5 Tanaman Hias yang Harganya Selangit, Bikin Pusing Lihat Angkanya!

Aneka tanaman cantik dengan harga selangit

Dalam beberapa tahun terakhir, merawat tanaman hias udah bukan jadi hobi atau aktivitas yang dilakukan sama orang tua saja. Semakin ramai karena situasi pandemi, orang-orang muda mulai memelihara tanaman hias sebagai hobi, mengisi waktu, dikoleksi, atau mulai memperjualbelikannya.

Normalnya, tanaman hias yang populer akhir-akhir ini seperti lidah mertua atau sukulen bisa kamu dapatkan semurah-murahnya di harga puluhan ribu Rupiah untuk bibitnya. Kalau mau beli yang sudah tumbuh dalam pot, mungkin kamu hanya perlu merogoh kocek beberapa ratus ribu Rupiah yang paling mahalnya.

Namun seperti yang sering kamu dengar, selalu ada tanaman hias yang jadi primadona setiap tahunnya di kalangan pecinta tanaman hias. Tanaman yang saking diminatinya, harganya bisa sampai jutaan Rupiah. Puluhan atau bahkan ratusan juta Rupiah! 

Misalnya dulu kalau kamu ingat sempet rame banget, demam Anthurium yang dicari banyak kolektor. Salah satu yang paling fantastis adalah kabar jenis Anthurium jemani supernova yang laku Rp 1 miliar! Saking lakunya, sampai ada yang menjual tanaman palsunya.

Nah, meski tren tanaman hias populer dan mahal datang dan pergi, masih ada beberapa jenis tanaman hias yang harganya fantastis. Dekoruma sudah mengumpulkan enam tanaman hias lain yang nggak kalah keren. Ada yang karena lagi tren saat ini, impor dari luar negeri, atau memang indah dan langka. Simak berikut ini!

Advertisement

1. Gelap, misterius, dan eksotis. Tanaman hias endemik dari ujung timur Indonesia, anggrek hitam Papua. Harganya super fantastis!

Sumber: Papua Paradise

Sumber: Papua Paradise via https://www.papuaparadise.com

Bunga anggrek yang biasa memang terkenal sama keindahannya, tapi bunga anggrek yang satu ini bisa dibilang keren banget. Seperti namanya, anggrek hitam ini adalah tumbuhan endemik Papua yang artinya cuma tumbuh di Papua aja. Warna bunganya yang hitam bikin tanaman ini punya tampilan yang lebih eksotis dari jenis anggrek lainnya.

Karena cuma tumbuh di satu tempat, anggrek hitam Papua adalah salah satu barang panas buruan kolektor anggrek yang ingin memelihara dan membudidayakannya. Saking langkanya, satu pot anggrek hitam ini bisa dihargai Rp100 juta. Luar biasa!

Advertisement

2. Lagi populer dan naik daun akhir-akhir ini. Monstera Deliciosa Variegata, tanaman berdaun lebar dengan harga selangit

Sumber: House Beautiful

Sumber: House Beautiful via https://www.housebeautiful.com

Monstera sedang menjadi tanaman yang lagi banyak diminati saat ini. Tanaman bernama lain Janda Bolong ini populer mulai dari 2020 sampai saat ini dan karena makin banyak diburu, harganya pun turut melambung. 

Jenis yang paling dicari ini adalah Monstera deliciosa variegata dan kamu bisa menemukan Monstera jenis ini mulai dari Rp5 juta untuk varian berukuran kecil. Semakin besar tanamannya dan semakin lebar daunnya dengan ruas-ruas lubang yang rapi dan simetris, harganya bisa mencapai puluhan juta Rupiah.

Monstera bisa kamu letakkan di mana saja, baik di depan rumah maupun dalam rumah. Bahkan jika kamu punya banyak koleksinya, kamu bisa meletakkannya di rak dinding atau kabinet agar terlihat lebih rapi.

Advertisement

3. Langka dan eksotis. Anggrek Gold of Kinabalu yang cuma bisa didapat dari Negeri Jiran, Malaysia

Sumber: Asianage

Sumber: Asianage via https://www.asianage.com

Bunga anggrek kedua di daftar ini adalah anggrek yang berasal dari Negeri Jiran, Malaysia, tepatnya Kota Kinabalu. Punya julukan “Gold of Kinabalu”, anggrek ini memang dominan berwarna emas yang hadir dalam corak garis-garis di sekujur kelopaknya. 

Semakin langka lagi, anggrek ini cuma berbunga setahun sekali di periode April sampai Mei dan cuma bisa ditemukan di Kinabalu National Park! Makanya, kalau kamu mau punya anggrek ini, kamu perlu merogoh kocek minimal Rp75 juta.

4. Ragam variasi spesies Aglaonema Merah. Tanaman hias yang punya daun bercorak merah dan lagi banyak diburu pecinta tanaman

Sumber: iStock Photo

Sumber: iStock Photo via https://www.istockphoto.com

Tanaman hias yang karakter utamanya adalah corak merah di sekujur daunnya ini juga tanaman hias yang lagi hits banget akhir-akhir ini. Corak merah dari setiap jenis Aglaonema berbeda-beda, tergantung dari spesiesnya. Ada yang berada di bagian tengah daun atau di sekujur pinggir daun.

Setidaknya ada 30 spesies dari Aglaonema merah yang semuanya punya harga yang cukup selangit. Di pasaran, Aglaonema merah dimulai dari harga Rp5 juta untuk satu potnya. Tanaman dengan nama lain Sri Rejeki ini juga salah satu tanaman yang dipercaya membawa rejeki atau hoki, merujuk pada namanya.

5. Tanaman hias impor dari Jepang, Monstera Adansonii Variegata. Lebih mahal dan langka lagi dari monstera yang kamu tahu. Bisa sampai puluhan juta

Sumber: Epic Gardening

Sumber: Epic Gardening via https://www.epicgardening.com

Monstera deliciosa yang dibahas sebelumnya ada Monstera yang paling laku sekarang ini, tapi kalau kamu pengen anti mainstream dan cari Monstera yang lebih langka dan mahal lagi, kamu bisa lihat Monstera adansonii variegata. Monstera jenis ini seringkali diimpor dari Jepang.

Punya perbedaan sedikit dibanding Monstera deliciosa, Monstera adasonii tetap punya daun yang lebar, tapi ukurannya lebih kecil. Lubang di daunnya juga lebih oval dan gradasi hijau tua di daunnya lebih tua. Karena itu, harga Monstera adasonii bisa berkisar di Rp50 – 75 juta! 

Gimana? Kaget nggak denger harganya? Mungkin kalau kamu mampu membeli salah satu tanaman yang ada di daftar ini bakal disayang-sayang banget, ya. Selain mahal, tanaman-tanaman ini memang punya bentuk yang cantik, jadi memang seharusnya ditaruh di dalam rumah.

Misalnya di meja rias, rak dinding, atau nakas samping kasur di kamar atau ruang kerja. Pastinya, tanaman-tanaman ini perlu dirawat dengan teliti supaya enggak mati. Sayang banget kalau mati, kan?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE