5 Tips Agar Hubungan Jarak Jauh Tetap Langgeng

Hubungan Jarak Jauh

Ketika kita memiliki sebuah hubungan jarak jauh (long distance relationship) maka ada saja banyak permasalahan yang bisa terjadi bahkan terkadang kita mendadak menjadi penuh keraguan terhadap hubungan yang dijalani. Sah-sah saja jika kita memiliki banyak pertanyaan mengenai perasaan pasangan kita dan apakah dia juga merasakan kekhawatiran akan hubungan tersebut.

Namun, sebenarnya ketika kita memikirkan banyak hal yang dapat mengancam keutuhan hubungan itu, berarti tandanya kita benar-benar mengharapkan hubungan yang ada agar selalu baik-baik saja. Lantas apa saja sih tips yang sebaiknya dilakukan sebagai pondasi dalam sebuah hubungan jarak jauh agar tetap bertahan lama seperti yang kita harapkan? Berikut ini beberapa tipsnya:

1. Harus saling percaya

Ketika kita mengiyakan untuk menjalin hubungan dengan dirinya, maka tentulah hal pertama yang kita yakini ialah tentang kepercayaan. Percaya jika rasa yang kita miliki akan sama dengannya.

Saat memutuskan untuk memiliki hubungan dengannya, tanpa disadari saat itulah kita meletakkan kepercayaan sebagai dasar utama. Hanya saja kepercayaan ini bukan sekedar menuntut melainkan juga sebagai tuntutan. Kita menaruh kepercayaan pada pasangan kita dan kita harus menjaga kepercayaan darinya.

Apalagi ketika kita harus menjalani hubungan jarak jauh, maka kepercayaan yaitu mutlak harus dimiliki dalam sebuah hubungan.

2. Menjunjung tinggi nilai kejujuran

Mengapa jujur menjadi faktor terpenting didalam sebuah hubungan? Ya, karena ketika kita telah sama-sama sepakat untuk jujur maka apapun yang kita rasakan, kita pikirkan dan juga inginkan akan kita ungkapkan kepada pasangan.

Saling terbuka dan apa adanya akan menambah rasa kenyamanan didalam hubungan itu sendiri. Hal ini dikarenakan kita tak akan merasa pasangan kita adalah orang asing, melainkan dia ialah seseorang yang paling memahami kita begitupun sebaliknya.

Sebab diantara kita tidak ada yang harus ditutup-tutupi. Jadi, ketika ada yang mengganjal pada pasangan kita yang bisa menimbulkan masalah bagi hubungan, maka kita bisa mengutarakannya langsung mengenai semuanya. Sekalipun sesuatu yang buruk dan menyakitkan bagi kita ataupun pasangan.

Dengan begitu kita bisa sama-sama mencari solusi agar hubungan kita tetap berjalan baik-baik saja. Terlebih jika jarak memang nyata membentang diantara kita.

3. Selalu menjadi seseorang yang setia

Tidak dipungkiri jika kita selalu ingin menjadi seseorang yang sangat berarti dalam hati pasangan kita. Namun terkadang kita menjadi ketakutan ketika ada orang lain  di dalam kehidupannya.

\Pertanyaan yang akan muncul pertama kali ialah apakah tetap hanya kita seorang? Tidakkah berpaling pada yang lain? Apakah benar yang diucapkannya sama dengan yang ada di hatinya? Seketika kita menjadi takut kehilangan pasangan kita.

Oleh karena itu kita dituntut untuk saling setia. Ketika di antara kita memiliki pondasi yang kuat, maka permasalahan luar dari segi manapun takkan mampu menggoyahkan rasa yang ada.

4. Pemikiran yang dewasa

Dalam suatu hubungan dibutuhkan pemikiran yang mampu menyatukan perbedaan sudut pandang kita dengan pasangan. Namun ketika kita dan pasangan mampu berpikir serta bertindak secara dewasa, maka kitapun mampu menyikapi semua permasalahan yang muncul dalam hubungan tersebut.

Ada saat dimana adu argumen dan berdebat dengan pasangan kita, tetapi kita bisa menyelesaikannya dengan pemikiran kita yang sama-sama dewasa. Alhasil, kita mampu membahas dan mencari titik tengah sebagai bentuk dari solusi masalah yang dihadapi itu.

5. Milikilah jiwa yang hangat

Bukan rahasia lagi jika banyak orang yang menginginkan pasangan yang hangat, yang mampu mewarnai hari-hari bersama. Seseorang yang berjiwa hangat diyakini bisa menjadikan hubungan yang dijalani menjadi sebuah hubungan yang penuh kehangatan pula.

Hanya saja terkadang menjadi seseorang yang hangat bukanlah suatu hal yang mudah bagi kita yang terlahir sebagai seorang yang dingin. Namun banyak juga diantara kita dikenal dengan penampakan luar yang dingin tetapi memiliki jiwa yang hangat. Meski begitu menjadi pribadi yang hangat merupakan sebuah kiat untuk menciptakan hubungan yang hangat. Hubungan yang hangat itu akan membangkitkan rasa sayang dari waktu ke waktu diantara kita dan pasangan.

Sesederhana itulah sebenarnya sebuah hubungan. Kita harus bekerja sama demi keberlanjutan dan kelanggengan hubungan yang kita miliki. Tidak benar jika kita terlalu egois sekedar hanya menuntut pasangan tanpa harus menuntut diri sendiri. Terlalu tamak jika kita terus menginginkan namun tidak berusaha mewujudkan.

Karena sebuah hubungan membutuhkan proses dan jika menginginkan hubungan yang langgeng maka memerlukan kerjasama yang baik antara kita dan pasangan. Demikianlah beberapa tips agar hubungan kita yang LDR ini bisa bertahan lama.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Saya lulusan FKIP Fisika di Universitas Bengkulu. Sejak lulus tahun 2012 saya mengajar dan pada tahun 2019 saya bekerja sebagai penulis buku pendidikan di Yogyakarta. Saya ialah seorang penikmat tatapan hangat dan pemilik ribuan kisah klasik.