Guys, tahun baru sudah datang. Nah, biasanya di tahun orang-orang akan me-review dari apa yang telah terjadi di tahun sebelumnya, sembari menyiapkan apa saja yang nantinya akan dijadikan sebagai resolusi di tahun baru ini.

Berbicara mengenai resolusi, setiap orang pasti akan menyiapkan rencana dan harapan terbaik mereka. Tetapi banyak juga sebagian orang yang tidak menyiapkan resolusi mereka di tahun depan dikarenakan di tahun sebelumnya mereka gagal menggapai resolusi mereka. Hal tersebut wajar sih guys, karena terkadang kita memiliki standar resolusi yang terlalu tinggi. Sehingga belum sampai di akhir tahun, ekspektasi kita tidak sesuai dengan kenyataan yang terjadi. 

Sebenernya kalau boleh beramsumsi, hal tersebut sangatlah wajar guys. Untuk menghindari resolusi yang berstandar terlalu tinggi, alangkah baiknya bila kita menyiapkan resolusi kita di tahun 2019 dengan skala yang lebih sederhana, dan dimulai dari hal yang paling sederhana.

1. Mari Belajar Untuk Selalu Mengucap Syukur, Biar Hidup Nggak Selalu Tentang Mengeluh

blessing

blessing via https://unsplash.com

Ini sebetulnya adalah perkara yang susah-susah gampang untuk dilakukan, guys. Dalam kondisi yang menyenangkan dan semua harapan berjalan sesuai rencana, mengucap syukur itu gampang.

Advertisement

Tetapi keadaan tersebut berbanding terbalik di saat kita mengalami keadaan sulit, untuk mengucap syukur pun seringkali terasa berat. Yang ada justru acap kali kita mengeluh karena perasaan tidak terima, lelah dan masih banyak perihal lainnya yang tanpa ditulispun mita semua sering kali demikian.

Nah, untuk tahun 2019 mari kita belajar untuk selalu bersyukur sekalipun keadaan kita berada di situasi yang buruk. Mulailah melatih hatimu untuk selalu mengucap syukur dari hal yang paling kecil sekalipun.

2. Jangan Lupa Sering-Sering Tersenyum, Biar Lebih Semangat. Karena kalau Mengeluh yang Ada Harimu Semakin Kecut

Ini adalah kebiasaan yang paling simple guys. Seringkali tanpa sadar, kita bisa jadi adalah pribadi yang kurang senyum, sehingga beberpa dari teman kita menganggap bahwa kita adalah pribadi yang dingin.

Advertisement

Nah, agar hatimu selalu hangat dan semangat, sering-seringlah tersenyum. Tapi senyumnya juga harus pada tempatnya yah guys, biar nggak di bilang sok akrab.

Percaya deh, menjadi pribadi yang murah senyum dapat membuatmu terasa berbeda. Kamu tidak hanya akan diingat sebagai pribadi yang ramah dan sederhana tetapi juga sebagai pribadi yang rendah hati. 

3. Luangkan Waktu Untuk Lebih Sering Bersama Keluarga Dibanding Sibuk Dengan Diri Sendiri

Kalau selama ini di tahun 2018 kamu memiliki segudang aktivitas dari mulai lembur di kantor sampai lupa waktu atau mengikuti kegiatan organisasi di dalam kampus ataupun luar kampus. Sehingga jarang sekali kamu memiliki quality time ataupun waktu dengan keluargamu, karena setelah sampai rumah biasanya kamu akan disibukan dengan duniamu sendiri.

Biasanya sih langsung masuk kamar dan buka handpone, scrol-scrool Instagram atau apapun yang bisa kamu lakukan di dalam kamar.

Nah, untuk tahun 2019, mari kita luangkan waktu kita dengan keluarga kita. Coba sesekali kalian ingat-ingat, kapan terakhir kali kalian ngobrol santai bareng ayah dan ibu di cafe? Atau kapan terakhir kali kalian nonton bareng, pergi bareng atau perihal lainnya yang bisa dilakukan bersama-sama?

Kalau ternyata sudah sangat lama tiodak melakukannya, mari tahun 2019 kita melakukannya. Hal-hal sederhana seperti itu selalu akan memiliki arti tersendiri bagi orang tua kalian. Pesanku, jangan terlalu sibuk dan asik dengan dunia kalian sendiri, hingga sering kali kita melupakan waktu kita dengan keluarga.

4. Mulai Kurangi Jatah Medsos, Coba Luangkan Waktu dan Cari Tempat Kursus Untuk Menambah Bakat & Skill

Memang saat ini tidak bisa dipungkiri bahwa semuanya serba instan, termasuk pesan makanan pun pakai cara instan, apalagi ditambah dengan adanya internet dan smartphone. Sadar atau tidak, realitanya saat ini hampir setiap orang tidak bisa lepas gawai seperti HP mereka.

Entah hanya sekedar cheki-cheki status Instagram Stories, balas chat WhatsApp, update status mau ngapain di media sosial, atau sekeda ngerumpik di grup ala sosialita manjalita yang ujung-ujungnya seringkali ngejulid dan kepo nggak karuan.

Daripada kita ngejulid dan kepo nggak karuan tapi nggak berfaedah , ada baiknya mulai tahun 2019 kita mengasah kemampuan diri dan menambah skill. Tentunya dengan cara mencari tempat kursus, yang siapa tahu dari skill yang kamu dapat bisa menambah pundi pundi uang jajan.

Contohnya nih kita bisa mengikuti kursus decoupage, kursus penyiar, kursus photograper, cooking class, ataupun les bahasa asing yang tentunya selain bermanfaat juga memberikanmu peluang sebagai pribadi yang selalu meng-upgrade kemampuan diri. 

5. Memulai Hidup Sehat, dengan Rutin Jogging di Sekitaran Rumah

Tahun 2018 kita memang boleh malas-malasan, tapi bukan berarti tahun 2019 kamu harus lebih malas. Tahun baru bisa kamu anggap sebagai lembaran baru. Yang mana salah satunya adalah waktu yang tepat untuk kamu memulai olahraga.

Nggak perlu repot-repot kita wajib kudu nge-gym yah guys. Karena ada hal yang lebih mudah dan murah meriah yang bisa kamu lakukan tiap hari dengan cara jogging disekitaran komplek rumah, atau disekitar area lingkungan rumah kalian.

Anggap saja hal ini demi kebaikan sendiri, tubuh sehat, jiwa kuat. Karena kita gak boleh lupa bahwa untuk menjalani kenyataan dan kehidupan yang terkadang bisa dibilang rumit, kita juga membutuhkan tubuh yang kuat agar kuat menghadapi kenyataan. 

Nah, gimana? Nggak muluk-muluk banget kan tentang 5 resolusi sederhana yang bisa kalian lakukan dan kalian mulai di tahun 2019.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya