lompat tali, sensasi melompat bersama diiringi tepukan tangan dan tawa

Bareng-bareng kita lompat yuk! via http://img.ulinulin.com

Lompat tali sebenarnya bisa masuk dalam bagian main karet. Tapi permainan ini cukup dijadikan hiburan jika banyak yang ingin bermain. Caranya cukup mudah, kamu hanya melompat tali yang diputar oleh dua orang tanpa tersentuh tali tersebut.

Yang lucunya lagi, tali tersebut terkadang bergerak lambat tapi juga hati-hati bisa bergerak cepat tergantung si pemegang tali. Permainan ini biasanya juga dilakukan di luar ruangan. Karena manfaatnya juga bagus untuk meningkatkan gerak respon kita dalam segala kejadian yang ada.

5. Petak umpet, udah belom? Beloom.. Udah belom? …. Enggak ada yang jawab

Jangan disitu nanti ketauan! via http://img.popok.in

Dan yang terakhir adalah petak umpet. Ini lagi permainan paling masyhur di seluruh dunia. Semua anak kecil pasti merasakan permainan ini. Petak umpet merupakan permainan yang mengharuskan kita bersembunyi agar tidak diketahui oleh penjaga pos.

Keberhasilan permainan ini apabila pemain yang bersembunyi bisa menyentuh pos tanpa didahului oleh penjaga. Dan apabila ia didahului maka nantinya giliran menjadi penjaga yang mencari posisi temannya yang bersembunyi. Permainan ini sangat bagus untuk melahirkan intuisi seorang anak, berpikir kreatif, dan berani melangkah dalam situasi yang cepat.