Apa kabar yang punya kekasih? Apakah dia udah ngasih tanda-tanda mau melangkah ke jenjang yang lebih serius? Buat yang belum menemukan sang belahan jiwa tetap bersabar ya. Tulisan ini tetap bisa berguna (iyaa semoga bermanfaat, amin) bagi yang belum menemukan tambatan hatinya.

Mungkin sudah banyak pembahasan mengenai peringai cowok yang benar-benar serius atau hanya sekedar main-main belaka. Wait, tapi secara perspektif tiap orang boleh berbeda-beda. Bedanya ini berasal dari sumber itu sendiri, yang sudah mengalami dan menjalani hubungan yang lebih dewasa, artinya bukan pacaran buat status menghibur diri saja.

Agar lebih ringkas, hanya 5 poin saja yang akan memberimu perbandingan, apakah benar cowok yang kamu kencani ini serius atau enggak? Coba cari hal berikut di cowokmu ya!

1. Dia mengungkapkan komitmennya, nggak menghindari pembicaraan menuju keterikatan

Berani berkomitmen

Berani berkomitmen via https://pinterest.com

Satu hal yang cowok akan lakukan bila dia menjalin cinta yang serius terhadap ceweknya, dia bakal komitmen. Artinya, saat menjalani hubungan beberapa lama, setelah mengenalmu, dia akan memutuskan dua pilihan. Mau berhenti alias mundur dari kamu atau ingin mengungkapkan keseriusannya denganmu.

Advertisement

Biasanya sih tidak langsung nembak terus mau ngajak nikah, gila aja kan. Tapi, yang jelas setelah dia nyaman bersamamu (cieee) selama ini, dia pasti kepikiran gak akan melepasmu. Dan akhirnya dia mau diajak ke topik pembicaraan, "mau serius nggak nih?".

And then here you are, kamu juga bakal mikir kalau si doi mau diajak serius apakah mau? Lihat saja kalau dia sudah cenderung membicarakan masalah komitmen, kesungguhan hatinya, that’s when you hit the jackpot. Kalian akan berkomitmen, membawa hubungan ke jenjang serius atau pernikahan nantinya.

2. Dia mengenalkanmu ke teman-teman terdekatnya, kamu jadi seseorang yang dibanggakannya

Ingin kenal dekat

Ingin kenal dekat via https://pinterest.com

Teman dekat alias sahabat adalah tempat untuk bercerita dan berbagi senang sedihnya kehidupanmu. Begitu juga teman dekat si dia. Cowok kamu akan mengenalkan kepada teman terdekatnya. Dia tentu ingin kamu menjadi bagian dari lingkungan pergaulannya.

Advertisement

Dia ingin kamu memahami dirinya lewat teman-temanya itu. Di matanya pun, kamu seseorang yang bisa diandalkan. Dia tak akan keberatan membawamu berinteraksi dengan teman dekatnya. Kalau enggak dikenalkan, artinya kalian masih backstreet doang.

Itu artinya, hubungan kalian masih ada kendala yang menyulitkan untuk ke jenjang serius. Sudah komitmen tapi di mulut aja, kan tidak commit namanya.

3. Dia mengenalkan ke keluarganya, artinya dia ingin mengenalkanmu ke dunianya

Mengenal keluarganya

Mengenal keluarganya via https://pinterest.com

Gak lucu dong, kalau udah ngungkapin kesungguhan hatinya, tapi orang lain gak tahu hubungan kalian. Wajar, kalau teman dekatmu tahu sosok yang mengisi hatimu.

Kalau keluarga? Well, walaupun zaman sekarang udah banyak yang tidak sungkan langsung mengenalkan ke orangtuanya, hal ini indikator penting. Mana ada yang serius gak ingin memboyongnya kepada keluarganya. Si dia tentu ingin kamu dekat dan mengenal keluarganya, yang notabenenya adalah orang-orang yang sering berinteraksi dengannya.

Tandanya, dia ingin kamu mengenalnya lewat siapa saja orang-orang di sekelilingnya. Dia percaya kamu tuh! Dia gak akan malu mengenalkan ke orangtuanya. Dia mempercayakan orang paling dekatnya ke kamu. Tambah yakin kan, kalau dia serius?

4. Terbuka tentang keuangan

Nggak nutup-nutupin

Nggak nutup-nutupin via https://pinterest.com

Sudah seperti pasangan yang menikah saja (hehe), ngomongin keuangan. Jujur saja, selama kamu dan kekasihmu jalan bareng, keluar pergi bareng, butuh yang namanya modal jajan. Kalau pun pacaran atau menjalin asamara dengan cukup telponan, tetap saja keuangan perlu dibuka terang-terangan.

Hubungan yang serius menuntut keterbukaan masing-masing. Nah, kalau si doi mulai transparasi dana ke kamu, ya dia ingin kamu memahaminya dan tidak ingin saling membebani. Dengan terbukanya penghasilan kalian masing-masing, muncul rasa saling mengerti dan berusaha yang terbaik untuk kelancaran hubungan kalian.

Dia akan tetap berusaha memberimu yang terbaik, itu sudah pasti. Jika keterusterangan masalah uang sudah dia ungkapkan, dan tetap ingin memperjuangkanmu, perlu kamu pertahankan sosoknya. Cowok yang serius akan memikirkan masalah keuangan jika kalian menikah kelak, right?

5. Membicarakanmu di masa depannya, yakin kamu adalah tujuan hidupnya

Bicara masa depan

Bicara masa depan via https://pinterest.com

Bicara masa depan, memang susah ditebak. Mau diteropong pakai teleskop secanggih apapun masih saja belum terlihat hilalnya. Namun, ada tanda-tandanya kok. Setelah keempat poin tadi, ada poin kalau perbincangan kamu dan doi akan menjurus masalah masa depan.

Doi sudah merancang segalanya di masa depan dengan ada kamunya. Tapi bukan sekedar gombalan, dia akan membuktikannya dengan konsisten melibatkanmu di rencana masa depannya. Seperti masalah tempat tinggal, tempat kerja, kamu selalu masuk daftar prioritas utamanya.

Bagaimanapun juga, cowok yang sudah ajeg melibatkanmu di segala kegiatannya menunjukkan niat keseriusannya. Agak sedikit tricky di sini, membedakan rayuan yang hanya sementara dan pembicaraan yang mengandung kesungguhan. Cowok yang serius akan mantap dan tidak ragu jika ditanya masa depan, jawabannya ada kamunya.

Oke, hubungan yang serius tidak terkait melulu masalah usia yang sudah matang, bisa saja usia sudah dewasa tapi masih enggan serius. Bagi muda-mudi yang ingin ke jenjang yang serius pula, tanyalah hati terkecilmu, itu jawabanmu. Kalau dibilang jalani dulu aja, tanpa ada komitmen, mungkin masih ragu.

Ya, artinya masih penjajakan. Tapi jika sudah menunjukkan kelima hal tadi yang sebenarnya sepele, bisa jadi dia pujaan hatimu sungguhan. At least, kamu sudah mencoba menemukan cowok yang membuatmu jatuh hati bukan? Semoga cepat diseriusin ya, good luck!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya