Beberapa waktu yang lalu publik Indonesia diramaikan oleh tagar #VideoIndonesiaKeren di Twitter. Video apa ya yang di maksud keren? Video yang di maskud adalah video berjudul “Wonderful Indonesia: The Journey to a Wonderful World”. Video ini merupakan video yang berisi keindahan wisata alam di Indonesia.

Kenapa ya kok sampai heboh gitu? Bukannya banyak banget ya video tentang keindahan wisata alam Indonesia. Eits, yang ini beda. Jadi, video berdurasi 3 menit itu sukses membuat bangga bangsa Indonesia. Bagaimana tidak, video ini mampu memboyong 2 penghargaan sekaligus di ajang United Nations World Tourism Organization (UNWTO) Video Competition 2017. Dalam hal ini, Indonesia memenangkan kategori video pariwisata terbaik kawasan Asia Timur dan Pasifik, serta People Chioce Awards.

Kok bisa menang ya? Emang wisata mana aja yang ada di video itu? Daripada penasaran, yuk kita intip 5 di antaranya!

1. Pulau Wayag, Raja Ampat, Papua

Pulau Wayag

Pulau Wayag via https://www.youtube.com

Raja Ampat merupakan salah satu kabupaten di Papua yang sangat terkenal, baik di kalangan wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Bahkan tempat ini menjadi salah satu dari sepuluh tempat menyelam terbaik di dunia bagi wisatawan mancanegara. Memiliki lebih dari 600 pulau yang menawan untuk dieksplor, salah satunya yaitu Pulau Wayag. Pulau ini memiliki keunikan di banding tempat lainnya, yaitu adanya bukit karst yang berada di tengah laut. Wih, keren ya. Bukit karst ini juga hanya dapat kita temui di Raja Ampat. Nggak heran donk kalau tempat ini menjadi destinasi utama para wisatawan.

2. Pantai Mawun, Lombok

Pantai Mawun

Pantai Mawun via https://www.youtube.com

Deretan pantai yang ada di Pulau Lombok memang sangat indah. Salah satunya yaitu Pantai Mawun. Pantai ini merupakan surga tersembunyi yang belum terjamah oleh wisatawan. Lokasinya memang cukup jauh dari kota Mataram, namun semua akan terbayarkan ketika melihat birunya air laut yang menghampar luas.

Advertisement

Bagi kamu yang ingin berlibur ke pantai ini, disarankan untuk memiliki persiapan yang matang, karena perjalanan yang cukup lama. Namun, nggak perlu khawatir karena kamu bakal dapet pemandangan hamparan pasir berwarnya putih dan birunya laut yang akan memanjakan matamu. Eits, pantai ini juga sangat bersih dan sepi karena belum banyak orang yang mengetahui. Jadi, rasa capekmu akan terbayarkan dengan view yang keren.

3. Air Terjun Tiu Kelep

Pulau Lombok memang surga bagi para penikmat wisata alam. Mulai dari wisata pantai, air terjun, hingga gunung. Salah satu yang sangat terkenal dan menjadi destinasi favorit bagi wisatawan adalah Air Terjun Tiu Kelep. Air terjun ini terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara atau tepatnya berada di trek pendakian Gunung Rinjani.

Untuk mencapai tempat ini kamu bakal disuguhi pemandangan yang sungguh menawan. Kamu bakal menyusuri hutan dengan aliran sungai yang sejuk, melewati goa, dan jembatan di atas tebing. Wuih, seru donk pasti!

4. Hutan Batu (Stone Forest), Sulawesi Selatan

Stone Forest

Stone Forest via https://www.youtube.com

Advertisement

Kalau tadi mainan air di Raja Ampat dan Lombok, dalam video Wonderful Indonesia ini juga menampilkan Hutan Batu (Stone Forest) yang berada di Maros, Sulawesi Selatan. Hutan Batu? Tempat apaan itu? Hutan yang pohonnya berubah jadi batu? Bukan, bukan pohon jadi batu, bukan cerita Roro Jonggrang di Prambanan ya. Tapi, Hutan Batu atau Stone Forest ini adalah kumpulan batuan karst yang memiliki luas 43.750 hektar. Luas banget ya! Iya luas, saking luasnya tempat ini menjadi karst terluas kedua di dunia setelah China.

Selain deretan batuan karst, kalau berkunjung ke Stone Forest ini kamu juga bakal menemukan lebih dari 200an gua, di mana 89 di antaranya adalah gua peninggalan prasejarah. Di dalam gua ini kamu bakal nemuin lukisan di dinding, alat dapur, dan sampah dapur dari zaman prasejarah. Serem ya, tapi unik sih, karena dengan mengunjungi tempat ini kamu bakal belajar sejarah manusia pada zaman prasejarah.

5. Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur

Siapa yang tak kenal dengan pesona Kawah Ijen. Wisata alam yang satu ini memang sangat unik dan menarik untuk dikunjungi. Kawah Ijen merupakan danau yang terbentuk akibat proses letusan Gunung Ijen. Menariknya, kawah ini berada di tengah kaldera yang terluas di Pulau Jawa.

Kamu juga perlu tahu guys, kalau tempat ini merupakan salah satu kawah paling asam di dunia, yaitu mendekati nol. Jadi, kalau kamu berenang di Kawah Ijen, dijamin nggak bakal kuat karena kandungan asamnya dapat melarutkan tubuh manusia dengan cepat. Satu hal lagi yang perlu kamu tahu dan sangat membanggakan, yaitu Gunung Ijen dinobatkan sebagai cagar biosfir oleh UNESCO pada Maret 2016 lalu.

Indonesia memang keren ya guys. Alamnya yang luar biasa indah mampu menyedot perhatian dunia. Kita patut berbangga diri dengan anugerah Tuhan ini. Dan jangan lupa untuk selalu menjaganya dan tentu saja mempromosikannya ke dunia, supaya publik dunia tahu bahwa Indonesia memiliki kekayaan alam yang nggak dimiliki negara lain.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya