Sebagai mahasiswa istilah "gabut" pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Gabut merupakan istilah yang digunakan saat seseorang atau sekelompok orang sedang bengong di rumah, di kamar kost, atau di mana saja, dan bingung ingin melakukan apa. Gabut muncul karena kita memiliki terlalu banyak waktu luang.

Apalagi mahasiswa pasti banyak memiliki waktu luang saat menunggu mata kuliah selanjutnya misalnya atau mungkin juga saat jam kosong. Terlebih lagi untuk mahasiswa yang benci dengan kegiatan-kegiatan kampus pasti memiliki lebih banyak waktu luang. Dan untuk menghilangkan kegabutan banyak mahasiswa yang mencari tempat untuk berkumpul bersama teman atau sekedar nongkrong menghabiskan waktu. Berikut ini 5 spot menarik untuk mengusir kegabutan di Area UNY dan sekitarnya.

1. Indomaret Point Jalan Colombo

indomaret point colombo

indomaret point colombo via http://dilokasi.com

Berlokasi di Jalan Colombo, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepat di pojok selatan Kampus UNY. Selain sebagai minimarket, Indomaret Point ini juga dijadikan sebagai tempat nongkrong oleh anak-anak muda.

Dari pagi sampai malam spot satu ini selalu ada saja yang menggunakannya untuk nongkrong baik itu mahasiswa UNY sendiri maupun anak muda dari kampus lain. Di tempat ini disediakan layanan wifi id Telkomsel yang cepat tapi dengan catatan yang memakai tidak terlalu banyak ya. So, untuk kalian para pencari internet murah mungkin tempat ini bisa menjadi referensi nongkrong yang baru.

Advertisement

Tempat ini buka selama 24 jam full jadi bisa digunakan sebagai tempat pelarian bagi kalian yang sedang menghindari tagihan bulanan dari ibu kost. Oh iya pada malam hari, di depan Indomaret Point ada stand Markobar yang siap memanjakan lidah kalian sambil nongkrong asalkan mau merogoh kocek lebih dalam. Kalau ingin nongkrong yang hemat ya tinggal beli camilan bermicin di Indomaret atau cukup bayar layanan wifi saja.

2. Taman Tepi Sungai depan Masjid UGM

taman depan masjid ugm

taman depan masjid ugm via https://www.google.co.id

Ok tempat ini bisa di bilang masuk ke daerah UGM tapi tidak ada salahnya kan jika kita sebagai tetangga menumpang. Sejak lembah UGM mengalami penataan dan jalanan masuk ke lembah diberi penjaga lengkap dengan gerbangnya, muncullah kesan seperti “minggir lu orang luar, masuk harus ijin ya” maka sebagai alternatif kita bisa nongkrong di bantaran sungai di depan masjid UGM yang telah dipoles menjadi taman.

Di taman ini kalian bisa nongkrong, tidur-tiduran di rerumputan sambil ngobrol, sambil memancing juga bisa kalau memang berniat mencari lauk gratis. Omong-omong soal makanan tempat ini sangat cocok untuk ngabuburit di bulan puasa nanti, saat masuk waktu berbuka kita tinggal melangkahkan kaki ke masjid UGM dan yup makan gratis dan bergizi sudah menunggu.

3. Core Kopma UNY

core kompa uny

core kompa uny via https://www.google.co.id

Advertisement

Suka jalan-jalan ke mall tapi nggak mau boros? Atau kalian adalah musuh abadi tukang parkir? Core Kopma UNY solusinya. Selama pengalaman mengunjungi tempat ini saya tidak pernah ditarik biaya parkir. Di sini kalian bisa jalan-jalan sekalogus melihat hasil-hasil kewirausahaan karya anak-anak UNY yang dipajang pada stand-stand khusus.

Dan buat kalian yang ingin belanja disediakan tempat belanja kebutuhan sehari-hari di lantai satu dan untuk pecinta kuliner tersedia tempat makan di lantai atas. Suasana di core kopma UNY ini cukup tenang, sangat kondusif bila ingin menggunakannya untuk mengerjakan tugas kelompok atau berdiskusi.

4. Garden Cafe

gaeden cafe

gaeden cafe via https://www.google.co.id

Garden Cafe ada di dekat Masjid Al-Mujahidin UNY. Dari Jl. Colombo belok kanan ke Jl. Karangmalang lurus sampai melewati Masjid Al-Mujahidin UNY, setelah itu perhatikan di kiri jalan. Di situ kalian akan menemukan sebuah bangunan yang dikelilingi banyak pepohonan seperti berada di tengah-tengah kebun.

Karena terletak di tengah-tengah area kampus seharusnya sudah banyak anak-anak UNY yang tahu tentang kafe ini. Makanan yang enak, free wifi, tempat yang sejuk dan enak untuk nongkrong. Intinya kalian harus coba nongkrong di sini walaupun cuma sekali.

5. Bundaran dan Hall Rektorat

bundaran dan hall rektorat

bundaran dan hall rektorat via https://www.google.co.id

Bundaran rektorat ini merupakan area depan gedung rektorat yang cukup luas terdiri dari taman, air mancul, dan jalan memutar yang lebar. Kalian bisa hunting foto disini ataupun bermain skateboard asalkan tetap memperhatikan kendaraan. Sedangkan untuk hall rekorat sendiri, yang menjadikannya cocok menjadi tempat nongkrong teras dari rektorat yang luas dan diberi fasilitas wifi yang kencang.

Tidak heran jika banyak mahasiswa-mahasiwa UNY yang memilih menghabiskan waktunya untuk nongkrong di sini sambil membawa laptop. Di dekat gedung rektorat juga berdiri perpustakan pusat UNY. Mungkin saat kalian sedang nongkrong tiba-tiba teringat muka dosen pembimbing dengan muka horor yang sedang mencoreti tugas skripsi kalian, nah bisa tuh langsung lari ke perpustakaan untuk mencari referensi skripsi yang baru.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya