Generasi 90an adalah generasi terbaik, tidak ada lawannya! Kamu setuju tidak? Kalau kamu yang memang lahir sebagai generasi 90an barangkali setuju-setuju saja. Tapi mungkin akan berbeda hal bila kamu adalah bagian dari generasi 2000an atau 80an. Semuanya subjektif. Tak apa-apa, asal tidak gontok-gontokan seperti netizen kalau sudah bicara politik.

Tapi memang, anak-anak generasi 90an, khususnya di Indonesia, sedang berada dalam eksposur utama di masyarakat sosial. Mereka yang lahir dari rentang awal tahun 1990 hingga periode momen demokrasi kini sudah berada di pijakan usia produktif. Mereka yang lahir pada rentang era 90an pun kini punya porsi yang lebih banyak untuk speak up di lingkungan sosialnya.

Karena dalam fase produktif, tidak sedikit yang mengekspresikan memori masa kecilnya melalui hal-hal yang berkemasan kreatif. Dan dengan ditambah mecin-mecin bernama media sosial, pengalaman generasi 90an begitu mudah dituangkan sana-sini. Yang pada akhirnya, mampu memancing teman seangkatan untuk ikut baper pada pahit manisnya memori kala itu.

Jika dibuatkan daftarnya, ada banyak hal yang mudah memicu kebaperan memori pada anak 90an. Bisa saja itu dari ragam kuliner, mainan dan permainan, film, hingga musik. Anak generasi 90an punya versi mereka sendiri tentang semua hal tersebut, salah satunya bila berbicara spesifik mengenai sepeda.

Jika anak-anak usia tanggung di zaman sekarang sangat jumawa ketika cuma perlu ngegas sepeda motor untuk kemana-mana, maka anak generasi 90an justru menemukan kebahagiaannya saat mengayuh pedal sepeda keliling perumahan setiap sore harinya.

Kala itu, sepeda adalah moda transportasi utama para remaja. Selain karena dulu kredit sepeda motor masih sangat sulit, mendapatkan SIM (surat izin mengemudi) tembak juga tidak semudah zaman sekarang. Karenanya, banyak orangtua lebih rela memberikan sepeda pada anaknya, alih-alih sepeda motor atau bahkan mobil. Lebih aman dari razia polisi dan terjangkau.

Dan bila berbicara merek, ada sejumlah merek sepeda yang populer dimiliki anak generasi 90an. Beberapa merek itu ada yang masih bertahan hingga kini. Walau begitu, ada pula yang namanya hilang seiring waktu. Nah, kalau kamu adalah anak 90an, coba sebutkan apa merek sepeda favoritmu? Kalau lupa-lupa ingat, mari segarkan ingatanmu dengan deretan sepeda anak generasi 90an berikut ini.

1. Sepeda Federal

sepeda federal

sepeda federal via https://iprice.co.id

Rasa-rasanya sepeda anak 90an yang paling populer adalah sepeda Federal. Alkisah, sepeda ini adalah inovasi perusahaan Federal Motor yang sempat dilanda kepanikan karena bisnis sepeda motornya menurun karena krisis ekonomi. Jajaran manajemen lalu memutar otak agar perusahaan itu tetap bisa bertahan meski penjualan sepeda motor sedang dalam kelesuan. Hingga akhirnya, pihak Federal memutuskan untuk membuat sepeda tanpa motor yang biaya produksinya jadi lebih rendah dan bisa dibeli masyarakat.

Tahu-tahu, inovasi produk sepeda Federal itu sangat berhasil. Banyak orang kepincut membeli sepeda tipe MTB (mountain bike) itu. Alasan pertama karena harganya yang terjangkau berkat proses produksi yang memang dilakukan di Indonesia, alias made in Indonesia. Yang kedua, sepeda Federal punya frame kuat, las-lasan yang rapi, hingga cat yang awet. Bracket botol minum dan gear yang bisa diganti sesuai trek jadi fitur umum sepeda ini.

2. Sepeda Polygon

sepeda polygon

sepeda polygon via https://iprice.co.id

Advertisement

Popularitas sepeda Polygon beberapa tahun belakangan ini sedang tinggi-tingginya. Tapi, merek itu sejatinya sudah lebih dulu populer di kalangan anak-anak generasi 90an, lho! Sepeda asli Indonesia yang awalnya dirakit di Sidoarjo, Jawa Timur itu adalah salah satu benda yang identik dengan era 90an.

Sama seperti sepeda Federal, Polygon juga menghadirkan frame yang kuat untuk mereka yang berbajet terbatas. Coba deh bongkar gudang di rumahmu, siapa tahu sepeda Polygon zaman baheula yang pernah kamu punya masih bisa digunakan!

3. Sepeda Wimcycle

sepeda wimcycle

sepeda wimcycle via https://iprice.co.id

“Hee booh…” penggalan iklan sepeda Wimcycle tidak akan pernah terlupakan oleh anak-anak generasi 90an. Sepeda Wimcycle adalah salah satu dari sedikit iklan sepeda yang rutin mengisi slot pariwara sejumlah stasiun televisi kala itu. Hingga kini, Wimcycle masih cukup eksis di industri sepeda lokal meski tidak dominasinya tidak seperti dulu. Barangkali iklan yang “hee booh…” perlu dihidupkan kembali di stasiun-stasiun tv masa kini, siapa yang setuju?

4. Sepeda United

sepeda united

sepeda united via https://iprice.co.id

Advertisement

Pada masanya, sepeda United adalah satu-satunya merek sepeda yang berani memainkan motif striping yang lebih dinamis untuk memaksimalkan tampilan visual sepeda. Sudahlah frame sepeda ini cukup badak, tampilan visualnya juga sangat menarik perhatian. Pas untuk membuat teman sekomplek jadi iri ketika kamu mengayuh sepeda ini keliling perumahan di sore hari. Hari-hari sungguh sangat dirindukan, bukan?

5. Sepeda Family

Sepeda Family

Sepeda Family via https://iprice.co.id

Nah, sepeda anak 90an yang satu ini pada masa jayanya mengkhususkan diri pada anak-anak usia balita melalu bentuk sepeda roda tiga. Rasa-rasanya, banyak keluarga muda yang punya anak balita masa itu juga punya sepeda roda tiga dari Family, kan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya