SELAMAT! Bagi kalian yang memilih untuk melanjutkan studi  kalian ke jenjang perguruan tinggi. Sebagai mahasiswa akan banyak sekali perubahan gaya hidup yang bakal kalian alami.

Mulai dari jam tidur yang dulunya tidur pukul 22.00 akan berubah menjadi pukul 05.00 atau bahkan tidak tidur sama sekali. Untuk kalian yang sudah memutuskan akan menjadi anak kuliahan, berikut ada 5 tipe anak kuliahan yang WAJIB kamu ketahui.

1. Anak Rantau

Anak Rantau Berbakti Kepada Orang Tua

Anak Rantau Berbakti Kepada Orang Tua via https://www.google.com

Yups! Tidak semua perguruan tinggi yang kita mau ada di kota tempat kita tinggal. Oleh karenanya kita harus pergi ke luar kota a.k.a merantau ke kota yang punya perguruan tinggi yang ingin dituju atau sesuai dengan jurusan yang ingin kita masukin. Tipe anak rantau ini merupakan tipe anak kuliahan yang bisa dibilang lebih mandiri ketimbang anak kuliah non-rantau. Bagaimana tidak mandiri, mereka yang merantau untuk kuliah akan punya tanggung jawab besar terhadap kehidupannya sendiri.

Advertisement

Mereka harus bisa ngurus keseharian mereka sendiri, karena orang yang biasa melakukannya jauh dari kita. Gak lucu kan kalau kita mau makan harus nunggu orang tua datang ke tempat kita tinggal. Nah, bagi kalian yang sudah memutuskan untuk kuliah di luar kota kalian harus siap untuk mandiri dalam segala hal. Namun bukan berarti anak non-rantau tidak mandiri, hanya saja anak rantau lebih bisa hidup mandiri ketimbang anak non-rantau.

2. Anak Rumahan

Anak Rumahan

Anak Rumahan via https://www.google.com

Anak rumahan berarti anak non-rantau? BUKAN. Tipe yang satu ini merupakan tipe mahasiswa KuPu-KuPu, yakni kuliah pulang kuliah pulang. Yups. Tipe seperti lebih cenderung pasif ketimbang anak kuliah lainnya. Bagaimana tidak pasif, yang mereka pikirkan setelah kuliah adalah pulang ke rumah. Di saat yang lain ikut kegiatan kampus, tipe ini bakal lebih senang jika mereka tidak terlibat oleh kegiatan kampus apapun.

Namun tidak melulu dipandang negatif, tipe ini justru akan lebih fokus untuk tetap mempertahankan IPKnya di tempat yang lebih baik. Walaupun tipe anak rumahan ini sangat susah diajak makan bareng, tapi tipe ini akan punya sisi hangat di mana mereka merupakan tipe penjaga rumah yang sangat ideal.

3. Mr/Mrs Sibuk

Advertisement

Yups. Tipe jenis ini merupakan tipe anak kuliahan berbanding terbalik dengan anak rumahan, dimana tipe ini sangat aktif tidak hanya dalam akademik, kegiatan kampus, tapi juga aktif dalam kegiatan di luar kampus. Kalau pegawai swasta kerja senin sampai jumat. Tipe ini akan tetap aktif dari senin sampai minggu.

Karena terlalu sibuknya mereka akan terkenal di kalangan mahasiswa dimana tipe ini akan sangat jarang diajak untuk pergi jalan-jalan atau hanya sekedar pergi makan di kantin kampus.

4. Pengangguran

Menghakimi Mahasiswa Abadi

Menghakimi Mahasiswa Abadi via https://www.google.com

Tipe ini sedikit berbeda dari tipe anak rumahan dan termasuk tipe yang berbanding terbalik dengan tipe sebelumnya. Tipe pengangguran merupakan kumpulan mahasiswa fosil yang tidak selesai-selesai mengerjakan skripsi sehingga kerjaannya hanya ada di kos atau di rumah saja.

Tipe ini akan sangat berhati-hati untuk keluar dari zona nyamannya, karena takut ketemu dosen pembimbing skripsinya. Tipe ini merupakan tipe yang punya waktu kosong melimpah, namun hanya di gunakan untuk bermalas-malasan. Tidak heran tipe ini sering kali disebut mahasiswa abadi dan bahkan sebagian kena DO di kampusnya karena terlalu lama lulus. Namun tipe ini akan sangat mudah untuk kalian ajak hang out, liburan, apalagi sekedar makan, tapi mereka akan menolak untuk makan di kantin kampus.

5. Mahasiswa Idaman

Mahasiswa Idaman

Mahasiswa Idaman via https://www.google.com

Tipe anak kuliahan ini merupakan gabungan dari tipe rantau, rumahan, Mr/Mrs sibuk dan pengangguran. Yups. Tipe jenis ini akan tahu kapan harus mengikuti kegiatan kampus kapan harus belajar, kapan harus di rumah atau kost kapan harus beroganisasi dan kapan harus meluangkan waktu untuk refreshing.

Tipe ini dikatakan tipe calon menantu idaman, karena mereka sangat bijaksana dalam mengatur waktu mereka sendiri. Tipe jenis ini merupakan seorang manajer top untuk hidupnya sendiri. Tipe ini sangat ideal sebagai pemimpin generasi muda yang berkompeten.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya