5 Tips Memulai Pola Hidup Sehat Untuk Pemula

Apa saja sih yang perlu dilakukan untuk kita sebagai pemula memulai pola hidup sehat? Tentunya ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk kita dapat melatih pola hidup sehat yang sesuai. Tidak susah kok, cukup konsisten saja dan menghargai segala usaha. Pola hidup sehat dapat berjalan ketika ada niat dan kemampuan diri untuk bisa belajar memilih, membatasi dan mengurangi hal hal yang tidak sehat. Apa saja contohnya? Sebagian besar orang tentunya menyukai makanan yang manis, berlemak, asin dengan berbagai cara pengolahan seperti digoreng. Salah satu hal yang menjadi dasar memulai pola hidup sehat adalah mengurangi makanan yang digoreng. Hal ini tentunya menjadi sebuah tantangan besar, namun kita pasti bisa kok. Berikut ini 5 tips mudah dalam memulai pola hidup sehat bagi pemula. Yuk dicoba.

Advertisement

1. Konsisten berolahraga minimal 15 menit setiap hari

Foto oleh Ron Lach dari Pexels

Foto oleh Ron Lach dari Pexels via https://www.pexels.com

Bagi kamu yang ingin memulai pola hidup sehat, mulailah dengan konsisten berolahraga setiap hari. Kita dapat memulainya dengan olahraga ringan dan santai. Lakukan gerak jalan santai setiap hari atau olahraga ringan di rumah. Hal ini memberikan pembiasaan terhadap tubuh untuk peregangan, kelenturan dan tidak lagi kaku setelah jarang berolahraga. Jangan mulai dengan olahraga berat seperti lari, angkat beban ataupun work out berlebihan karena akan membuat tubuh justru terasa kelelahan. Lakukan olahraga ringan seperti berjalan atau stretching di bulan pertama agar badan tidak shock. Setelah dua bulan pembiasaan mungkin tubuhmu sudah terbiasa, lakukan langkah olahraga dengan variasi seperti work out sederhana squat jump, high knee dan lainnya. Namun tetap jangan memaksakan batas kemampuan tubuh.

2. Pola makan yang sehat

Foto oleh Jane Doan dari Pexels

Foto oleh Jane Doan dari Pexels via https://www.pexels.com

Pola hidup sehat juga didasari dengan konsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Apa saja sih yang harus pertama kali dilakukan? Tentunya diperlukan pembiasaan sebelum kita bisa sepenuhnya memilih menu sehat. Mulailah dengan mengurangi makanan manis, makanan berlemak serta cemilan yang di goreng. Makanan manis dan makanan yang digoreng memberikan kadar dalam gula meningkat. Hal ini pun dapat memicu penyakit diabetes dan kolesterol yang tentu saja sangat ingin kita hindari. Pilih menu sayuran dalam setengah piring dan sisanya lauk serta nasi. Setengah piring sayuran dapat mengganti asupan dengan berbagai vitamin. Pilih satu atau dua jenis lauk secukupnya. Ganti cemilan dengan buah segar yang memiliki kadar gula stabil. Buatlah daftar menu secara variatif yang bisa kita konsumsi secara lebih baik seperti sajian yang direbus ataupun dikukus. Perkirakan jumlah standar kadar gula setiap makanan saat ingin konsumsi. Selain makan, kita pun harus memenuhi standar konsumsi cairan setiap harinya. Konsumsi air mineral setidaknya 8 gelas setiap hari. Jangan anggap remeh, justru dengan mencukupi cairan dalam tubuh dapat mengurangi resiko terjangkit penyakit. Badan akan lebih rentan dengan penyakit jika asupan makanan dan cairan berkurang. Mulailah rutin minum air mineral setiap beberapa jam sekali untuk menstimulasi tubuh agar tetap bugar. Terakhir selalu cek kadar gula maupun kolesterol setiap bulannya. Hal ini akan membantu kita melihat rata rata rentang kadar gula dalam tubuh sekaligus menghindari resiko munculnya penyakit gula maupun kolesterol.

Advertisement

3. Memiliki waktu istirahat yang cukup

Foto oleh cottonbro dari Pexels

Foto oleh cottonbro dari Pexels via https://www.pexels.com

Pola hidup sehat pun ditentukan dari bagaimana kita beristirahat. Tidak hanya makan yang harus dijaga tapi juga kita wajib memenuhi waktu istirahat yang cukup. Kehidupan yang dipenuhi dengan kesibukan membuat pikiran kita letih. Hal ini akan menuntun pada gejala anxiety atau kecemasaan, apalagi jika kita tidak memiliki kualitas tidur yang baik. Kekurangan tidur dapat memicu depresi meski kita sedang baik baik saja. Siklus waktu yang paling baik dimulai dari rentang 7-8 jam per hari untuk usia 18 hingga 40 tahun. Tidur yang cukup memberikan relaksasi pada tubuh secara maksimal sehingga dapat menghasilkan energi penuh di siang hari. Tentu saja dengan istirahat yang cukup akan memberikan pikiran dan aura positif pada saat beraktifitas.

4. Menjaga kebersihan tubuh

Foto oleh Monstera dari Pexels

Foto oleh Monstera dari Pexels via https://www.pexels.com

Menjaga kebersihan tubuh sangatlah wajib dalam memulai pola hidup sehat. Jagalah kebersihan tubuh, pakaian maupun barang barang yang digunakan agar terhindar dari berbagai virus serta bakteri. Rajin membersihkan barang barang serta menjaga kualitas kebersihan saat memasak dan makan yang mana akan mengurangi resiko terkena virus dan bakteri. Jangan anggap remeh. Salah satu penyebab kita terserang penyakit adalah dengan lalainya kita terhadap kebersihan. Seperti halnya menjaga makanan dan minuman dari debu dengan menutupnya agar terhidar dari radang tenggorokan, batuk, pilek ataupun demam.

5. Meluangkan waktu untuk relaksasi pikiran

Foto oleh Ron Lach dari Pexels

Foto oleh Ron Lach dari Pexels via https://www.pexels.com

Pola hidup sehat dimulai pula dengan cara relaksasi pikiran. Dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat. Salah satu yang menjadi kunci sehat adalah pikiran. Pola pikir yang sehat memberikan tubuh yang sehat. Pikiran yang positif akan menstimulasi tubuh untuk merespon secara baik. Luangkan waktu untuk merelaksasi pikiran. Hal ini sangat dibutuhkan untuk mendapatkan kestabilan emosi maupun mental yang secara langsung dapat memberikan pengaruh positif. Bukan hanya tubuh yang perlu rileks, tapi juga pikiran membutuhkan waktu untuk beristirahat. Kita dapat melakukannya setiap libur ataupun setiap hari secara sederhana. Relaksasi pikiran dapat kita lakukan dengan meditasi sederhana, akan lebih baik di alam terbuka. Pilihlah satu tempat khusus di rumah ataupun di tempat yang dapat memberikan ketenangan pikiran. Berikan waktu luang antara 15 menit hingga 30 menit. Pejamkan mata dan mulai dengan jangan memikirkan apapun, selanjutnya rasakan energi alam sekitar. Kita bisa lakukan setiap hari secara sederhana ataupun pada saat akhir pekan. Relaksasi pikiran dapat membantu memberikan ketenangan secara batin.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Shot the moments on frame (Photograph), Edit with heart and Share it on content (Writing).

CLOSE