“Sejarah tak mungkin dilupakan. Kau bisa menutupinya. Kau bisa menambalnya sehingga licin dan rapi. Tapi kau akan selalu tahu apa yang tersembunyi di bawahnya”. - John Picoult -

Kutipan di atas membuktikan bahwa sejarah tidak mungkin dilupakan bahkan ada hal yang tersembunyi di dalamnya yang harus kita ketahui. Para petua pun mengingatkan kita untuk mempelajari sejarah di masa lalu. Bukti dari sejarah tidak hanya tertulis dalam sebuah buku sejarah melainkan anda bisa datang ke tempat-tempat yang membuktikan bahwa sejarah itu tidak membosankan.

Tak banyak yang tahu, bahwa sebetulnya di Inggris punya banyak destinasi wisata sejarah. Di balik tempat-tempat yang menarik dan moderen di negara metropolitan itu, justru ada sudut-sudut tersembunyi yang membuktikan bahwa sejarah ikut berbicara lewat tempat yang begitu mempesona dengan ‘harta karun’ bangunannya.

‘Harta karun’ yang menarik itu telah menyihir penduduk lokalnya dengan spot favorit untuk berfoto, meskipun sebagian besar turis justru tidak tahu dan bahkan belum pernah mendengarnya. Nah, bagi kamu para penggemar fotografi ponsel dan travellers wajib datang ke tempat bersejarah dan tersembunyi ini, Anggap saja, sekalian memperkenalkan kekayaan sejarah dan budaya di sana. Ingin tahu sepuluh tempat wisata historis di Inggris yang paling ‘instagramgenik’? Mari simak saja ulasan berikut.

1. Apa isi dari The Horniman Museum and Gardens?

The Horniman Museum and Gardens

The Horniman Museum and Gardens via https://dadwithoutamap.com

The Horniman Museum and Gardens dibuka sejak tahun 1901, tetapi banyak orang baru saja mengetahui museum ini. Mengapa demikian? Dahulu, pengelolanya mendapat surat keluhan dari berbagai pihak dikarenakan mereka mengira tempat ini merupakan museum pornografi. Padahal, tidaklah demikian. The Horniman Museum and Gardens hanya memamerkan koleksi benda bersejarah di bidang antropologi dan instrumen musik dari berbagai negara dari berbagai era. Unik, ya.

Kalian tidak perlu khawatir, masuk The Horniman Museum and Garden ini gratis alias tidak dipungut biaya. Biaya tertentu ada saat pameran yang bersifat sementara dan saat masuk ke akuarium.

2. 2Tambah foto bangunan bersejarah di Instagrammu dengan mengambil setiap sudut The Berkeley Castle, London yang arsitekturnya benar-benar mempesona

The Berkeley Castle

The Berkeley Castle via https://www.telegraph.co.uk

Advertisement

Dahulu kala itu, ada seorang putri selebriti yang ingin melepaskan diri dari pusat perhatian. Ia tidur nyenyak di kamar tidur utama bergaya Tudor pada akhir 1990-an beberapa waktu yang lalu kastil ini sempat dijadikan tempat tinggal oleh para artis Hollywood saat mereka berlibur ke London. Kastil kuno dengan arsitektur gothic ini mulai dijadikan spot foto yang instagramgenik bagi kalangan wisatawan.

Untuk menuju Berkeley Castle, kamu harus melewati sebuah gang kecil bernama Mount Row di Davies Street, itu tidak jauh dari Berkeley Square. Bangunannya memang tidak terlihat dari jalan utama, tapi jika kamu berhasil menemukan jalan masuknya, ikuti saja sampai ujung dan nikmati kemegahan bangunan yang mempesona di setiap sudutnya.

3. Warnai album Instagram kamu dengan Portmeirion, desa warna-warni di Pedalaman Inggris

Kota-kota di dunia secara sengaja dan dirancang oleh arsitektur yang penuh kreatifitas dan berkembang sebagai destinasi wisata. Salah satu contohnya adalah Portmeirion di Gwynedd, North Wales, Inggris bagian utara. Lebih tepat disebut desa, karena memang tempatnya terpencil di muara Sungai Dwyryd. Berjarak 3,2 km arah tenggara Portmadog, 1,6 km dari stasiun kereta di Minffordd yang disinggahi kereta Ffestiniog Railways dan Arriva Trains Wales.

Advertisement

Williams-Ellis seorang arsitektur asal Inggris telah mendesain dan mengisi kota ini dengan gedung-gedung yang menjadi penanda era tertentu. Alhasil desa wisata ini sesak oleh gedung-gedung bergaya gabungan Jacobean dan Gothic, Norwegian dan Regency, lalu Barroque dan Palladian. Ini menciptakan suasana eklektik yang tidak biasa.

Yang lebih menarik, atap dan dinding gedung-gedung itu disapu warna-warna khas pesisir mediterania, seperti merah muda, hijau dan terakota. Di sana anda akan didampingi pemandu wisata untuk berkeliling desa sembari menerangkan sejarah desa dan gedung-gedungnya. Selain melihat gedung-gedung beraneka rupa desain dan warna, anda juga bisa melihat galeri dan membeli kerajinan keramik yang pabriknya didirikan oleh keturunan William-Ellis.

4. Abadikan fotomu dengan latar belakang bangunan klasik di British Museum

Kita sering mendengar bahwa salah satu museum terbaik di dunia adalah British Museum, itu di buktikan karena British Museum ini menyimpan berbagai sejarah Inggris seperti mumi, batu rosetta, dan harta karun lainnya. Bangunan berdominan warna putih ini sangat besar sehingga banyak sekali spot foto menariknya.

British Museum di London merupakan salah satu tempat yang bisa menjadi spot foto yang menarik dan sangat instagramgenik. Tidak hanya bisa mendapatkan foto menarik, kita juga bisa mendapatkan berbagai pengetahuan baru juga.

5. Makan Keju cheddar dan ke Tebing Cheddar Gorge pasti sangat menyenangkan

Setelah selesai melihat-lihat tempat bersejarah, saatnya kamu menikmati alam yang pasti buat kamu terpesona akan keindahannya. Ini adalah salah satu tempat tersembunyi di Bristol. Sebelumnya, coba kamu pikir dahulu, nama Tebing Cheddar Gorge itu diambil dari mana? Apakah dari keju cheddar? Jawabannya adalah justru keju cheddar yang namanya diambil dari Tebing Cheddar Gorge. Lalu apa hubungannya dengan keju cheddar?

Di kawasan ini kamu bisa nemuin banyak tebing yang tingginya mencapai 137 meter. Kalian juga harus tahu tentang gua-gua yang ada di dalamnya, di mana suhu atau temperaturnya sangat pas untuk membuat proses fermentasi keju. Mungkin pada zaman dahulu, masyarakat setempat suka membuat keju di dalam gua tersebut , oleh karena itu bisa jadi dinamakan keju cheddar.

Jadi, menikmati panorama yang indah di Tebing Cheddar Gorge sambil makan keju cheddar kelihatanya bisa menambah album di Instagram kamu. Itu pasti menyenangkan. Buat kamu yang mengaku eksis di Instagram, catat baik-baik daftar tempat ‘tersembunyi’ dan bersejarah ini. Jika kalian punya kesempatan jalan-jalan ke Inggris jangan lupa berkunjung ke tempat yang ‘instagramgenik’ ini. Happy Travelling!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya