Bingung Pilih Jurusan Kuliah? Ini 5 Tips Untukmu Agar Tak Salah Masuk Jurusan!

Sebelum memutuskan untuk kuliah, cari tahu berbagai hal supaya kuliahmu tak salah jurusan.

Masa kuliah adalah masa dimana kita belajar dalam kondisi kita dewasa. Beberapa hal perlu dipertimbangkan karena kuliah berarti terkait dengan pekerjaan kita kelak.

Untukmu yang sedang dihadapkan banyak pilihan tentang jurusan kuliah dan tak tahu harus mengambil jurusan apa, berikut ini ada 5 tips yang bisa kamu ikuti agar kamu tak salah ambil jurusan saat kuliah. Apa saja ya? 

Advertisement

1. Jangan ikut-ikutan teman

Photo by Zainul Yasni

Photo by Zainul Yasni via https://unsplash.com

Saat memilih jurusan kuliah, jangan memilih jurusan yang dipilih temanmu karena semata-mata kamu nggak ingin berpisah dengannya. Pahamilah kalau suatu saat kamu juga akan berpisah dengan seseorang, tetapi kamu masih bisa bertemu dengannya suatu hari nanti.

Jangan memilih jurusan yang dipilih temanmu karena belum tentu jurusan itu cocok untukmu. Ingat, bukan temanmu yang bertanggungjawab bila kamu salah masuk jurusan nantinya.

Advertisement

2. Cari tahu passion-mu

Photo by Debby Hudson

Photo by Debby Hudson via https://unsplash.com

Penting untuk mencari tahu di mana passion-mu saat memilih jurusan kuliah. Karena bila kamu tertarik pada suatu jurusan dan kamu menyenangi jurusan itu, kamu akan menikmati prosesnya hingga akhir apa pun yang terjadi.

3. Dengarkan nasihat orangtuamu

Photo by katemangos...

Photo by katemangos… via https://www.freepik.com

Nasihat orangtua adalah yang terbaik. Dengarkan nasihat mereka dan saran mereka untuk memilih jurusan kuliah karena selama ini mereka juga memerhatikan dirimu dan minat serta bakatmu. Bahkan bisa jadi, orangtuamu lebih mengenalmu dibanding dirimu sendiri.

Cobalah untuk mendengar nasihat mereka dan jangan beranggapan mereka memaksamu mengambil jurusan ini-itu. Kamu bisa menyanggah ucapan mereka dengan sopan santun tanpa perlu membantah bila saran mereka kurang bisa kamu terima.

Advertisement

4. Cari informasi

Photo by Johnny McClung

Photo by Johnny McClung via https://unsplash.com

Sebelum kamu mendaftarkan diri untuk ikut tes masuk jurusan tertentu, ada baiknya kamu mencari informasi tentang jurusan yang akan kamu masuki.

Kamu bisa mulai mencari apa saja yang dipelajari di jurusan tersebut, bagaimana prosesnya dari awal hingga akhir dan lain-lain.

5. Dengarkan nasihat dari senior yang berpengalaman di jurusan tersebut

Photo by Sebastian Herrmann

Photo by Sebastian Herrmann via https://unsplash.com

Kamu bisa mencari informasi dari orang yang lebih dulu kuliah di jurusan tertentu. Tanyakan pengalamannya, apa yang ia lalui dan bagaimana prosesnya. Dengarkan nasihatnya yang berguna untukmu selama kamu memilih jurusan nanti.

Memilih jurusan kuliah itu memang dilematis dan terkadang gampang-gampang susah, maka dari itu berhati-hatilah saat mengambil keputusan, ya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

mental health and psychology enthusiast. suka nonton anime, tidur, classical head.

CLOSE