Saat ini banyak orang yang mempersiapkan acara-acara besar yang membutuhkan ruang yang besar. Apalagi saat ini sudah masuk bulan syawal, tentu akan banyak sekali acara seperti acara syawalan keluarga sampai dengan acara lamaran dan pernikahan. Jika kamu adalah salah satu orang yang berkontribusi dalam kesibukan bulan syawal, yakni mencari penggenap hati. Ada baiknya kamu nyari informasi seputar nikah dulu deh. Soalnya, kamu bakal butuh banyak persiapan.

Salah satu hal yang perlu kamu pikirkan menjelang hari H pernikahanmu adalah konsep pernikahan. Konsep pernikahan, adalah salah satu hal yang sangat perlu kamu pikirkan sebelum memikirkan hal lainnya. Soalnya, konsep pernikahan ini bakal berpengaruh dengan berbagai hal terkait dengan pesta pernikahanmu. Mulai dari jenis makanan yang harus kamu siapkan sampai dengan baju pengantin yang kamu gunakan.

Sudah tau belum konsep-konsep pernikahan yang cukup terkenal di Indonesia itu apa aja?

Saat ini banyak orang yang mempersiapkan acara-acara besar yang membutuhkan ruang yang besar. Apalagi saat ini sudah masuk bulan syawal, tentu akan banyak sekali acara seperti acara syawalan keluarga sampai dengan acara lamaran dan pernikahan. Jika kamu adalah salah satu orang yang berkontribusi dalam kesibukan bulan syawal, yakni mencari penggenap hati. Ada baiknya kamu nyari informasi seputar nikah dulu deh. Soalnya, kamu bakal butuh banyak persiapan.

Salah satu hal yang perlu kamu pikirkan menjelang hari H pernikahanmu adalah konsep pernikahan. Konsep pernikahan, adalah salah satu hal yang sangat perlu kamu pikirkan sebelum memikirkan hal lainnya. Soalnya, konsep pernikahan ini bakal berpengaruh dengan berbagai hal terkait dengan pesta pernikahanmu. Mulai dari jenis makanan yang harus kamu siapkan sampai dengan baju pengantin yang kamu gunakan.

Sudah tau belum konsep-konsep pernikahan yang cukup terkenal di Indonesia itu apa aja?

1. Pernikahan tradisional

Khas orang Jawa banget

Khas orang Jawa banget via https://linksewatenda.com

Konsep acara tradisional ini masih cukup banyak diterapkan di daerah yang menjunjung tinggi adat istiadat. Di daerah pulau Jawa sendiri, sampai saat ini acara pernikahan masih banyak digelar dengan cara tradisional semacam ini. Hal yang jadi ciri khasnya ialah adanya dekorasi, sinoman (orang yang membantu penyelenggaraan acara) sampai dengan gamelannya.

Advertisement

Biasanya, diselenggarakan di rumah calon pengantin selama beberapa dengan tenda untuk menyambut tamu undangan yang hadir dan juga prasmanan. Prasmanan ini adalah salah satu momen yang biasanya paling dinanti orang-orang yang kondangan. Soalnya bisa ngisi perut sepuasnya sih..

Kalau kamu asli orang Jawa, tentu sudah tak asing dengan konsep acara yang satu ini bukan? Acara ini umumnya digelar selama kurang lebih 3 hari, termasuk hari resepsi (pesta perayaan pernikahan).

Kalau adat lengkapnya sih masih banyak lagi, ada acara malam midodareni ada juga prosesi mandi kembangnya! Hal ini udah ga perlu ditanyakan lagi deh ya!

Advertisement

Tapi, tahukan kamu kadang dekorasi yang dipajang di beberapa acara pernikahan itu berbeda satu sama lain? Sebenarnya, motif ukuran ataupun penataan dekorasi pun ada maknanya lho! Jika kamu amati lebih detail lagi, di beberapa dekorasi ada motif ukiran khas daerah tertentu. Ada motif ukiran Jepara, dan masih banyak lagi. Namun, agaknya saat ini mulai jarang ada anak muda yang hafal dengan motif ukiran dekorasi pengantin ini. Termasuk saya sendiri. Nyesek juga, ternyata. Lupa sama budaya sendiri, dasar aku!

2. Pernikahan in-door

Agaknya konsep yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Konsep pernikahan semacam ini sudah cukup banyak diekspos oleh berbagai macam media. Karena, memang cukup banyak orang-orang besar yang terkenal menggelar acara pernikahannya dengan menggunakan jasa sewa gedung ini.

Nah, alasan kenapa banyak orang terkenal yang menggunakan jasa ini kemungkinan karena kapasitas gedung relatif lebih banyak daripada sewa tenda di rumah. Namun, kamu juga perlu memikirkan bujetnya lho. Ngga mengherankan jika banyak orang terkenal yang menggunakan konsep pernikahan ini, sebab kemampuan mereka untuk menyewa gedung ini pun memang ada.

Logika dalam jual beli adalah semakin mahal barang yang akan dibeli, maka semakin bagus barang yang akan diterima. Logika ini pun berlaku untuk konsep nikah yang satu ini. Semakin besar gedung yang dibutuhkan, maka harganya pun makan mahal. Kalau pengen gedung yang bagus, ya sudah dapat dipastikan siapkan dompet setebal mungkin untuk dapat merealisasikannya. Bukankah begitu?

3. Pernikahan dengan nuansa perkebunan

Kesannya santai dan lebih elegan

Kesannya santai dan lebih elegan via https://linksewatenda.com

Konsep pernikahan ini agaknya cukup populer untuk pasangan yang suka dengan momen-momen yang candid. Pasalnya, dengan menyelanggarakan acara di are terbuka seperti perkebunan semacam ini akan lebih membuat rileks dan santai. Dengan tekanan yang lebih sedikit ini maka akan lebih memungkinkan untuk calon mempelai menunjukkan ekspresi yang lebih santai pula. Jadi, bakal lebih mudah deh buat dapetin angel foto bagus.

Terus, biasanya hasil dokumentasinya pun akan lebih bagus, karena berlatarkan area terbuka dengan suasana yang benar-benar segar khas perkenunan.

Namun, kamu juga perlu mempertimbangkan musim dan juga cuaca yang sedang ataupun akan berlangsung. Jangan sampai acara specialmu kacau karena salah memprediksi cuaca di hari specialmu. 

4. Menikah di pantai

Bisa sekalian liburan nih

Bisa sekalian liburan nih via https://linksewatenda.com

Kalau konsep yang satu ini, adalah konsep yang cukup banyak dipelopori oleh artis-artis manca negara. Akhirnya banyak orang yang juga mulai mengadopsi konsep ini untuk acara pernikahan mereka. Tentu saja banyak orang yang tertarik dengan konsep pernikahan yang satu ini. Bayangkan saja, kamu menggelar momen sekali seumur hidupnya dengan disaksikan hamparan pasir dan juga deru ombak laut lepas! Wah, romantis banget kan?

Tapi, kamu juga perlu mempertimbangkan kondisi cuaca ya.

Dan lagi, ketika memilih konsep satu ini maka kamu harus berkonsultasi dengan event organizer yang memang sudah pernah menangani konsep pernikahan serupa. Pasalnya, banyak tantangan yang harus dihadapi kala memutuskan untuk mengambil konsep pernikahan yang satu ini. Seperti yang kita tahu, kondisi angin pantai dan juga jam sibuk pantai bakal menjadi faktor penghambat ataupun pendukunng acara pernikahan di pantai ini.

 

5. Asal sah menurut agama, diakui negara!

Sederhana, tanpa mengurangi kesakralan pernikahan

Sederhana, tanpa mengurangi kesakralan pernikahan via https://1.bp.blogspot.com

Siapa yang berencana menggunakan konsep ini? Nikah murah dengan modal KUA dan juga syukuran, konsep ini bakal cukup digandrungi oleh muda-mudi yang memang menyukai hal yang benar-benar simpel. Namun tetap sarat akan makna. 

Ada juga yang memilih menggelar pernikahan di masjid dengan mengundang petugas KUA dengan modal kurang lebih sekitar 600.000. Kemudian berdandan sederhana dengan dibalut baju yang sederhana pula.

Hal terpentingnya adalah terpenuhinya syarat sah menikah. Konsep seperti ini, memungkinkan calon mempelai menghemat anggaran pengeluaran untuk menikahnya untuk kemudian mereka alihkan sebagai tabungan masa depannya. Ini sih pengantin visioner.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya