5 Rekomendasi Buku Self Improvement yang Bisa Meningkatkan Kualitas Dirimu

Dengan membaca buku, wawasan kita akan semakin luas.

Membaca buku adalah salah satu hobi yang sangat bermanfaat bagi kehidupan kita. Dengan membaca buku, wawasan kita akan bertambah luas dan otak akan dirangsang untuk berpikir. Rajin membaca buku menjadi salah satu penanda bahwa kita adalah orang yang terus berusaha untuk meng-upgrade diri.

Buku dengan mudah bisa didapatkan di toko buku yang sudah banyak hadir di setiap kota. Selain itu kita juga bisa membeli buku di situs penjualan buku online yang banyak ditemui di sosial media. Dengan segala kemudahan tersebut, tidak akan berat rasanya untuk menyisihkan uang kita untuk membeli satu buku minimal satu bulan sekali.

Nah, kali ini Hipwee mau merekomendasikan buku-buku self improvement yang bisa meningkatkan kualitas dirimu sehingga kamu siap membuang semua pikiran negative dan tentunya membuat mental menjadi semain sehat.

Buku apa aja, tuh?

Advertisement

1. Tak Masalah Jadi Orang Introver (Sylvia Loehken)

Instagram @bincangbuku

Instagram @bincangbuku via https://www.instagram.com

Kehidupan seorang introvert memang bisa dibilang cukup unik karena orang-orang dengan kepribadian introvert butuh lebih banyak untuk dimengerti. Introvert dikenal dengan sifatnya yang cukup tertutup, tidak terlalu senang keramaian, cinta ketenangan dan keheningan.

Buat kamu seorang introvert yang masih malu-malu menunjukkan jati diri dan eksistensimu, buku yang ditulis oleh Sylvia Loehken ini membeberkan fakta bahwa banyak sosok introvert yang tumbuh menjadi orang paling berpengaruh di dunia.

Advertisement

Selain itu, buku ini juga melatihmu untuk menjadi introvert yang potensial dan bisa menonjolkan bakat-bakat terpendammu.

2. Atomic Habits (James Clear)

Instagram @riamore_bookstore

Instagram @riamore_bookstore via https://www.instagram.com

Buku best seller versi New York Times ini dari awalnya saja sudah mampu membuat pembaca tercengang-cengang dengan pengalaman penulisnya yang sungguh membuat kita ternganga. Namun dari kejadian tersebut, nyatanya membuat James Clear tidak kehilangan harapan dan justru membuatnya semakin mensyukuri kehidupannya.

Advertisement

Secara garis besar, buku Atomic Habits ini mengajarkan kita untuk selalu menanamkan kebiasaan-kebiasaan kecil yang dampaknya bisa kita rasakan di masa depan. Kebiasaan seperti olahraga, makan makanan sehat, istirahat yang cukup adalah beberapa contoh kebiasaan yang mungkin masih kita pandang sepele namun efek di tahun-tahun kemudian akan sangat terasa.

Tidak hanya kebiasaan baik, buku ini juga memberitahukan cara menghilangkan kebiasaan buruk yang mungkin sudah mengakar di diri kita. Bagaimana caranya? Buruan baca bukunya!

3. Little Good Things Everyday (Medeline Djajasaputra)

Instagram @isella.membaca

Instagram @isella.membaca via https://www.instagram.com

Buku ini ditulis dalam bahasa Inggris dan terdiri dari 136 halaman jadi dijamin kamu cepat untuk menyelesaikannya. Isi dari buku ini adalah refleksi diri dari penulis itu sendiri dan nggak menutup kemungkinan juga itu terjadi pada dirimu.

Berbeda dari dua judul buku sebelumnya, buku ini tidak mencantumkan bab-bab khusus. Namun penulis memberikan judul khusus pada setiap topik atau pembahasan. Contohnya seperti: Keys to a Simple Thing, Spreading a Universal Language, Unconditional Love, Chasing Happiness, dan lain-lain.

Dari banyaknya topik atau pembahasan tersebut, pasti banyak yang relate dengan kehidupanmu. Membaca buku ini membuat dirimu semakin menghargai setiap hal kecil yang ada di sekelilingmu. Pokoknya buku ini good vibes banget, deh!

4. Tak Mungkin Membuat Semua Orang Senang (Jeong Moon Jeong)

Instagram @bukugpu

Instagram @bukugpu via https://www.instagram.com

Dari namanya, kamu pasti tahu bahwa penulisnya adalah orang Korea. Buku yang judul aslinya adalah How to Deal with Rude People with a Smile ini sudah dicetak sebanyak dua belas kali sejak diterbitkan pertama kali pada tahun 2019.

Dari buku ini bisa dipelajari bahwa kita tidak harus selalu menjadi orang baik. Karena pada kenyataannya, di kehidupan yang sekarang ini orang baik justru banyak dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak tahu berterimakasih.

Dari buku ini juga, kita harus belajar untuk membiasakan diri agar tidak terpengaruh oleh komentar negatif dari orang. Karena pada dasarnya, sebaik apapun hal yang kita kerjakan akan tetap ada saja orang yang berkomentar buruk.

5. Seni Hidup Tanpa Beban (Ardhina Nugrahaeni)

Instagram @kataloginspira

Instagram @kataloginspira via https://www.instagram.com

Buku ini bukan mengajarkan kita untuk menghindari setiap masalah yang ada agar tidak membebani diri kita. Namun bagaimana kita mengelola setiap permasalahan yang ada agar tidak memengaruhi kesehatan mental kita.

Buku dengan penjelasan yang rinci namun tetap enak dibaca ini menjelaskan secara detail bagaimana kita menanggapi berbagai permasalahan dengan tetap tenang, cara mengantisipasinya, dan apa jalan keluar yang harus dilakukan.

Demikian 5 rekomendasi buku self improvement yang patut kamu baca. Semoga dengan sering membaca buku-buku yang berkualitas, hidup kita pun menjadi semakin berkualitas.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Masih berusaha untuk menulis ditengah kesibukan mengurus anak

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE