Berlibur tidak selalu harus mengeluarkan uang banyak. Pada waktu dahulu, istilah backpacker itu dijadikan “cap” bagi orang yang ingin berwisata tetapi kurang modal. Namun kini istilah dan cap itu sudah tidak lagi berlaku. Backpacker jaman sekarang tidak hanya orang yang tidak bermodal. Cukup banyak wisatawan yang mencoba “backpackeran” karena memang sangat menarik.

Berikut ini adalah trik yang bisa anda coba untuk bisa menghabiskan weekend di kota Bandung yang terkenal sebagai objek liburan di Jawa barat dengan biaya minim.

1. Perencanaan Wisata Yang Matang

Perencanaan Wisata

Perencanaan Wisata via https://www.google.com

Anda harus tahu tempat mana yang ingin anda kunjungi di Bandung. Apabila anda sudah hafal tentang Bandung tentu bukanlah masalah. Bila tidak ? Jangan kuatir, anda bisa googling tentang tempat-tempat di Bandung yang layak di kunjungi. Selanjutnya, carilah tempat menginap yang tidak terlalu jauh dari tujuan yang anda telah susun tadi.

2. Biaya Perjalanan PP ke Bandung

mobil travel

mobil travel via https://www.google.com

Advertisement

Untuk bisa ke Bandung, anda bisa memilih menggunakan bus, kereta api, ataupun mobil travel. Kereta api adalah pilihan termahal (kurang lebih 100 ribuan Rupiah). Sedangkan bus adalah yang termurah namun lama dan kurang nyaman. Jadi pilihan saya jatuh pada mobil travel. Anda bisa mendapatkan tiket travel dari Jakarta ke Bandung dari harga 45 ribu hingga 100 ribuan.

Total biaya anda untuk pergi ke Bandung dan kembali ke Jakarta kurang lebih 100-150 ribuan.

3. Tempat Menginap

hotel kapsul

hotel kapsul via https://www.google.com

Sebagai kota tujuan wisata terutama di akhir pekan, berdasarkan google, Bandung memiliki sekitar 2000an hotel dan penginapan. Dari yang harga permalamnya 50 ribu sampai dengan 3 juta per malam.

Advertisement

Faktor yang harus di pertimbangkan dalam memilih tempat menginap selain harga murah adalah lokasi. Usahakan untuk mencari penginapan yang berlokasi strategis dan dekat kemana-mana. Sebagai opsi apabila anda seorang single traveller, Anda bisa memilih hotel berbentuk kapsul yang sedang trend di Indonesia saat ini.

Harga hotel kapsulpun variatif. Dari yang “kapsul-kapsulan” (ranjang atas bawah seperti di asrama), hingga yang benar-benar hotel kapsul. Range harga hotel kapsul di Bandung adalah 100-200 ribu.

4. Makanan di Bandung

Bandung terkenal dengan berbagai jenis makanan yang luar biasa lezat. Berbeda dengan Jakarta yang harganya cenderung mahal. Di Bandung anda masih bisa mendapatkan nasi goreng yang luar biasa nikmat hanya dengan harga 12 ribu Rupiah.

Nasi dengan ayam goreng tahu tempe hanya dengan harga belasan ribu. Atau mie ayam 1 mangkok dengan harga hanya 10 ribu Rupiah saja. Dengan asumsi anda makan 3 kali sehari, dan sekali makan 25 ribu, anda hanya perlu mengeluarkan 150 ribu untuk 2 malam di Bandung.

5. Biaya Perjalanan Selama di Bandung.

Biaya Perjalanan

Biaya Perjalanan via https://www.google.com

Bandung bukanlah Jakarta, Jarak tempuh di Bandung sangatlah dekat antar satu tempat dengan tempat yang lain. Dengan taxi online, saya terkadang hanya mengurangi saldo ovo atau gopay saya sebesar 5 ribu rupiah saja. Misalnya ketika awal tiba di Bandung dengan travel, saya hanya membayar 10 ribu rupiah dari pool travel ke hotel yang saya pilih.

Selama saya di Bandung, saldo saya berkurang tidak sampai 100 ribu.

6. Total Biaya

Total Biaya

Total Biaya via https://www.google.com

Tempat-tempat yang saya kunjungi selama di Bandung adalah :
PVJ di Jalan Sukajadi, jalan Dago, Jalan Braga, Asia Afrika, Pasar Baru, Mall Paskal 23, Jalan Riau, Sekitaran Gedung Sate
 
Total selama weekend saya di Bandung, saya hanya menghabiskan sekitar 570 ribu. Itu sudah termasuk ngafe lho (hanya minum) di Jalan Dago pas malam minggu.

Murah bukan ?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya